aduhaisayangAvatar border
TS
aduhaisayang
Pangkas Biaya Listrik Prabayar dengan 5 Cara Cerdas ini
Sebagai salah satu kebutuhan utama rumah tangga, biaya listrik adalah jenis pengeluaran yang kadang bisa bikin pusing kalau tidak tahu cara menghematnya. Maka dari itulah penulis mau membagikan tips ini, sudah terbukti berhasil membantu mengurangi pengeluaran rumah tangga. Yuk langsung kita simak 5 caranya:


1. Beralihlah ke Lampu LED

Memang harganya lebih mahal. Namun akan sangat terasa membantu ketika dipakai dalam waktu panjang. Bisa lebih hemat. Untuk kamar mandi ukuran 2x2 cukup dengan yang 3 watt. Dan untuk kamar tidur ukuran 4x6 lampu LED 7 watt sudah sangat sesuai kebutuhan dan terang benderang. Selain hemat biaya listrik karena lampu ini hemat energi, juga pancaran sinarnya lebih terang, tak gampang panas, warna benda tampak lebih alami, dan umurnya lebih tahan lama.


2. Cabut Steker yang Tak Terpakai

Sekalipun efeknya dikit, tapi bayangkan kalau steker yang tercolok itu banyak, tentu akan berdampak terlebih kalau dalam waktu lama. Maka dari itu ketika mau bepergian cabutlah steker semua alat elektronik yang tidak dipakai seperti TV, charger HP, charger laptop, dan lainnya. Agar memudahkan dan tidak terlalu sering colok dan cabut steker, alangkah baiknya pakai stopkontak yang disertai saklar. Cukup tekan satu saklar, maka aliran ke banyak steker akan terputus.


3. Gunakan Pengering Mesin Cuci Hanya Bila Terpaksa

Kalau bukan musim hujan, ada baiknya tahan keinginan untuk menggunakan mesin pengering pakaian. Buang kemalasan kita. Peraslah pakaian dengan tangan sendiri. Lalu biarkan angin dan terik matahari yang berlimpah itu ambil bagian untuk mengeringkannya.

4. Setrika Pakaian yang Penting-Penting Saja


Kalau cuma pakaian untuk digunakan di rumah tidak perlu diseterika, dilipat rapi itu sudah cukup. Gunakanlah setrika untuk merapikan pakaian-pakaian yang penting saja seperti untuk berangkat kerja atau pakaian kondangan. Lalu yang terpenting lagi adalah hindari menonton TV saat menyetrika, itu akan memakan waktu lebih lama. Ingatlah energi listrik bila diubah ke panas itu membutuhkan daya besar.


5. Beli Pulsa Listrik Minimal Langsung untuk Satu Bulan

Jangan lupakan ada biaya admin setiap kita isi pulsa listrik. Besarnya mencapai 3.000 rupiah. Kalau sering ngisi pulsa dengan nominal kecil itu akan jauh lebih boros. Hitungan sederhananya gini. Jika perkiraan kebutuhan listrik rumahmu 300 ribu rupiah per bulan, jangan beli yang 50 ribu an. Karena total pengeluaran untuk biaya listrikmu menjadi 300 ribu + 18 ribu rupiah = Rp 318.000 karena dalam sebulan 6x mengisi. Bandingkan kalau ngisi langsung sesuai kebutuhan sebulan. Anda sudah hemat uang Rp 15.000.


Nah demikianlah info berhemat listrik prabayar dari penulis. 


=-=-==-=-=

Semoga bisa sedikit membantu meringankan beban keuangan rumah tangga anda. Silahkan artikel ini dibagikan sepuasnaya agar makin banyak yang terbantu. Terima kasih


Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber Referensi Lain
ajahhawari
prayit
azid12353
azid12353 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
11.2K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.