red1302Avatar border
TS
red1302
Punya Bisnis Tapi Gagal Terus? Mungkin Ini Penyebabnya

Jaman sekarang ini banyak banget orang yang mencoba memulai bisnis karena pemerintah juga sedang menggalak-galakan program bisnis untuk para milenial jaman sekarang. Selain itu orang tentunya merasa lebih keren jika memiliki bisnis sendiri dibandingkan dengan bekerja dengan orang lain.

Sayangnya membangun sebuah bisnis tidak semudah yang dibanyangkan oleh banyak orang. Tidak sedikit orang yang gagal dalam berbisnis dan malah merugi. Lantas apa sih penyebab orang gagal dalam berbisnis? Mari kita simak beberapa penyebabnya.

1. Tidak Punya Ilmu Bisnis

Sama seperti pekerjaan lainnya, bisnis juga punya ilmunya sendiri dan kebanyakan orang yang gagal dalam berbisnis merupakan orang yang tidak mendalami ilmu berbisnis mereka. Maka dari itu ilmu bisnis merupakan ilmu yang harus kalian kuasai sebelum mulai berbisnis.

2. Ikut-Ikutan Tren

Penyakit kedua yang dimiliki oleh pebisnis pemula adalah dia ikut-ikutan tren yang sedang berlangsung di sekitarnya. Contohnya kalau ada orang yang memulai bisnis cafe dan sukses dia langsung menirunya tanpa memikirkan rencana jangka panjang dan juga strategi bisnisnya sehingga bisnisnya tidak dapat berjalan lama.

Sebenarnya membaca tren merupakan hal yang penting dan juga harus kita lakukan. Tetapi tentu saja tidak sembarangan diikuti dan harus dianalisa terlebih dahulu.

3. Pengaturan Keuangan yang Buruk

Uang adalah jantung dari bisnis, maka dari itu pengaturan uang merupakan salah satu hal yang sangat krusial dan sangat penting untuk diperhatikan oleh para pebisnis jika mereka tidak ingin bisnis mereka gagal.

Ada orang yang memulai bisnis dan bisa dibilang bisnisnya sukses tetapi tetap bangkrut karena uang yang dihasilkan dari bisnisnya tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu pastikan pengaturan keuangan bisnis kalian baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Tidak Mengembangkan Bisnis atau Mengembangkan Bisnis Terlalu Cepat

Bisnis yang baik merupakan bisnis yang berkembang walaupun perlahan. Tetapi mengembangkan bisnis merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan secara matang. Kita tidak boleh tidak mengembangkan bisnis dan juga kita tidak boleh mengembangkan bisnis kita terlalu cepat.

Bisnis yang tidak dikembangkan tidak akan dikenal orang lebih luas dan mendapatkan penghasilan lebih dan bisnis yang dikembangkan terlalu cepat akan menggangu keuangan kalian karena mengembangkan bisnis harus disertai keuangan yang stabil.

5. Tidak Memiliki Tim yang Solid

Bisnis tentunya tidak dapat dijalankan sendirian. Ada tim yang membantu kita dalam menjalankan bisnis. Tim ini sendiri merupakan kunci dari kesuksesan bisnis yang sedang kita mulai atau yang akan kita bangun. Maka dari itu memilih tim yang solid juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan.

Jangan sampai kita membangun tim yang tidak solid dan nantinya malah berdampak buruk bagi bisnis yang kita jalankan.

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat bagi agan dan aganwati sekalian yang sudah atau baru ingin memulai bisnisnya.
sevenfiveseven
sagutumbuk
superdede101
superdede101 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.