ceritanyaw.idAvatar border
TS
ceritanyaw.id
Mau build PC? Sekarang waktu yang tepat gan.!!
Sebelum ane sharing-sharing ane mau doain agan dan sista sekalian agar sehat selalu dan semua doanya bisa cepat terwujud.. Amin..

:terimakasih



Di tahun ini memang banyak kejadian yang menurut ane sangat menguntungkan bagi para konsumen teknologi. Mulai dari runtuhnya harga bitcoin hingga persaingan perusahaan teknologi ternama yang bersaing tidak hanya secara kualitas dan kuantitas namun juga harga. Dan persaingan harga ini lah yang membuat kita sebagai konsumen menjadi sangat di untungkan, dimana harga-harga barang-barang teknologi semakin murah.
Mungkin jika kita melihat setahun dua tahun kebelakang, kita akan mengingat harga dari sekeping ram 8GB DDR3 harganya berada di 800rb untuk ram yang standar. Untuk VGA kita juga bisa mengingat harganya yang menggila karena maraknya mining bitcoin dengan VGA dimana harga VGA sangatlah mahal, ane ambil contoh aja GTX1050 Ti harganya ada di angka 3-4jt padahal itu VGA seri low to mid end gan.
Sekarang semua itu sudah berlalu gan, dengan turunya harga bitcoin VGA kembali masuk akal harganya dan sekarang AMD juga mulai mengacak-ngacak harga pasar dengan Prosessor terbarunya yaitu Ryzen series gan. Dengan adanya Ryzen, Intel pun memutar strategi pasar dengan mempercepat peluncuran lini prosesor terbarunya gan. Untuk VGA sendiri yang sangat berdampak adalah penjualan VGA bekas yang semakin menjadi-jadi semenjak berakhirnya penambangan bitcoin dengan vga. Kita bahkan bisa mendapatkan RX580 8GB bekas dengan harga yang ada di sekitar 2jtan saja. Berikut beberapa build murah dengan spesifikasi yang memumpuni untuk agan-agan sekalian.

Quote:

-AMD Athlon 200GE
-ASRock X370M-HDV
-KLEVV DDR4 BOLT X Series PC25600 3200MHz Dual Channel 8GB
-Powerlogic Futura Black N1000/N2000 - 450W
-V-GeN SSD 120GB
Di build yang gak sampe 3jt Ini ane pake platform amd dengan amd atlhon 200ge yang menurut ane udah cukup buat main game-game ringan macem dota 2 dan CSGo. Dengan bulid ini juga ane memilih chipset X370 agar opsi upgrade bisa lebih jauh, dan dengan chipset X370 juga kita bisa sedikit tweaking dan overclok ram kita ke speed yang lebih tinggi, dan jika nanti akan upgrade ke Ryzen 3, 5, 7 agan dan sista sekalian bisa mengoverclock Prosesor dengan menggunakan chipset x370 ini. Untuk RAM pilihan ane jatuh ke klevv 3200 selain harganya murah clock speednya juga sudah cukup kenceng, yang ada di 3200MHz dan tentu saja sudah dual channel karena Prosesor AMD yang berarsitektur Zen terlebih yang menggunakan GPU dari prosesornya membutuhkan RAM dengan speed tinggi dan juga akan berjalan lebih maksimal jika formasi ramnya ada di dual channel. Untuk PSU sendiri karena athlon tidak memiliki TDP yang tinggi jadi ane putuskan untuk menggunakan PSU bawaan dari casing gan, dan untuk casing sendiri itu tergantung selera ya, ane sih carinya yang murah dan sekaligus include PSU biar neken bajet semurah-murahnya.Untuk Storage ane pilih SSD dari Vgen karena murah dan kenapa ssd dan gk hdd? Karena dengan SSD booting kita jadi lebih cepat dan semua lebih terasa gegas. Dan jika kita ingin upgrade storage kita jadi bisa install terlebih dahulu OS di SSD sebagai data C dan nanti untuk storage tambahan bisa langsung kita pasang tanpa harus memindahakan OS ke storage baru.
emoticon-Malu
Quote:

