Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dikuncibroAvatar border
TS
dikuncibro
Seram! Mata Minus bisa Buat Retina Lepas
Seram! Mata Minus bisa Buat Retina Lepas
Oleh Ajeng Talitha Terbit 16 Okt 2017 at 11:15am

Tandaseru.id



JAKARTA (!) – Seram! Mata minus bisa buat retina lepas. Ternyata memiliki mata minus tinggi dapat berisiko mengalami retina yang terlepas dari bola mata. Kondisi seperti ini disebut ablasio retina.

Benarkah semakin tinggi minus, bisa buat retina lepas?

Bisa dibayangkan kalau retina terlepas dari bola mata pasti menyeramkan ya? Faktanya hal tersebut bisa terjadi. Karena rabun jauh atau mata minus berasal dari bola mata yang terlalu panjang atau kornea yang melengkung terlalu curam. Pada kondisi ini menghasilkan cahaya jatuh di depan retina bukan tepat di retina mata.

Orang dengan minus parah atau memiliki skor minus yang mencapai 8 atau lebih dapat berisiko tinggi mengalami ablasio retina.

Hal tersebut dapat terjadi karena perpanjangan bola mata yang bertambah ke bagian depan yang membuat tipis periferal retina dengan paksa.

Penipisan lapisan retina inilah yang menyebabkan retina bisa sobek. Akibatnya, cairan vitreus atau cairan yang berada di tengah bola mata dapat merembes masuk ke celah antara retina dan lapisan di belakangnya.

Kemudian cairan yang merembes ini akan menumpuk dan menyebabkan lapisan retina terlepas seluruhnya dari bola mata. Kejadian ablasio retina bisa lebih berisiko 15-200 kali lipat pada gangguan minus dibandingkan dengan mata yang memiliki penglihatan normal.

Apa bahayanya?

Kondisi terlepasnya bagian retina dari jaringan pendukung sekitarnya di belakang bola mata atau ablasio retina dapat mengakibatkan penglihatan buram tiba-tiba.

Bahkan, dapat menimbulkan gejala lain, seperti kilatan cahaya bak flash kamera, terus menerus berkedip. Kemudian muncul tirai abu-abu yang menutupi sebagian penglihatan, floaters, parahnya lagi dapat buta secara mendadak.

Penyakit ini memang lebih sering terjadi pada orang dewasa lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan anak-anak dan remaja yang memiliki mata minus tinggi juga berisiko mengalami hal ini.

Apa penyebab lain selain mata minus tinggi?

Ada beberapa penyebab yang bisa merobek retina dan harus diperhatikan, seperti retina yang menipis akibat bertambahnya usia, cedera pada mata, atau komplikasi diabetes.

Bukan hanya itu, kondisi tersebut juga bisa disebabkan dari faktor keturunan, dan pernah menderita ablasio retina sebelumnya.

Jika muncul gejala ablasio retina atau memiliki faktor-faktor penyebab lainnya, maka disarankan untuk memeriksakan mata ke dokter sebelum kondisi semakin buruk dan dapat membahayakan penglihatan.
0
4.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.