Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Bakrieland dan China Construction Jajaki Ekspansi US$ 350 Juta
PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) berencana menggandeng perusahaan asal Tiongkok, China Construction First Group Co Ltd (CCFG) untuk mengembangkan kawasan residensial dan komersial di Jakarta tahun ini. Nilai investasinya diperkirakan mencapai US$ 350 juta.
Presiden Direktur Bakrieland Development Ambono Janurianto membenarkan adanya rencana tersebut. Namun, dirinya tidak menyebut rinci porsi kepemilikan perseroan pada proyek tersebut. “Mengenai detailnya, silahkan konfirmasi kepada corporate secretary,” kata dia kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (6/8).

Sementara itu berdasarkan laporan South China Morning Post, Bakrieland dan CCFG sedang mematangkan spesifikasi dari kesepakatan, termasuk apakah bakal dibentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) atau Bakrieland berperan sebagai pengembang, sementara CCFG bertindak sebagai kontraktor.

Dalam laporan tersebut, Ambono mengungkapkan, kalaupun ada pembentukan JV, Bakrieland akan mengambil porsi ekuitas 30%. Namun, konsekuensi dari skema ini membuat CCFG mengendalikan pembiayaan, teknik, pengadaan, konstruksi serta proses commissioning, yang dipastikan berasal dari Tiongkok.

Sebagai informasi, kerja sama ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang dilakukan antara Bakrieland dengan CCFG pada 19 Januari 2018. Ketika itu, pihak Bakrieland menyatakan nilai kerja sama bisa mencapai US$ 1 miliar.

Sebelumnya, Ambono menerangkan, kerja sama ini bakal fokus pada proyek township development di Surabaya dan city properties di Jakarta. Rinciannya, perseroan menyediakan lahan seluas 500 ha dari dua lokasi di Surabaya untuk perumahan dan apartemen. Sedangkan seluas 10 ha disediakan di Jakarta untuk perkantoran, hotel, mall, convention hall, serta apartemen.

Saat penandatanganan, Ambono juga menjelaskan, potensi nilai kerja sama hingga US$ 1 miliar itu merupakan batas atas atau plafon pembiayaan yang disetujui oleh CCFG. Pasalnya, dalam nota kesepahaman tertera CCFG merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap pendanaan sekaligus mitra pengembang. Sedangkan Bakrieland menjadi penyedia lahan serta manajemen operasional ketika proyek selesai.

[url]https://investor.id/market-and-corporate/bakrieland-dan-china-construction-jajaki-ekspansi-us-350-juta [/url]

ekspansi gan
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.