Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BerlianINVAvatar border
TS
BerlianINV
Mengapa Contoh Undangan Begitu Penting?
Spoiler for ss:

Pentingnya sebuah surat undangan apabila akan mengundang beberapa orang untuk hadir dalam acara atau pun kegiatan-kegiatan tertentu. Namun sebelum itu, harus bisa memahami mana surat undangan resmi dan yang tidak resmi. Dalam suatu instansi atau perusahaan diperlukan membuat surat undangan yang baik dan benar dari cara dan struktur penulisannya.

 

Sebab di dalam surat undangan tertera nama perusahaan atau instansi yang mengundang. Jadi akan terlihat tidak profesional bila dalam penulisan undangan terjadi kesalahan fatal yang bisa mempengaruhi nama baik dari instansi tertentu. Kita tahu surat undangan adalah sebuah tulisan di dalam kertas yang memuat ajakan kepada orang lain baik perorangan maupun kelompok untuk menghadiri kegiatan tertentu.

 

Surat undangan dapat berupa surat resmi maupun tidak. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dan digunakan untuk keperluan yang tidak sama. Dari kedua jenis surat ini, mempunyai tujuan tersendiri dan tidak digunakan di sembarang tempat.

 

Apa sih surat itu?

 

Surat adalah sebuah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan pada kertas oleh satu pihak kepada lainnya. Surat merupakan bentuk komunikasi tertulis di mana di dalamnya terdapat beberapa unsur, di antaranya:

 

1. Pengirim surat, yaitu pihak yang menyampaikan pesan

2. Isi surat, yaitu pesan dari surat yang disampaikan, baik pemberitahuan, permohonan, permintaan, pernyataan, perintah, laporan dan lainnya.

3. Penerima surat, yaitu pihak yang menerima pesan.

4. Saluran, yaitu cara penyampaian pesan surat tersebut sesuai dengan keperluannya, yaitu format tulisan dan tata bahasa.

Spoiler for sss:

 

Jenis-jenis surat secara umum

 

Surat dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan tujuan, sifat, wujud dan kriteria lainnya. Mungkin dari kalian sudah tahu tentang apa itu surat undangan. Tapi masih bingung mencari contohnya. Itulah yang salah satu kendala banyak orang.

 

Salah satunya adalah contoh undangan pernikahan. Undangna ini sudah tidak asing lagi di kehidupan masyarakat. Bahkan surat ini hal terpenting untuk dipesiapkan sebelum pesta resepsi dimulai. Dalam undangan ini berisi mengenai rangkaian acara yang akan berlangsung.

 

Pada umumnya, isi yang dicantumkan mengenai tanggal dimulai acara, hiburan yang disajikan dan tempat pelaksanaan resepsi. Selain itu, tidak boleh ketinggalan yaitu nama pasangan pengantin, bertujuan agar orang yang diberi undangan minimal tahu siapa yang menikah.

 

Dalam membuat surat undangan pernikahan berbeda dengan undangan resmi. Surat undangan pernikahan lebih dominan menggunakan desain kertas yang unik dan cantik. Namun ada juga yang menambahkan foto prewedding mereka agar tampilan lebih menarik.

 

Sementara pembuatan contoh undangan ulang tahun, pada intinya sama dengan pembuatan surat undangan lainnya. Tidak lain tujuannya juga sama, yaitu untuk memberikan informasi agar menghadiri sebuah acara ulang tahun. Biasanya, surat ini dibuat tidak formal, malah ada juga yang cukup ditulis tangan.

 

Hal ini karena acara ulang tahun bukan acara resmi sehingga dalam bentuknya bersifat tidak resmi. Namun dalam penulisannya tetap mencantumkan nama dan alamat yang dituju. Selain memudahkan orang dalam menyebut undangan tersebut.

Diubah oleh babanbe 23-07-2019 22:36
sealgeek
sealgeek memberi reputasi
1
4.3K
21
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About DesignKASKUS Official
13.8KThread3.2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.