alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d44e050c0cad70c803a364f/nilai-nilai-kehidupan-samurai-yang-bermanfaat-di-jaman-sekarang
Lapor Hansip
03-08-2019 08:16
Nilai-Nilai Kehidupan Samurai Yang Bermanfaat di Jaman Sekarang
Past Hot Thread

" Segala sesuatu diawali dan diakhiri dengan kehormatan. "

Bushido -

Nilai-Nilai Kehidupan Samurai Yang Bermanfaat di Jaman Sekarang

Bagaimana caranya jalan hidup samurai yang lahir pada ribuan tahun lalu bisa berada di tengah era globalisasi saat ini? Temen-temen pasti bingung akan hal ini, teknologi, informasi, ilmu pengetahuan yang udah jadi bagian dari hidup kita sangat berbeda jauh sama samurai dahulu kala....

Oke...

Banyak film atau cerita yang menggambarkan tentang jalan hidup samurai dahulu kala, kayak 47 Ronin, Kenshin Si Batosai, Buku The Way of The Warrior. Dari film atau cerita di atas, kita bisa menarik sedikit benang merah tentang jalan hidup samurai dahulu kala yang paling menonjol dalam kehidupan sehari-harinya. Sebelum jauh kesana, kita harus tau samurai itu sendiri.



Menurut om Wiki, Samurai adalah seorang perwira militer kelas elit di praindustri Jepang. Tugasnya untuk melindungi tuan atau majikan ( Daimyo ) serta setia kepadanya. Kode etik yang ada pada dunia samurai disebut Bushido. Kok bisa ada ronin? Oke.. Ronin itu adalah seorang samurai yang gak punya tuan atau majikan, jadi samurai tersebut berkelana ke penjuru Jepang untuk Jiarah Samurai.



Untuk senjata dari samurai, kita semua pasti udah pada tau. Katana. Konon katanya, kalo pedang Katana udah banyak makan korban bakal semakin tajam. Sesungguhnya, setiap samurai itu bisa semua senjata, kayak tombak dan panah. Jadi, gak semua anggota militer bisa menjadi seorang samurai kalo belum memiliki keahlian bela diri, persenjataan, kode etik dan loyalitas tinggi.



Sekarang saatnya membahas, jalan hidup samurai di tengah era globalisasi itu kayak gimana?

Berdasarkan kode etik ( Bushido ) yang dituangkan sendiri terdapat 7 nilai kode etik yang harus diterapkan oleh setiap samurai. Gi ( integritas ), Rei ( hormat ), Yu ( semangat tinggi ), Meiyo ( kehormatan ), Jin ( kepedulian ), Makoto ( kejujuran & kesederhanaan ), Chu ( loyal ).


Kalo berdasarkan buku The Way of The Warrior yang gua baca. Sekilas tentang buku ini. Jadi, penulis buku ini adalah Andrew Matthews. Seorang penulis yang menyukai ragam cerita mitos, cerita klasik, legenda sekaligus buku bergambar dan novel.


Oke... Sekarang isi dari buku itu yang berhubungan sama jalan hidup samurai di tengah era globalisasi sebagai berikut.

1. Kehormatan & Loyalitas Tinggi
Jimmu, karakter utama yang merupakan anak tunggal dari salah satu penguasa di Jepang yaitu Lord Shimamura Kensu. Setiap Daimyo akan tunduk kepada Kaisar Jepang yang merupakan penguasa tertinggi di pemerintahan Jepang. Sedangkan, setiap tuan atau majikan pasti punya pengawal pribadi yang merupakan seorang samurai. Jadi, Lord Kensu punya pengawal pribadi yang bernama Nichiren. Dimana pengabdian Nichiren sudah berpuluh-puluh tahun. Ada suatu kejadian yang mengakibatkan Lord Kensu harus melakukan bunuh diri secara terhormat, seppuku. Karena bentuk pengabdiannya terhadap Kaisar Jepang, maka ia melakukannya dan menitipkan Jimmu pada pengawal pribadinya, Nichiren.

Hubungannya jalan hidup samurai pada era globalisasi saat ini adalah perkembangan informasi dan teknologi saat ini udah tidak terbendung lagi, informasi bisa kita peroleh dalam hitungan detik dimanapun dan kapanpun. Sebagai bentuk penghormatan dan loyalitas yang bisa berikan dalam era ini kepada Sang Pencipta, lingkungan dan diri sendiri adalah dengan selalu menghormati norma dan perilaku kehidupan yang diadopsi dalam teknologi.

2. Dedikasi Tanpa Batas
Selama dalam perawatan mantan pengawal pribadi yang jadi ayahnya Jimmu, ia ditempa untuk menjadi pribadi yang keras, dingin, ahli bela diri dan terpatri keyakinan bahwa ia harus membalaskan dendam ayahnya, Lord Kensu.


Hubungannya jalan hidup samurai pada era globalisasi saat ini adalah apapun hal yang kalian lakukan saat ini, perjuangkan dan tanamkan lah di dalam benak hati dan pikiran bahwa suatu saat nanti, hal yang kalian lakukan nanti akan membuahkan hasil yang membanggakan. Walau, sakit, nangis, tawa, canda atau hinaan harus menerpa.