-AMD Ryzen 3 1200
-PALIT GeForce GTX 1050 3GB DDR5 StormX Series
-ASRock X370M-HDV
-KLEVV DDR4 BOLT X Series PC25600 3200MHz Dual Channel 8GB
-PSU Thermaltake LitePower 450W
-Powerlogic Futura Black N1000/N2000 - 450W
-V-GeN SSD 120GB
-WD blue 500GB
Di build 5jt yang hampir 6jt ini hampir sama dengan build 3jt namun dengan prosesor yang lebih kenceng dan tambahan VGA, PSU, dan storage tambahan. Karena kita sudah pakai prosessor dengan TDP yang lebih tinggi dan juga ada penambahan VGA mau gak mau kita harus mengupgrade PSU kita ke yang lebih baik. Disini ane pilih Thermaltake LitePower 450W karena di toko yg ane pake buat simulasi itu yang paling murah untuk PSU 450w hehe. Untuk penambahan storage ane anggep itu pilihan pribadi ya, tapi ane sendiri dengan prosesor dan VGA seperti itu, hal yang ane lakukan dengan PC ane pasti lebih banyak lagi dan dengan banyak hal yang di lakukan pasti kebutuhan storage juga akan lebih meningkat gan. Untuk spesifikasi ini sendiri siap main game-game baru dengan settingan rata kiri ke tengah dikit gan hehehe.
emoticon-Toast

Quote:

-Core i7 3770
-VGA Sapphire RX580 8GB
-Motherboard H61
-RAM Hyperx 2x8gb
-Casing Venom RX Arkana
-PSU Cooler master MWE 450
-SSD vgen 120GB
-HDD WD green 2tb
Untuk builld PC bekas ane menyarankan untuk mencarinya pelan-pelan gan, dan yang tertera di build ane ini adalah barang-barang yang available sekarang jadi kalau agan-agan berniat untuk build langsung bisa cari-cari sesuai spek yang ane kasih di atas. Dan untuk ongkos kirim pasti lebih mahal gan tergantung agan nanti dapet barangnya di daerah mana dan di berapa toko untuk agan mendapatkan semua barang-barang agan. Ane milih platform intel karena utnuk seri-seri lawas intel masih bisa sabil untuk di pakai sekarang gan, VGA karena AMD RX series kalau kita cari bekas harganya bisa sangat murah gan. Seperti yang ane cantumin di atas, ane nemu rx580 8gb cuma 2jt pas, tapi ane belum nanya-nayana itu bekas pemakaian apa. Saran ane adalah kalau agan-agan sekalian dapet VGA bekas mining pastiin ke sellernya bahwa VGA itu berjalan lancar dan juga biosnya sudah di flash ke bios VGA standar bukan bios mining. Untuk Motherboard agan dan sista sekalian bisa cari chipset h61 utnuk mobo yang paling murahnya, dan kalau mau cari yang mahal sekalian cari chipset z77. Untuk RAM jangan khawatir agan dan sista sekalian karena RAM DDR3 udah murah banget, 8gb cuma 300rban dan kalau agan dansisa sekalian dapet mobo yang support untuk 4 keping RAM langsung beli 32GB aja sekalian gan. Untuk storage ane pake kombinasi SSD 120gb baru dan HDD 2tb bekas, karena HDD bekas banyak yang jual sangat murah gan, jadi kalau bisa cari storage yang kapasitasnya paling besar sekalian gan. Dengan build seken ini, game-game AAA baru siap di libas rata tengah ke kanan gan, namun dengan konsekuensi opsi upgrade yang minim, karena seri prosesornya untuk soket dan chipset yang di pakai adalah seri terakhir, untuk RAMnya sendiri DDR3 hanya mentok di 1 keping 8gb, dan mobo konsumer DDR3 maksimal ada 4 slot saja gan jadi maksimal RAM yang bisa di pasangkan 32GB. Tapi untuk mobo yang ane cantumkan di atas cuma ada 2 slot jadi maksimal hanya di 16GB. Ane rasa 16GB masih sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari, gaming maupun produktifitas gan.
emoticon-2 Jempol
Build ini ane simulasikan dengan toko ijo ya gan, dan semua bisa agan dan sista sekalian cari di sana. Dan kalau ada build yang agan dan sista sekalian mau share dimari bisa banget kok komenya di bawah, Tapi ane jangan di buly yah..

Jangan lupa bahagia šŸ˜šŸ˜šŸ˜
Diubah oleh ceritanyaw.id 16-07-2019 05:58
Anstalin
makiinun
opportunity
opportunity dan 48 lainnya memberi reputasi
49
20.7K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31KThreadā€¢9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.