• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Universitas Negeri Terbaik Yang Ada Di Jawa Tengah & Jawa Timur

pcjamesAvatar border
TS
pcjames
4 Universitas Negeri Terbaik Yang Ada Di Jawa Tengah & Jawa Timur


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan membahas topik yang sedikit berbeda dari bahasan ane biasanya gan. Pada thread ini ane akan membahas tentang Universitas Universitas Negeri. Tentunya univeristas berikut ini merupakan tempat tempat yang dianggap salah satu yang terbaik dan bergengsi.


Nah, ngomongin soal Universitas Negeri. Kali ini ane akan membahas dua daerah yang banyak diisi oleh kampus kampus atau tepatnya Univeristas negeri papan atas di Indonesia. Yap, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun letaknya jauh dari ibukota, soal pendidikan dua daerah ini gak kalah hebat gan terutama di jenjang Perguruan Tinggi. Maka dari itu, berikut 4 Universitas Negeri Terbaik Yang Ada Di Jawa Tengah & Jawa Timur.

1. Universitas Gajah Mada


Di urutan pertama ada Universitas yang dikenal sangat bagus dan bersejarah. Universitas ini adalah Universitas Gajah Mada atau yang biasa disebut UGM. UGM adalah Universitas Negeri yang terletak di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM juga dikenal sebagai satu dari tiga universitas terbaik di Indonesia yang selalu bergantian menjadi yang teratas di Indonesia berama UI dan ITB. UGM juga dikenal sebagai kampus favorit dimana orang cukup susah untuk menjadi mahasiswa disini karena kebanyakan mahasiswanya adalah orang cerdas. UGM sendiri memiliki 17 Fakultas yang terdiri dari banyak sekali Jurusan. Dua jurusan atau fakultas di UGM yang dikenal memiliki passing grade / nilai minimal masuk tertinggi adalah Fakultas Kedokteran dan Teknik Elektro. UGM sendiri kini menempati posisi ke 2 Kampus Terbaik versi Kemenristekdikti serta menjadi Juara atau Posisi Ke 1 Versi 41CU dan Webometrics.

2. Universitas Diponegoro


Selanjutnya ada kampus papan atas yang gak kalah bagus dari UGM, dan mungkin merupakan yang terbaik di Jawa Tengah. Kampus ini adalah Universitas Diponegoro atau yang terkenal dengan sebutan UNDIP. UNDIP adalah Universitas Negeri yang terletak di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini sudah berdiri sejak 1954 dan menjadi salah satu Universitas Negeri bersejarah di negeri ini. Untuk program Sarjana, UNDIP sendiri memiliki 11 Fakultas yang tentunya untuk masuk menjadi mahasiswa UNDIP ini terutama lewat jalur UTBK / SBMPTN termasuk sulit. Sama sepert UGM, UNDIP juga menghasilkan banyak alumni hebat yang menjadi orang terkenal. UNDIP sendiri kini menempati posisi ke 5 Kampus Terbaik versi Kemenristekdikti dan Webometrics, serta Ke 4 Versi 41CU

3. Universitas Airlangga


Berikutnya diposisi ketiga ada Universitas Negeri papan atas yang terletak di Ibukota Jawa Timur dan juga merupakan Univeristas tujuan ane pada UTBK / SBMPTN 2020 ini (Amin Hehe). Yap, Universitas Airlangga atau yang terkenal dengan nama UNAIR. UNAIR adalah Universitas Negeri yang terletak di Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. UNAIR sendiri mirip mirip dengan UNDIP karena sama sama terletak di Ibukota Provinsi dan menjadi yang terbaik di Provinsinya, setidaknya secara Ranking. Sama seperti dua kampus di atas, meskipun bukan termasuk Top 5 PTN terbaik di Indonesia, UNAIR merupakan kampus yang konsisten berada di 10 Besar Kampus terbaik di Indonesia. Persaingan serta kesulitan untuk masuk kampus ini menjadi mahasiswa melalui jalur SBMPTN / UTBK juga cukup tinggi. UNAIR sendiri memiliki 13 Fakultas untuk jenjang S1. UNAIR sendiri kini menempati posisi ke 7 Kampus Terbaik versi Kemenristekdikti dan 41CU serta Ke 12 Versi Webometrics.

4. Universitas Brawijaya


Dan terakhir ada PTN yang baru saja menjadi PTN dengan peminat / pendaftar terbanyak di Indonesia pada UTBK 2019. Yap, Universitas Brawijaya atau yang bisa kita sebut UB. UB adalah Universitas Negeri yang terletak di Malang, Jawa Timur. Selain di Kota Malang, UB juga memiliki beberapa gedung di 4 Daerah Berbeda. Lebih banyak dari tiga Universitas Diatas, UB kini memiliki 18 Fakultas dan 221 Prodi. UB juga menjadi kampus yang sangat diminati karena merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia serta karena Lingkungan Kota Malang yang nyaman serta sejuk. Sama seperti kampus kampus diatas, UB juga merupakan PTN Favorit yang jelas tingkat kesulitan untuk menjadi mahasiswa di sini cukup tinggi. UB sendiri kini menempati posisi ke 12 Kampus Terbaik versi Kemenristekdikti & ke 6 Versi 41CU dan Webometrics.

Note : ITS Tidak Termasuk Karena Yang Dibahas Adalah Universitas (Saja)

Sumber : 41CU, Webometrics, Kemenristekdikti




realloser221188
reinocode
alifrian.
alifrian. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
10.4K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.