Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unicorn.phenexAvatar border
TS
unicorn.phenex
IMB Dianggap Kedaluwarsa, Gereja di Semarang Disegel Warga
Semarang, CNN Indonesia -- Proyek pembangunan Gereja Baptis Indonesia di kawasan Tlogosari Wetan, Semarang, Jawa Tengah, dihentikan warga sekitar. Warga berdalih Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dimiliki gereja itu kedaluwarsa.

Warga Tlogosari kemudian menyegel lokasi proyek tempat pembangunan Gereja.

Peristiwa penyegelan dilakukan pada Kamis (1/8). Warga yang dikordinir oleh Nur Azis mendatangi lokasi proyek Gereja dan meminta agar kegiatan pembangunan dihentikan.


Warga kemudian memasang rantai dan mengunci dengan gembok pintu pagar proyek. Kasus inipun mencuat beredar ke masyarakat luas dan media sosial.

Pada hari Senin (5/8) dilakukan proses mediasi antara pihak Gereja dengan warga yang juga didampingi institusi Kecamatan, Aparat Polisi, TNI, Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG), dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang.



Dalam mediasi itu, warga bersikukuh meminta agar tidak ada gereja di sekitar tempat tinggalnya. Selain IMB nya dianggap kedaluarsa karena keluaran tahun 1998, pembangunan Gereja juga tidak mendapat persetujuan dari warga sekitar yang dituangkan dalam bentuk tanda tangan resmi.

"Sudah mengerucut bila intinya warga ingin perizinan itu diulang kembali karena warga melihat IMB itu sudah cukup lama di tahun 1998. Dan dianggapnya tidak melalui persetujuan warga", kata Camat Pedurungan Kukuh Sudarmanto kepada CNNIndonesia.com

Pengurus Gereja Baptis Indonesia Pendeta Wahyudi mengatakan pembangunan Gereja telah berjalan sesuai prosedur dan administrasi negara yang terbukti dalam keluarnya IMB.

Sementara terkait dukungan warga, pihak Gereja telah melakukan polling pada tahun 2002 dengan mendatangi warga sekitar satu per satu untuk menyatakan sikapnya terhadap pembangunan Gereja GBI Tlogosari Wetan Semarang.

"Kita mengajukan izin sejak tahun 1991, kemudian kita perbarui pada 1994. Proses berjalan, tahun 1998 keluar IMB, langsung kita bangun pagar bumi dan pondasi," katanya.

Namun, menurut Wahyudi, karena dana terbatas, pembangunan dilanjutkan tahun 2002.

"Dan itu mulai ditolak karena dianggap tidak dapat persetujuan dari warga. Kita pun lakukan polling ke warga satu per satu, hasilnya mayoritas menyatakan tidak keberatan dengan pembangunan Gereja GBI", kata Wahyudi.

Proses mediasi hari inipun berjalan deadlock tanpa ada keputusan bersama. Rencananya, proses mediasi akan dilanjutkan dengan melibatkan Wali Kota Semarang, Polrestabes Semarang, Kodim Semarang serta FKUB dan beberapa kelompok organisasi Agama.

salibphobia

Their God : "Bagus umatKu. Lanjutkan kebrengsekan kalian di seluruh muka bumi! Sebarkan permusuhan dan selalu merasalah agama & kaum yang paling benar Itulah perintahKu, supaya kalian jangan kalah brengsek dari Iblis, saudara kalian."
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
gargantuar89
aloha.duarr
TheNovz
TheNovz dan 18 lainnya memberi reputasi
19
7.7K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.