• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Jangan Asal Ngegas, Mengendarai Mobil Juga Ada Etikanya loh!!

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Jangan Asal Ngegas, Mengendarai Mobil Juga Ada Etikanya loh!!

Percaya gak GanSis, kalau salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya adalah karena sikap “sembarangan” dijalan raya alias gak beretika ketika berkendara. Walaupun mungkin terlihat sepele, tapi sedikit banyaknya, etika yang baik saat berkendara itu sangat berpengaruh untuk kenyamanan dan keselamatan di jalan raya.

Nah, khusus untuk pengendara roda 4, Ane mau share nih, etika yang diperlukan oleh seorang pengendara ketika di jalan raya:

Jangan “asal” dalam membunyikan klakson

Pada dasarnya klakson emang buat alat komunikasi saat berkendara. Entah itu dengan pengendara lain atau orang lain yang ada di pinggir jalan. Namun, sekarang banyak orang yang malah memanfaatkan alat ini sebagai media untuk meintimidasi pengendara lain atau membunyikan klakson dengan berlebihan. Tindakan seperti ini menimbulkan pertikaian di jalan raya GanSis. Jadi gunakanlah klakson sebagaimana mestinya.

Gunakan rem dengan bijak

Maksudnya disini sih lebih ke jangan melakukan rem mendadak GanSis. Bukannya gimana – gimana GanSis, tindakan seperti ini bisa berdampak buruk bagi pengendara lain GanSis. Jelek – jelek bisa menimbulkan kecelakaan. Untuk menghindari hal ini, upayakan untuk selalu tetap fokus ketika berkendara, jika mengantuk lebih baik berhenti dulu.

“Fokus”, jangan lakukan hal lain saat berkendara

Kalau yang ini sempat rame beberapa waktu lalu GanSis. Yap, larangan menggunakan smartphone saat berkendara dan larangan merokok saat berkendara. Dua hal ini dilarang buat dilakuin saat berkendara karena dapat mengganggu fokus pengendara saat mengendarai. Selain berbahaya buat diri sendiri, tindakan ini juga bisa membahayakan orang lain GanSis. Fokus berkendara aja GanSis, kalau ada yang nelpon atau pengen liat GPS, mending berhenti dulu aja, buat keselamatan ini kan...heheh

Berikan ruang gerak untuk pengendara lain

Jalan raya digunakan oleh banyak orang, sehingga kita nggak bisa semena-mena dalam menggunakannya. Setiap pengendara punya hak yang sama di jalan raya. Berilah jalan kepada orang lain yang ingin mendahului. Ane beberapa kali pernah nemuin ini dijalan raya GanSis. Bahkan ada yang bawa mobil pelan, tapi posisinya di tengah...haduhhh.

 Patuhilah marka jalan agar orang lain nggak kebingungan saat berada di dekat kendaraanmu. Jangan pula berhenti sembarangan yang bisa mengganggu pengguna jalan lain untuk lewat.

Mungkin terlihat sepele GanSis, tapi etika ini kudu diterapin oleh setiap pengendara. Tujuannya sih jelas untuk kepentingan keselamatan dan keamanan.


farinamany
ateeqi
EryanGamer
EryanGamer dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.