3. Jujur Walau Menyakitkan
Jimmu, akhirnya menjadi seorang pemuda 18 tahun. Dalam perjalannya untuk bertemu dengan seorang yang merupakan target pembunuhannya mulai mengenal cinta. Penasihat dari Jimmu mengatakan, bahwa cinta akan membuatnya lupa dalam tujuannya.


Hubungannya jalan hidup samurai pada era globalisasi saat ini adalah dedikasi yang kuat, akan mudah tergoyahkan ketika terbagi ke dalam beberapa tujuan. Harus fokus, kuat walau kenyataan menyakitkan. 

Tentu, nilai-nilai kehidupan ada sesuai dengan karakter kita atau gak itu yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Jadi, nilai-nilai kehidupan mana yang bakal agan persiapkan dan matengin? emoticon-Angkat Beer

Sumber: IGO 17++




SAMPAI JUMPA



profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
04-08-2019 07:08
Jepun memang sugee
emoticon-Matabelo
0
Lihat 1 balasan
04-08-2019 07:08
ingen preriode bakumatsu
shinsengumi
0
Lihat 1 balasan
04-08-2019 07:28
film the last samurai gans ..
semangat bushido😎
0
Lihat 1 balasan
04-08-2019 07:29
samurai itu musti tunduk sama kaisar biar pun perintah kaisar itu keji dan rendah, baik nggaknya samurai tergantung kaisarnya emoticon-Betty lain sama ninja mereka lbih mngikuti kata hati apa yg dianggapnya benar, baik nggaknya ninja tergantung sifatnya sendiri emoticon-army
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
04-08-2019 07:36
Jujur Walau Menyakitkan emoticon-thumbsup
profile-picture
liee memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
04-08-2019 08:24
Gue banget itu gan, hehehe enggak ding, bercanda.
0
Lihat 1 balasan
04-08-2019 08:30
Nilai-nilai kehidupan samurai ini yang bisa bikin Jepang jadi semaju sekarang ya. Di bom dua kali sama Amerika, kalah perang, tapi bisa bangkit dengan cepat.

Jujur tapi menyakitkan tuh yang paling susah ditemui jaman sekarang emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
04-08-2019 09:00
Balasan post megaut
Quote:Original Posted By megaut


Pastinya donk


jangan lupa ngopi ganemoticon-coffee emoticon-coffee
0
Lapor Hansip
04-08-2019 09:01
Balasan post natsuzaki48
Quote:Original Posted By natsuzaki48
bercermin dari Gintoki-Sama


Cerminnya kayak gimana gan? emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
0
Lapor Hansip
04-08-2019 09:03
Balasan post pabloo
Semoga bukan sekadar slogan emoticon-Angkat Beer emoticon-shakehand emoticon-Angkat Beer
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1
Lapor Hansip
04-08-2019 09:04
Balasan post pabloo
timpuk ijo2 dong gan emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
profile-picture
pabloo memberi reputasi
1
04-08-2019 09:05
Quote:Original Posted By Innominate
Semoga bukan sekadar slogan emoticon-Angkat Beer emoticon-shakehand emoticon-Angkat Beer


Asiyap gan emoticon-Cool
0
04-08-2019 09:06
Quote:Original Posted By Innominate
timpuk ijo2 dong gan emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment


Oke oke saja
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
04-08-2019 09:06
Balasan post matla.motsu
"harakiri" kan kalo agan seorang samurai emoticon-Embarrassment

Kalo mengakhiri dengan kehormatan sebagai seorang manusia biasa adalah menurut ane dengan menjaga kepercayaan, sopan santun dan gotong royong antar sesama emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
0
Lapor Hansip
04-08-2019 09:08
Balasan post simphony7
Berarti mulai dari sekarang kita menyisihkan sedikit demi sdikit kebohongan yang ada sejak kecil itu gan emoticon-coffee

kita pasti bisaemoticon-Shakehand2
0
Lapor Hansip
04-08-2019 09:10
Balasan post 1stroland
Quote:Original Posted By 1stroland
Wah nilai penting dalam kehidupan sehari hari ini, kejujuran yg paling susah


Kadang kita menuntut orang untuk jujur, tapi kita sendiri belom.... emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1
04-08-2019 09:10
dulu ane kira pedang katana itu samurai emoticon-Smilie

taunya samurai itu nama tentara ya emoticon-Smilie ,pakenya pedang katana
0
Lapor Hansip
04-08-2019 09:10
Balasan post beruangtidur136
Quote:Original Posted By beruangtidur136
Arigatoo emoticon-Nyepi
nice thread dipagi yang cukup cukup hehwhe emoticon-Ngakak


terimakasih juga sudah mampir gan emoticon-Shakehand2

semoga pagi agan makin tercerahkan emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
0
Lapor Hansip
04-08-2019 09:11
Balasan post ngrh93
Quote:Original Posted By ngrh93
Jepun memang sugee
emoticon-Matabelo


Sugee ini apa gan emoticon-Thinking emoticon-Thinking
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.