• Beranda
  • ...
  • Games
  • Deretan games yang 'menyelamatkan' masa kecil kami anak 90-an

dhenokwidaAvatar border
TS
dhenokwida
Deretan games yang 'menyelamatkan' masa kecil kami anak 90-an


Assalamualaikum

Halo gansis semua. Di threadini ane bakalan cerita tentang permainan-permainan jadul era 90-an. Yap, ga usah ditebak lagi deh, pastilah ane anak angkatan 90-an. Beberapa permainan ini dijamin bakalan bikin gansis rindu dan bahkan pengen balik lagi ke masa kecil dulu. Khususnya buat gansis yang seangkatan ama ane. Buat yang anak milenial, boleh dijadiin inspirasi maen bareng temen-temen kalian. Biar masa kecil kalian makin seru.

Yuk langsung aja ya, cekidot...

1. Maen Hujan

Gambar: tribunnews

Dulu, kalo pas hujan ane seneng banget tiada tara. Walaupun harus sembunyi-sembunyi keluar rumah buat hujan-hujanan biar emak gak tahu. Ane sama temen-temen bergerombol lari-larian di bawah curahan hujan sambil saling ciprat-cipratin lumpur. Apalagi kalo pas musim mangga. Makin seru tuh. Kami semangat nyusurin kebon-kebon tetangga buat nyari mangga yang pada jatuh. Semakin deras hujan, semakin gembira kami. Sampe salah satu emak dateng bawa payung sambil ngomel-ngomel, baru deh semua bubar.

2. Boi-boi-nan

Gambar: boombastis.com

Main boi-boi-nan ini pakai satu bola tenis dan beberapa pecahan genteng. Pemainnya terdiri dari 2 kelompok. Masing-masing kelompok kira-kira terdiri dari 5 sampai 7 orang. Dimulai dengan suit antara masing-masing kapten kelompok. Yang menang, salah satu pemainnya akan melempar pecahan genteng yang sudah disusun tinggi menggunakan bola tenis. Setelah roboh kelompok yang menang tadi harus lari menghindar. Sedangkan kelompok yang kalah harus menyusun kembali pecahan genteng yang roboh tadi sambil melempar semua pemain dari kelompok lawan tadi dengan bola tenis. Pemain yang terkena bola tenis harus keluar dari permainan. Seru banget permainan ini waktu itu. Kalo ditempat gansis permainan itu namanya apa ?

3. Delikan/pembèlah

Gambar: sahabatkeluarga

Delikan/pembèlah sama dengan petak umpet. Dulu permainan ini termasuk primadona. Apalagi kalo pas malem-malem mati listrik, terus pas bulan purnama. Nah, banyak tuh anak-anak yang main di luar rumah. Biasanya di pelataran salah satu tetangga semuanya ngumpul. Karena kami tinggal di desa, suasananya terasa guyub rukun. Mungkin kalo sekarang ga ada yang berani main delikan malem-malem gitu ya. Yang ada malahan uji nyali kali, hehehe....

4. Kempyang

Gambar: boombastis.com

Nah, permainan terakhir yang dulu sering ane mainin adalah kempyang. Permainan ini pakai 5 uang koin seratusan atau lima puluhan. Seringnya sih pakai uang koin yang gambar wayang. Karena gede gampang di pegang. Pemainnya boleh 2 orang atau lebih. Jadi cara mainnya itu, 5 uang koin tadi di sebar, lalu pemain ambil salah satu uang koin nya. Setelah itu lawan akan menunjuk koin mana yang harus disentil agar mengenai koin satu lagi. Kayak gambar di bawah ini nih, tapi ini pake uang koin baru.

Gambar: dokpri

Kalo udah baru deh pegang ke lima koin tadi, taruh di punggung tangan. Lalu uang tadi di oper dari punggung tangan kanan ke kiri sebanyak 5 kali, dan terakhir tangkap koinnya. Berapa koin yang berhasil ditangkap itu jadi poinnya. Dan poin terbanyak dia yang menang.
Dulu kalo main kempyang sama kakak, ane sering nangis gara-gara kalah mulu. Secara dulu ane masih SD kelas 1 kalo ga salah. Tangannya masih kecil, jadi tu koin ga ada yang berhasil ane tangkep. Endingnya uang koin tadi ane pake buat jajan deh, biar ga nangis lagi hehe....

Itu tadi beberapa permainan yang dulu sering ane mainin gansis. Yang bikin asyik dan seru semua permainan itu harus dimainin rame-rame. Jadi kangen banget deh sama masa kecil, pengen balik jadi kecil lagi rasanya. Sekarang kalo lagi kangen gitu ane ajak deh tu anak ane buat main mainan jadul. Karena secara gak langsung semua permainan jadul itu ngajarin kita tentang team work, kejujuran, tanggung jawab, ketangkasan, dan yang paling penting kesetia kawanan.

Oke gansis, cukup sekian dari ane. Jangan lupa dibintangin, dicendolin, dishare untuk dukung thread ane.

Thank you emoticon-Kiss
YulianAnggita
kelayan00
tata604
tata604 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.