GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Lebih Ribet Rawat Mobil Tua Apa Mobil Modern?

 Mobil tua atau mobil klasik merupakan kendaraan produksi lama yang masih minim teknologi. Fitur – fitur modern belum ada melekat pada mobil jenis ini. Yang namanya mobil tua, pastiya semua pengaturan di mobil tersebut masih serba manual. Walaupun demikian, minat masyarakat terhadap mobil tua di zaman sekarang cukup besar Gan. Gak hanya sekedar koleksi, mereka biasanya juga tergabung dalam komunitas.


Sedangkan mobil zaman sekarang atau mobil modern, pastinya banyak menganut teknologi – teknologi yang mutahir. Selain untuk kemudahan dalam berkendara, hadirnya berbagai macam teknologi ini juga untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Karena banyaknya teknologi yang disematkan pada mobil zaman sekarang, sebagian orang menilai bahwa mobil modern lebih ribet dari segi perawatan.

Sementara untuk mobil tua, ada kalangan yang menilai bahwa perawatan mobil tua sedikit lebih mudah. Gimana menurut kalian? Ada yang setuju dengan statement ini?

Jika tidak digunakan untuk aktivitas sehari – hari, perawatan mobil tua bisa Agan dan Sista lakukan dengan cara manasin mesin mobil setiap dua minggu sekali. Karena mobil klasik atau mobil tua belum punya sistem komputer dan teknologi canggih lainnya, maka kalian cukup jaga kondisi aki dan format kelistrikan. Namun, dibalik kemudahan tersebut, salah satu kendala besar dari mobil tua adalah sparepart yang sangat jarang dipasaran dan kalaupun ada biasanya harganya mahal. Selain itu biaya untuk membangunnya dari nol juga butuh biaya besar.

Berbeda dengan mobil tua, mobil modern dengan segala kecanggihan teknologinya, butuh perawatan yang cukup canggih (lebayyyy...) juga. Biasanya sistem atau pengaturan pada mobil zaman sekarang memiliki ketergantungan satu sama lain. Hal ini lah yang membuat orang agak kewalahan dalam perawatannya. Tapi jika servis dan penggunaannya rapi, maka kemungkinan mobil untuk rusak akan semakin kecil. Selain kehadiran teknologi yang memberikan kemudahan pada pengguna, keunggulan lain dari mobil modern adalah sparepart yang tersedia dipasaran cukup banyak dan harganya relatif terjangkau untuk pengguna mobil.

Ternyata mau mobil tua atau mobil modern ada plus minus juga gan dalam hal perawatan. Kalau menurut Ane sih mau mobil tua atau mobil modern, kalau disiplin dalam perawatan, entah itu servis, ganti oli, manasin mesin, atau yang lainnya maka umur mobil Agan makin panjang. Jadi tergantung dari gimana kalian dalam merawat mobil. Kalau kalian gak disiplin, ya sekalinya mau perawatan maka akan terasa ribet dan duit yang keluar juga banyak.

 

azid12353
azid12353 memberi reputasi
1
2.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.