Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Gendut_79Avatar border
TS
Gendut_79
5 Manfaat Makan Menggunakan Tangan dibandingkan Sendok

Kebanyakan orang sekarang makan menggunakan sendok dan garpu dibandingkan dengan tangan. Banyak alasan yang membuat orang-orang menggunakan sendok seperti lebih higienis, sudah terbiasa dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu kalau makan menggunakan tangan memiliki banyak keuntungan? Apa sajakah itu? Yuk simak keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan makan menggunakan tangan.

1. Sunnah dalam Ajaran Islam

Jika Agan yang beragama islam, Sunnah makan dalam Islam adalah makan dengan 3 jari. Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau mengatakan; “Rasulullah ﷺ itu makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” Dari hadist tersebut kita jadi mengetahui bahwa makan menggunakan tangan merupakan sunnah dalam ajaran Islam.

Namun bukan berarti semua makanan harus dimakan menggunakan 3 jari. Dalam Syarah Riyadhus shalihin Ibnu Utsaimin radhiallahu anhu mengatakan bahwa: “Dianjurkan untuk makan dengan tiga jari, yaitu jari tengah, jari telunjuk, dan jempol, karena hal tersebut menunjukkan tidak rakus dan ketawadhu’an. Akan tetapi hal ini berlaku untuk makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari. …” (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243)

2. Lebih Sehat


Mungkin agan bingung dengan pernyataan yang satu ini. Kenapa makan menggunakan tangan kanan justru lebih sehat daripada makan menggunakan sendok? Justru dengan kita akan mendapatkan bakteri baik yang bermanfaat bagi mulut, tenggorokan dan usus kita saat makan menggunakan tangan.

Dengan catatan harus mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih sebelum makan supaya bakteri jahat hilang. Oleh karena itulah makan dengan tangan justru lebih sehat daripada menggunakan sendok.

3. Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Saat kita menyentuh makanan langsung menggunakan tangan, indra peraba akan mengirimkan sinyal pada otak yang memberitahu bahwa sebentar lagi terdapat makanan yang akan masuk ke mulut kita. Dengan diterimanya sinyal tersebut, organ pencernaan akan menjadi lebih siap untuk menerima makanan. 

4. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Society of Endocrinology menunjukkan bahwa orang-orang yang terburu-buru saat mengunyah makanan memiliki resiko 2,5 kali lebih besar terkena penyakit diabetes tipe 2.

Apabila menggunakan tangan, jumlah makanan yang masuk ke mulut kita akan lebih sedikit daripada saat kita makan menggunakan sendok dan garpu. Dengan begitu, otomatis kita akan makan dengan lebih lambat apabila makan menggunakan tangan.

5. Menghindari Terjadinya Mulut Terbakar

Dengan makan menggunakan tangan, kita menjadi tahu dengan suhu makanan yang ada di hadapan kita saat menyentuhnya menggunakan tangan kita. Berbeda apabila menggunakan sendok, kita tidak tahu pasti seberapa panas makanan yang ada di hadapan kita

Nah itu dia 5 manfaat makan menggunakan tangan yang mungkin baru kita ketahui. Jadi apakah kamu ingin membiasakan diri kamu untuk makan menggunakan tangan mulai sekarang? Jangan lupa cuci tangan ya sebelum makan.

Sumber : https://lagimakan.com/manfaat-makan-...unakan-tangan/
 

Catatan ane :
Tergantung gaya makan agan-agan semua atau ketersediaan alat makan di sekitar. Tapi kalau makan nasi padang, jelas lebih  nikmat dengan menggunakan tangan tanpa alat makan....emoticon-Blue Guy Cendol (S)
0
690
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.