Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ymulyanig3Avatar border
TS
ymulyanig3
Tangkuban Perahu Erupsi Warga Bandung Panik
Assalamualaikum ... selamat malam kaskuser. Jumpa lagi di thread ane untuk berbagi informasi.
{thread_title}


Apa yang gansis rasakan jika tiba-tiba ada gunung meletus di daerah sekitar gansis. Pertama pastinya panik dong, lalu menyelamatkan diri dan barang-barang berharga.
Tangkuban Perahu Erupsi Warga Bandung Panik

Sekitar habis magrib tadi banyak notif di smartphone ane yang mengabarkan tentang erupsi gunung tangkuban perahu yang letaknya masih satu kabupaten sama tempat tinggal ane. Ane sempat keluar rumah ngecek apakah abunya nyampe ke tempat ane? Allhamdulillah sampai saat ini masih baik-baik saja, abunya belum nyampe ke tempat ane.

Namun, tetap saja ada rasa takut di hati ane walaupun jaraknya lumayan jauh, sekitar 2 jam perjalanan. Ane aja yang jauh takut, bagaimana penduduk di dekat TKP pasti panik banget. Seperti yang terlihat di vidio.
{thread_title}


Warga Bandung dan sekitarnya tampak panik dengan adanya erupsi gunung tangkuban perahu. Ramai netizen yang menshare berita dan vidio erupsi tersebut hingga membuat warga semakin panik.

Berikut informasi yang ane dapat dari salah satu grup WA tentang terjadinya erupsi :

*:::: MAGMA-VEN ::::*
*::Volcanic Eruption Notice::*

*INFORMASI ERUPSI G. TANGKUBAN PARAHU*

Telah terjadi erupsi Gunung Tangkuban Parahu (Kawah Ratu), Jawa Barat pada tanggal 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 2.284 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik.

Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status *Level I (Normal)* dengan rekomendasi:

A. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks G. Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

B. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata G. Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas.
{thread_title}


Diharapkan masyarakat sekitar tetap waspada dan tidak mendekati area gunung. Semoga erupsi gunung tangkubanperahu ini hanya erupsi biasa dan tidak menyebabkan letusan gunung yang sudah lama tidur.
Tangkuban Perahu Erupsi Warga Bandung Panik

Kabar terbaru dari BPBD tidak ada korban jiwa, hanya beberapa wisatawan yang terkena sesak nafas saja.

Sekian dari ane tetap tenang dan jangan terlalu panik. Silahkan tambahkan informasi yang gansis tahu dan jangan lupa cendolnya.

Terimakasih.

*SUMBER DATA*
KESDM, Badan Geologi, PVMBG
Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu
https://magma.vsi.esdm.go.id/

Pic dan vidio by link
Diubah oleh ymulyanig3 26-07-2019 16:15
Richy211
delia.adel
RetnoQr3n
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.