Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara

akiboschAvatar border
TS
akibosch
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
Pada umumnya ada beberapa komponen fital dalam kendaraan khususnya adalah kendaraan roda empat. Namun ada salah satu komponen yang kerap di abaikan dan tidak terlalu di perhatikan bahkan sama sekali tidak di perhatikan gan.
:cih
Apa sih komponen yang kerap di abaikan itu ? Komponen yang kerap di abaikan oleh pengendara adalah Aki Gan. Apalagi mobil-mobil keluaran terbaru dan modern aki sangatlah penting. Ibarat kata aki adalah kehidupan
:goyang

Apalgi mobil tersebut bertransmisi matic. Waduh pasti akan sulit untuk menyalakan mesin jika keadaan aki sudah tidak kuat Start. Transmisi Matic didorong juga akan mustahil untuk menghidupkan mesin, berbeda dengan mobil bertransmisi manual, kalau manual si masih bisa didorong untuk menyalahkan mesin, hanya perlu manggil warga setempatemoticon-doctoremoticon-Gila

Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
Pasti akan merepotkan yaa gan, apalagi posisi sedang macet tiba-tiba mesin mobil mati dan di start sudah tidak bisa, wahhh bakal pusing dan kesal pastinya banyaknya pengendara di belakang yang membunyikan klakson.
emoticon-Wakaka

Maka dari itu sebelum terjadi hal serupa kepada agan dan sista ayo kalian merawat aki mobil kalian, berikut ini adalah beberapa cara merawat aki mobil yang mudah dan tidak repot menurut mimin.
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
1. Periksa Air Aki
Agan dan sista harus rutin mengecek air aki, karena untuk aki basah mempunya kapasitas minimum untuk air aki tersebut.

Untuk mengecek air aki itu agan dan sista harus melakukannya secara berkala, jika mobil di gunakan untuk Grab / Setiap hari slalu jalan paling lama agan dan sista harus mengeceknya 2 minggu sekali, jika mulai berkurang dengan kapasitas minimum agan tambahkan air aki tambah, biasanya di bedakan dengan tutup botol yang berwarna biru itu loh gan..
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
2. Periksa Tegangan Voltase & CCA
Mungkin sebagian dari agan dan sista belum tau voltase dan CCA, apa sii voltase dan CCA itu. disini akan mimin jelaskan secara sigkat.

Voltase adalah tegangan listris gan & sis lebih jelasnya yaitu perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt.

CCA adalah Cold Cranking Amps ini merupakan rating battery yang paling umum. kalau menurut spesialis aki sihh sering di sebut KEKUATAN DAYA STARTER YANG AKAN DI HASILKAN.

Agan dan sista bisa memeriksanya dengan alat Battery Tester namun untuk harganya cukup mahal, jadi untuk menghemat biaya agan bisa datang ke spesialis aki untuk mengecek, mungkin di tempat lain akan di kenakan biaya jasa, namun di tempat kami untuk pengecekan itu GRATIS
emoticon-Ultah
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
3. Periksa Terminal Aki Mobil
Terminal aki ini pun tak kalah penting untuk diberikan perhatianemoticon-Frown. Karena hal yang sering terjadi adalah munculnya Jamur yaitu kerak putih yang mengakibatkan terhambatnya arus sehingga tidak maksimal


Caranya untuk menghilangkan jamur tersebut cukup mudah lohh gan & sis, kalian hanya perlu menyiramnya dengan air panas dan sikat menggunakan sikat gigi, dan taraa jamur pun menghilang
:dor
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
4. Panaskan Mobil
Nah ini khusus untuk yang jarang menggunakan mobil kalian, mobil tidak di hidupkan dalam jangka 5-10 hari akan ngedrop. ihhh kok bisa sii ?? Karen aki pun butuh asupan listrik (Re-charger) yang di hasilkan dari alternator.

Untuk mencegah aki drop akan hanya perlu menyalakan mobil minimal 15 menit saja, atau 5 menit dalam keadaan RPM 2000, maka aki akan di cas ulang oleh alternator mobil agan & sista.
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
5. Cek Pengisian
Ini pun sangat penting lohh gan & sis, Percuma saja agan memanaskan mobil namun kondisi pengisiannya yang di hasilkan di bawah standar, Pengisian ini di hasilkan dari Alternator, minimal yang harus di hasilkan adalah 12.60 Volt dan maksimal 15.00 Volt.

Jika di bawah 12.60 Volt yaa nanti aki agan akan drop, dan jika yang di asilkan di atas 15.00 Volt maka akan Over Charge menimbulkan Aki cepat Soak, bahanya bisa meledak gan, Serem juga yahh
:ceyem
Untuk mengecek ini seperti halnya yang ada di nomor 2 tadi, agan harus memakai alat dan bisa juga datang ke bengkel atau spesialis aki untuk di cek kondisi alternator mobil agan.
Inilah Komponen Fital Yang Sering Di abaikan Oleh Pengendara
5. Hindari ini
Agan dan sista pasti pernah dong pastinya melalukan start dalam keadaan AC, Radio, & Lampu menyalah, nah kebiasaan ini pun akan menyebabkan aki soak lohh, karena jika di start arus yang di hasilkan sangat besar, dan usia aki akan rentan lebih pendek.

Menceganya yaa agan dan sista jangan melakukan kebiasaan tersebut.

Okehh gans dan Sista gak terasa saya sudah menulis Thread ini cukup singkat, semoga bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa yahh di Sundul, coment atau Re-share. karena berbagi itu adalah kebaikan.

Jangan Lupa Mampir Ya Gan & sis
Official Website Kami : Toko Aki Terpercaya
:banggapakebatik



Source Image : Google
raliakbarrr
davecchio
davecchio dan raliakbarrr memberi reputasi
2
947
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.