aduhaisayangAvatar border
TS
aduhaisayang
Awas! 6 Makanan ini Picu Pembentukan Batu Ginjal

Peran ginjal begitu vital bagi tubuh kita. Dua organ yang terletak di kedua sisi tulang belakang ini setiap harinya bertugas menyaring darah kurang lebih 200 liter dan menyaring 2 liter produk limbah (racun). Lalu limbah-limbah itu dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine.


Melihat pentingnya fungsi ginjal maka sudah sepantasnya kesehatannya kita jaga. Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam perut agar tidak memicu tumbuhnya batu ginjal.

Apakah saja makanan yang dapat mendorong pembentukan batu ginjal? Dilansir dari Merdeka.com enam makanan berikut ini dapat menjadi penyebab timbulnya batu ginjal. Dengan catatan ketika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama.

1. Kafein

Kafein terdapat dalam kopi, teh dan minuman bersoda. Asupan kafein yang berlebihan biasanya terjadi pada orang yang candu dengan kopi. Ini berbahaya karena akan membuat kerja ginjal lebih berat dan lama kelamaan akan membentuk batu ginjal.

2. Pemanis Buatan

Pemanis buatan banyak dijumpai di makanan-makanan instan dalam kemasan seperti snack yang biasa digandrungi anak-anak. Keseringan memakannya dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal. Kurangi makan makanan yang banyak mengandung pemanis buatan.

3. Daging

Kita butuh protein dari makan daging, tetapi akan berbahaya bila dimakan secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama. Sebab limbah protein sulit dibuang oleh ginjal. Limbah-limbah menumpuk inilah yang kelak akan membentuk batu ginjal.

4. Sarden

Sarden punya kadar purin yang tinggi. Sebaiknya batasi asupan makanan yang punya purin tinggi karena bisa bikin kita rentan terserang batu ginjal.

5. Minuman Berkarbonasi

Jangan terpengaruh oleh iklan produk minuman berenergi, soda atau jus dalam kemasan. Jenis minuman-minuman tersebut mengandung karbonasi. Bisa meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

6. Produk Susu

Kita membutuhkan kalsium dari susu. Tetapi bila dikonsumsi berlebihan, kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.

=-=-=-=

TS ulangi sekali lagi, makanan tersebut di atas akan berbahaya ketika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama.

Yuk kita lebih perhatikan kesehatan. Sebab kesehatan itu tak ternilai harganya, sebelum tiba penyesalan yang tiada lagi berguna.

Sumber Referensi: Merdeka.com 


azid12353
fyrinn
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.