Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ZenMan1Avatar border
TS
ZenMan1
Gegara China: Asing Kabur, RI Batuk-Batuk, BI Jungkir Balik!
Gegara China: Asing Kabur, RI Batuk-Batuk, BI Jungkir Balik!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaku pasar dibuat cemas oleh perkembangan hubungan AS-China. Drama dimulai dengan cuitan Presiden AS Donald Trump di Twitter.

Eks taipan properti itu mengancam bakal menerapkan bea masuk baru sebesar 10% untuk importasi produk-produk made in China senilai US$ 300 miliar ke AS.

China tidak terima. Beijing menegaskan siap menjalani perang dagang jika memang tidak terhindarkan.


Bahkan sepertinya aksi balas dendam China lebih kejam. Sejak kemarin, China seakan membiarkan nilai tukar yuan melemah. Baru kali pertama sejak 2008 di mana US$ 1 berada di kisaran CNY 7.


[table][tr][td]Baca:
'Serangan Balasan China yang Buat Indonesia Batuk-Batuk'[/td]
[/tr]
[/table]

Yuan memang tidak sepenuhnya bergerak berdasarkan mekanisme pasar. Bank Sentral China (PBoC) setiap hari menetapkan nilai tengah yuan. Mata uang ini diperkenankan untuk melemah atau menguat maksimal 2% dari titik tengah itu.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Moneter BI, Nanang Hendarsah, mengungkapkan serangan balasan China ini menjadi salah satu faktor rupiah yang melemah.

"Retaliasi oleh China dengan memperlemah mata uang Yuan di atas level psikologis 7 per dolar sebagai respon atas pengenaan tarif impor oleh AS, menjadikan perang dagang AS - China memasuki fase baru."

"Langkah China tersebut dikhawatirkan akan menyebabkan full-blown trade war yang akan menggiring ekonomi global semakin melemah, sehingga menyebabkan indek harga saham S&P 500 yang merosot dalam sehari 3.5% dan aksi flight to quality yang ditandai dengan turunnya yield obligasi AS ke 1,71%," papar Nanang kepada CNBC Indonesia, Selasa (6/8/2019). 


Nanang menceritakan perjuangan BI menahan pelemahan tersebut. Dari awal perdagangan, kurs NDF [Non-Deliverable Forward] melesat ke Rp 14.570/US$.

"Sehingga kami mengantisipasi kemungkinan adanya aksi jual SBN (Surat Berharga Negara) oleh investor asing yang akan memicu pelemahan spot rupiah pada pembukaan pasar pukul 08.00 WIB," tutur Nanang.

"Pada pembukaan pasar rupiah langsung melemah dengan gap dari penutupan sebelumnya di Rp14.250/US$ ke Rp14.315/US$, yang kemudian kami langsung respons dengan masuk ke pasar spot dan pasar sekunder SBN," imbuhnya.

Masuknya BI ke pasar bond menjadi penting. Menurut Nanang, bank sentral melihat gejala pelepasan SBN oleh investor asing.


[table][tr][td]Baca:
Setelah Yuan, Siapa Lagi Calon 'Peserta' Perang Mata Uang?[/td]
[/tr]
[/table]


"Apabila tidak ditahan akan memicu sell off sehingga memukul balik ke tekanan Rupiah. BI membeli SBN dengan masuk ke seri seri SBN yang di lepas asing secara berkelanjutan dalam jumlah signifikan," terangnya.

"Bagi kami membeli SBN selain untuk menjaga market confidence, juga untuk building stock SBN untuk digunakan dalam operasi Reverse Repo SBN, serta menambah pasokan likuiditas Rupiah ke sektor perbankan secara permanen."

"Kami akan tetap tajam mewaspadai dinamika global untuk merespons dalam menjaga stabilitas rupiah," jelasnya. 


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/market...-jungkir-balik
0
1.7K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.