ahlikeuanga2019Avatar border
TS
ahlikeuanga2019
Tips Mengelola Keuangan dengan Bijak agar Terhindar dari Hutang
Mengelola keuangan nampaknya bukan menjadi perkara yang mudah bagi sebagian orang, meskipun kemampuan mengelola keuangan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang secara pribadi maupun mereka yang mengelola suatu usaha.

Dalam ilmu ekonomi, mengelola keuangan meliputi banyak kegiatan administrasi, mulai dari mempelajari, kemudian membuat suatu perencanaan, mengawasi jalannya perencanaan tersebut, pencatatan, dan ditutup dengan pelaporan hasil kegiatan administrasi dalam satu periode tertentu.

Bagi seorang pebisnis, kemahiran dalam mengelola keuangan perusahaan merupakan faktor utama terhadap perkembangan dan keberlangsungan suatu perusahaan. Tidak terkecuali bagi para pebisnis yang baru dalam merintis suatu usaha, perencanaan dan penataan dalam mengelola keuangan merupakan modal utama bagi perkembangan usaha barunya tersebut.

***


Manfaat Mengelola Keuangan dengan Bijak


Mengelola keuangan dengan bijak dapat membuat seseorang lebih matang dalam merencanakan masa depannya

Menerapkan kebiasaan hidup hemat dan tidak berlebihan dalam membelanjakan harta

Mengelola keuangan dapat menjaga kondisi keuangan agar stabil

Mengelola keuangan dengan bijak secara tidak langsung dapat merubah pola hidup lebih baik, karena telah bersikap bijak dalam membelanjakan harta

Kemampuan dalam mengelola keuangan dengan bijak berdampak pada kondisi keuangan yang akan stabil, sehingga dapat menghindarkan diri dari kebiasaan berhutang.

***


Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Berhutang


Disarankan untuk membuat laporan keuangan harian agar kita bisa mengecek pengeluaran kita pada setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyimpan struk-struk belanja maupun mencatatnya secara rinci.

Di awal bulan segeralah membuat anggaran kebutuhan untuk satu bulan ke depan. Hal tersebut dapat membantu kita untuk menghindari membelanjakan harta untuk hal-hal yang tidak perlu, sehingga menggunakannya sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Agar usaha untuk mengelola keuangan dapat berjalan dengan baik, usahakan untuk memiliki rekening tabungan lebih dari satu. Sehingga satu rekening tabungan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan ke depan, sementara rekening lainnya dapat digunakan untuk menyimpan tabungan.

Apabila semua kebutuhan dan tabungan sudah dipenuhi dan ternyata masih ada sisa, gunakan sisa uang tersebut untuk berinvestasi.


Sekian, Semoga Bermanfaat.
Salam.
Referensi

Diubah oleh ahlikeuanga2019 26-05-2019 08:10
0
392
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.