iskrimAvatar border
TS
iskrim
Setiap Orang Berhak Emosi Karena Itu Positif!


[ HT# 519 ]

Ketika seseorang sedang menghadapi persoalan hidup yang tidak bisa dibendungnya lagi biasanya emosi dirinya tidak terkendali dan tumpah ruah di tujukan kepada siapapun, termasuk menyakiti dirinya.

Meski begitu melepaskan emosi secara singkat yang sedang dihadapi ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stress. Tapi kuncinya emosi dengan cara sehatlah tujuan itu bisa dicapai.


Tiap orang berhak untuk emosi atau marah pada situasi dan kondisi tertentu, tapi mustinya juga harus punya solusi untuk menetralisirnya. Pada umumnya ketika orang sedang emosi selalu berfikiran pendek, tapi ada juga yang sudah disimpan lama hingga bom waktu pun 'meledak' tanpa melihat waktu dan tempat. Bahaya!



Marah, Positif?



Terkadang orang emosi terjadi karena hal sepele, akibatnya siapa yang rugi dan dirugikan, tentu kita sudah tahu jawabannya. Jadi bagaimana sih mengontrol emosi dan melepaskannya supaya menjadi hal yang positif dan terarah?

Kalau berdasarkan pengalaman saya yang saya pelajari dari nasihat orang pintar psikologi melepaskan emosi sebenarnya baik dan harus segera dilepaskan, kalau tidak akan mengusik cara berfikir seseorang, mengubah pola hidup seseorang menjadi negatif.

Cara termudah mengenali emosi adalah mencari akar permasalahan dan mencari solusinya.


Namun kenyataanya di lapangan mencari solusi kadang sulit ditemukan, bisa jadi karena solusi itu sendiri masih tarik ulur akibatnya suatu saat bisa menjadi bom waktu.

Nah, untuk mencegah emosi negatif ini terus mengendalikan fikiran kita maka dengan cara menyalurkan menjadi energi positiflah solusinya. Bisa dengan menyibukkan diri sambil terus melupakannya, menulis sambil menumpahkan kekesalan melalui tulisan, berolahraga, bahkan berteman dengan emosi itu sendiri bisa dilakukan.

Dengan menganggap emosi sebagai teman yang bisa membangun fikiran positif maka energi negatif akan otomatis menjadi energi positif yang bisa disalurkan ke apapun itu, kamu mungkin bisa menjadi lebih berprestasi setelahnya.

Jadi mulai sekarang cobalah untuk melatih emosi dengan lebih sabar, dengan fikiran yang dingin dan jernih, dan arahkan ke aktifitas yang positif, gan.

Setiap orang memiliki persoalan hidupnya masing-masing jadi bukanlah hal yang aneh jika kita sedang mengalaminya. Ketika sedang emosi jangan dulu buru-buru dilepaskan, tapi tahan dan kendalikan agar bisa berhenti di 'parkiran' yang tepat.

Jadikan emosimu sebagai alarm, jadikan emosimu sebagai seorang teman sejati yang sedang mengingatkanmu untuk lebih bersabar, alihkanlah dengan cepat pemikiran ke fikiran yang lain disekitarmu saat itu juga. Kalau orang muslim dianjurkan untuk duduk beristighfar, segera berwudhu, dan shalat sunnah.


Sabar ini anggaplah suatu ujian hidup, dalam Islam ketika kita sedang di uji berarti Tuhan sedang peduli dengan kita. Ketika kamu sudah bisa mengontrol emosimu, sudah bisa mengendalikan emosimu maka kamu akan jadi orang yang tumbuh lebih dewasa dalam berfikir dan bijaksana ketika kamu dituntut harus mengambil keputusan yang cepat.








Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 27-07-2019 15:40
pabloo
swiitdebby
4iinch
4iinch dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6.8K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.