Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nantoj04Avatar border
TS
nantoj04
DI KOS-KOSAN MENGADU NASIP

Oleh;Afronius Nanto

KEHIDUPAN ANAK KOS

Kehidupan anak kos memang identik dengan kehidupan yang serba apa adanya, yang penting bisa kuliah dan bisa makan, walaupun ada juga yang tidak begitu. Di sinilah kehidupan baru dimulai, Kehidupan yang mengharuskan kita untuk mandiri.

Anak kos dituntut untuk bisa lepas dari kebisaan-kebiasaan yang dilakukan di rumah, karena kehidupan di rumah atau tempat asal sangat berbeda dengan kehidupan yang harus dijalani sebagai seorang anak kos.



Kehidupan anak kos dirasa sebagai suatu perubahan besar dalam kehidupan mahasiswa yang harus bekuliah jauh dari daerah asal dan orangtuanya.  Banyak hal yang dapat dialami oleh anak kos. Hal-hal tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif.

Dampak positif nya mereka akan dituntut untuk lebih mandiri, karena mereka jauh dari orangtua maka apapun harus mereka lakukan sendiri. Melatih mereka untuk mengatur keuanganya, jika ingin bartahan hingga akhir bulan nanti. Lebih bisa menghargai waktu dan mengatur sesuai agenda mereka saat itu.

Dampak negatifnya bagi mereka yang tidak peduli dengan orangtua, dan merasa telah terbebas dari aturan , mereka akan melakukan hal-hal yang menyimpang dari nilai dan norma, seperti melakukan seks bebas, mengkonsumsi narkoba, memanfaatkan uang yang diberikan orangtua untuk bersenang-senang.

Semoga hanya sedikit dari kita atau mungkin justru tidak ada yang terjabak dalam hal-hal seperti itu.

Baik bagi yang sudah mengatahui maupun belum, saya berpendapat bahwa mahasiswa yang jauh dari orangtua tidak sepantasnya melakukan hal seperti itu. Jauh dari orangtua bukan berarti bebas melakukan apa saja, anak kos jauh dari orangtua karena alasan untuk kuliah dan belajar bukan untuk bersenang-senang.



Jadi, sebagai anak kos yang jauh dari orang tua seharusnya tidak merasa bebas dari segala aturan dan bebas melakukan apa saja. Namun, seharusnya mereka mampu lebih menjaga diri dengan baik dan tidak menyalahgunakan kepercayaan serta tanggung jawab yang telah diberikan orangtua kepada mereka. Lagipula, tempat kos bukan tempat untuk melakukan hal-hal seperti itu.

Beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut. Seperti di antaranya mulai dari diri sendiri dengan pandai-pandai menjaga diri, memperdalam ilmu agama, pilih-pilih dalam berteman, cermat dalam memilih tempat kos (usahakan agar dekat dengan ibu kos atau pemilik tempat kos), menjauhi hal-hal yang berbau negatif, dan banyak mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif.





[/SIZE]
Diubah oleh nantoj04 31-01-2020 03:51
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Dunia Hiburan
Berita Dunia HiburanKASKUS Official
24.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.