Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ada Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Kong Hu Chu. Mengapa Gak Satu Agama Saja?

aduhaisayangAvatar border
TS
aduhaisayang
Ada Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Kong Hu Chu. Mengapa Gak Satu Agama Saja?
Tenang, thread ini tidak akan memojokkan satu keyakinan tertentu. Justru sebaliknya, bertujuan mengajak kita semua berpikir sehat dan memandang dari sudut yang berbeda demi menjaga kesatuan dan persatuan umat manusia.

Pernah terpikir di otak buatan Tuhan ini, mengapa ya Tuhan membiarkan bermacam-macam agama tetap eksis di muka bumi sampai sekarang? Ada Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, Kong Hu Chu dan agama yang lain. Sebab perbedaan keyakinan ini tak jarang menimbulkan perdebatan dan silang pendapat. Saling klaim paling benar dan suci. Sering pula dijadikan tunggangan kepentingan para oknum yang haus akan kekuasaan dan kekayaan.

Bukankah Tuhan itu Maha Tahu dan Maha Besar serta Maha Segalanya? Artinya sangat bisa dong kalau Tuhan mengizinkan satu saja agama di muka bumi ini agar tidak menimbulkan gesekan, perpecahan bahkan peperangan. Bukankah hal mudah jika Tuhan Mau.

Namun nyatanya Tuhan Sang Pencipta Alam semesta ini mengizinkan beberapa agama tetap eksis. Mengapa demikian?

Jawaban sesungguhnya Hanya Tuhan Yang Tahu. Tetapi dari sini setidaknya kita bisa memetik hikmah dan pelajaran. Bahwasanya Tuhan memberikan sinyal dan kode bahwa kita harus menjunjung tinggi toleransi. Hidup berdampingan dengan rukun dan damai.


Hanya setan yang tidak senang dengan perdamaian. Hanya setan yang menginginkan terus terjadi peperangan dan pertumpahan darah. Dan hanya setan yang suka berbuat sombong dan merasa paling benar di antara yang lain.

Dan kalau kita mau berpikir lebih dalam lagi. Mengapa Tuhan menciptakan Setan? Makhluk yang sejak zaman dahulu kala diyakini suka menggoda manusia untuk terjerumus dalam aneka perbuatan keji dan tercela agar bergelimang dosa.

Bukankah hal mudah jika Tuhan membuat setan-setan di muka bumi ini langsung dikurung saja dalam neraka? Lagi-lagi hanya Tuhan yang benar-benar tahu jawabannya. Namun setidaknya dari sini kita bisa ambil bagian dan bijak bersikap. Sebab pada kenyataannya setan juga diberikan hak eksis sampai sekarang. Anggaplah itu sebagai sebuah ujian dari Tuhan. Sebagai penyeleksi mana hamba yang beriman dan pura-pura beriman.

Dan pada intinya, jangan berlebihan hingga dengan mudah berkata kasar dan menjelek-jelekkan agama lain. Sebab kita semua tidak akan pernah tahu seperti apa kehidupan di akhir masa nanti. Tiket Surga dan Neraka mutlak berada di tangan Tuhan, atas seizin-Nya. Tuhan Maha Tahu mana hamba baik dan mana yang pura-pura baik dengan memakai topeng.

Bisa jadi apa yang kita yakini benar ternyata salah, dan bisa jadi pula apa yang kita yakini salah adalah benar. Fokuslah berbuat baik dan menjalankan nasihat kebaikan sesuai ajaran agama masing-masing. Sebab pada hakikatnya semua agama mengajarkan kasih, cinta, perdamaian dan memanusiakan manusia.


Sumber: Asli Pikiran Pribadi Penulis


qisatria
qisatria memberi reputasi
1
2.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.