Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

red1302Avatar border
TS
red1302
Diving dan Snorkeling, Surga Bagi Manusia Bencana Bagi Karang
Diving dan Snorkeling, Surga Bagi Manusia Bencana Bagi Karang

Diving dan snorkeling merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh turis baik lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke daerah-daerah seperti Kepulauan Seribu ataupun Bali. Hal ini di satu sisi merupakan hal yang bagus karena pariwisata kita terbantu akibat banyaknya orang yang melakukan kegiatan diving dan snorkeling ini.

Hal ini dibuktikan dari kenaikan pengunjung dari luar negeri yang berkunjung ke Kepulauan Seribu. Kenaikan ini sangatlah drastis dan menjadi bukti bahwa pariwisata laut kita sangat menjanjikan.

Tetapi sayangnya ada beberapa dampak negatif yang terjadi karena peningkatan pengunjung ini. Dampak negatif tersebut adalah rusaknya karang-karang yang ada di laut sekitar akibat perbuatan manusia yang menunjungi tempat ini.

Ada banyak sekali perilaku manusia yang berbahaya bagi karang seperti memegang karang, menginjak karang dan parahnya lagi banyak orang yang mengambil karang padahal karang tersebut masih hidup.

Perlu kita ketahui bahwa pertumbuhan terumbu karang sangatlah lambat yaitu hanya sekitar 1 cm saja pertahun. Maka dari itu terumbu karang haruslah kita lindungi karena jika tidak kita lindungi maka yang terjadi adalah anak cucu kita tidak dapat menikmati keindahan terumbu karang lagi dimasa depan.

Menurut analisis, penyumbang kerusakan karang terbesar adalah kegiatan diving yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak mempunyai lisensi diving alias mereka yang tidak mengetahui peraturan diving sehingga semena-mena selama diving dan menyebabkan karang menjadi rusak.

Maka dari itu perlu kerjasama antara pengelola jasa pariwisata kelautan dan juga pemerintah setempat untuk membuat regulasi yang dapat menyelamatkan terumbu karang yang lama tumbuhnya ini agar tidak dirusak oleh para wisatawan.

Karena selain untuk dinikmati keindahannya terumbu karang juga memiliki peran penting dalam ekosistem laut sehingga terumbu karang merupakan salah satu aspek yang harus kita jaga bersama agar ekosistem laut bisa terjaga sampai dimasa depan.

Sekian thread dari ane, semoga thread ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan mulai sekarang kita bisa menjaga ekosistem laut kita bersama-sama.


ajahhawari
pinknam00
mbul92
mbul92 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.5K
82
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.