Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

viralinAvatar border
TS
viralin
Tour de Pangandaran: “Lebaran” Para Pesepeda
pigura.co, Bike to Work Indonesia, komunitas gerakan moral untuk bersepeda, di mana perwakilan wilayah Tasikmalaya adalah panitianya, punya rutinitas tahunan yang disebut Tour de Pangandaran (TdP), pada Sabtu (21/7) lalu, merupakan kegiatan ke-9 kalinya dan dideklarasi sebagai: “lebaran” para pesepeda.

Ketua panitia TdP ke-9 sekaligus pimpinan Bike to Work Tasikmalaya Eka Baskara mengatakan, Tdp merupakan acara silaturahmi mereka dan menjadi ajang kampanye untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi pilihan di Indonesia.

Tour de Pangandaran: “Lebaran” Para Pesepeda


“Penyelenggara tour ini memang Bike to Work tapi pesertanya adalah seluruh komunitas sepeda, karena event ini terbuka, jadi ada juga peserta di luar kami atau warga setempat bergabung secara spontan,” ujar Heri dalam wawancaranya, di Pangandaran.

Heri menjelaskan, peserta yang terdaftar dalam kegiatan tersebut adalah 2500 orang tapi estimasi di lapangan bisa mencapai lebih dari 3 ribu orang. Dan rute TdP ke-9 dimulai dari Tasikmalaya-Kota Banjar (Km 40)-Banjarsari (Km 61)-Padaherang (Km 77)-Bundaran Pantai Karapyak (Km 93)-Pantai Pangandaran (Km 107). Dimulai dari pukul 06.00 sampai 22.30 WIB.

“Jika ingin terlibat di TdP, calon peserta harus memiliki identitas yang sah dan untuk teman-teman pesepeda tanah air ayo gabung dengan TdP ke-10 nanti, TdP adalah lebarannya para pesepeda,” kata dia.

Sementara itu, Haris berpendapat, salah satu peserta TdP ke-9 perwakilan dari Bekasi, kegiatan ini patut diapresiasi. TdP ingin membangun budaya bersepeda, meyakinkan masyarakat bahwa mengayuh sepeda itu nyaman, bisa menjadi moda transportasi walaupun jarak pendek terutama di Jakarta, dan bisa mengurangi kemacetan.

Bike to Work, menurut Poetoet Soe selaku ketua, terdiri dari para pekerja di perusahaan swasta maupun instasi pemerintah. Pada awalnya, 13 tahun lalu, mereka sepakat membentuk sebuah gerakan bernama Komunitas Pekerja Bersepeda Indonesia, dan barulah berubah seperti sekarang agar lebih mudah diingat.

“Banyak ruang publik yang seharusnya dipakai untuk taman bermain anak atau lainnya, tapi justru ada yang dijadikan lahan parkir, ini menjadi kegelisahan kami, akibat dampak persoalan transportasi. TdP ini adalah cara kita untuk menggelorakan semangat bersepeda, yang paling penting adalah kita mau menunjukkan bahwa bersepeda mampu jadi solusi berbagai persoalan transportasi,” pungkasnya.[]





sumur : http://www.pigura.co/tour-de-pangand...para-pesepeda/
Diubah oleh viralin 26-07-2018 22:00
0
1.1K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sepeda
SepedaKASKUS Official
2.6KThread1.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.