ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
5 Penyakit Perenggut Nyawa Terbanyak




Setiap orang pasti ingin hidup sehat, tapi tak selamanya kita bisa tetap berada dalam kondisi fit. Ada kalanya tubuh kita akan melemah dan diserang oleh berbagai penyakit dari penyakit ringan hingga penyakit yang tak bisa disembuhkan.

Kebanyakan orang dapat sembuh dari penyakitnya dan kembali beraktivitas seperti biasa namun beberapa orang harus meregang nyawa karna penyakitnya.

Kira kira penyakit apa saja yang paling banyak membunuh manusia?

KARDIOVASKULAR



Kardiovaskular (penyakit sistem peredaran darah) merupakan sistem terpenting dalam tubuh. Jika jantung gagal memompa darah maka kematian dapat terjadi dalam beberapa menit. Penyakit penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular selalu sangat berbahaya. Katakanlah serangan jantung, stroke dan hipertensi.

Dengan pentingnya sistem peredaran darah bagi tubuh maka penyakit yang menyerang sistem peredaran darah dapat dipastikan menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia.

DIABETES



Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan ini memang terdengar sepele, namun yang menakutkan dari penyakit ini adalah gejalanya baru terlihat setelah terjadi komplikasi. Diabetes ditandai dengan kelainan metabolis akibat kurangnya produksi insulin sehingga membuat gula darah menumpuk. Gula darah yang menumpuk akan menjadi sarang dari berbagai penyakit mematikan lainnya.
Tak heran jika diabetes menjadi salah satu pembunuh terbesar di dunia, efek yang dia timbulkan tidak hanya sebatas pada sistem pencernaan namun mempengaruhi banyak sistem ditubuh seperti jantung, ginjal, bahkan penglihatan

PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS (PPOK)



Setiap manusia memerlukan oksigen dan harus bernafas. Itu adalah kebutuhan biologis yang tak bisa dibantah lagi.

PPOK adalah penyakit peradangan paru yang menyebabkan pengidapnya sulit bernafas karna adanya pembengkakan atau lendir yang menghalangi saluran pernafasan.PPOK patut diwaspadai karna gejala penyakit ini baru muncul setelah terjadi kerusakan signifikan selama bertahun tahun.

Bayangkan jika manusia tidak dapat bernafas, maka oksigen dalam tubuh akan berkurang perlahan dan kematian akan terjadi dalam hitungan menit.

TUBERKOLOSIS



Siapa yang tidak tau penyakit ini? penyakit yang lebih terkenal dengan singkatan TBC ini mampu menular melalui percikan air liur di udara. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tubercolosis

Gejala TBC biasanya batuk, hilang nafsu makan, demam, keringat dingin, batuk berdarah, kurang berenergi, nyeri di dada dan batuk berdahak. Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti meningitis, kerusakan sendi, gangguan organ tubuh dan nyeri.

Karna mudahnya penyakit ini menular maka TBC dinobatkan sebagai salah satu pembunuh terbesar di dunia

PENYAKIT HATI



Marah, sombong, iri, dengki. Semua itu adalah penyakit yang berbahaya dan tak terhitung banyaknya orang yang menemui ajalnya karna dikendalikan oleh penyakit penyakit diatas. Tapi penyakit hati yang saya maksud bukanlah penyakit seperti itu melainkan penyakit hati(liver).

Liver merupakan organ tubuh terbesar kedua dalam tubuh manusia (yang pertama apa hayo?).liver berperan penting dalam metabolisme lemak,protein, karbohidrat, hemoglobin, obat obatan, racun dan membantu pembekuan darah. Jika liver mengalami kerusakan maka siapa yang akan mengurus zat zat diatas?

Jika liver tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan gejala seperti hilang nafsu makan,mual, muntah, feses pucat, urin gelap, kulit dan mata menjadi kuning, gatal pada kulit, nyeri perut, dan memar.

Penyakit hati yang paling umum adalah hepatitis dan karna kemudahannya untuk menular maka penyakit hati menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak.

***

Jadi, apa menurut kalian penyakit adalah hal yang sepele? Pikirkan lagi.

Pesan dari saya jagalah kesehatan karna nyawa tak bisa dikembalikan.

Udah itu aja.
Spoiler for sumber:
anasabila
milktoasthoney
pakolihakbar
pakolihakbar dan 15 lainnya memberi reputasi
16
10.8K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.