boru.ngangkangAvatar border
TS
boru.ngangkang
Band Death Metal Medan, Ajak Pecinta Musik Berimajinasi dan Berdiskusi





TRIBUN-MEDAN.com-Dengan lirik-lirik bertemakan kekerasan atau kematian, band-band beraliran death metal mencoba mengajak para pendengarnya berimajinasi, melewati batas pikiran normal. Penyanyi pada vokalis ini kerap bernyanyi seperti menggerutu, bersuara seperti monster dengan iringan petikan gitar dan drum bertempo cepat.

Dengan ciri-ciri bermusik tersebut, band-band beraliran genre death metal memang tidak menyasar kalangan remaja yang menyukai lagu-lagu cinta dan kerakyatan.

Perkembangan musik death metal di dunia memasuki masa jayanya pada tahun 1990- Awal 2000-an. Pada masa itu, di Medan, ada sebuah komunitas band metal terkenal pada zamannya, yaitu Throop of Rhybuck Community.

Komunitas yang digawangi Owed cs ini bermula berdiri pada tahun 1997 dengan beranggotakan band band cadas, perorangan dan para penikmatnya. Kala itu Throop of Rhybuck Community sampai beranggotakan seratusan orang.

"Pada medio 1990-2000-an kan, musik musik metal underground kan sedang jaya-jayanya di Indonesia tak terkecuali di Medan. Kita coba membuat komunitas namanya Throop of Rhybuck, yang artinya pasukan ribak (bahasa batak), atau artinya mainkan habiskan," ujar Owed.

Dikatakan Owed, saat itu banyak band band metal di Medan, Langkat dan Belawan bergabung dan melakukan rekaman bersama di Troop of Rhybuck Community. Lagu lagu satir dan konspirasi dinyanyikan oleh mayoritas teman teman.

Selain memimpin Troop of Rhybuck Community, Owed sendiri merupakan vokalis di bandnya yang bernama Zorboothus, band metal yang memiliki nama besar di kalangan penikmat musik underground lokal.

"Waktu itu lagu lagi kita kan sarkas ya, mengandung unsur unsur konspirasi. Maklum waktu itu kan kita masih muda, pengetahuannya juga minim. Musik yang kita sajikan juga genrenya seperti satanisme gitu," ujar Owed, Sabtu (13/7/2019) sore.

Diakui Owed, para anggota band-band metal lokal dahulu, masih minim pengetahuan. Menyajikan musik tanpa memahami lirik lirik dan maknanya.

"Padahal, di barat, musik metal ini dikaitkan dengan Illuminati. Tapi kita mainkan saja. Mungkin pemahaman kurang waktu itu, apalagi kami kan masih sekolah, ya, enggak paham musik enggak paham ideologi, enggak paham Illuminati," ujar Owed.

Oleh karena itu, banyak Troop of Rhybuck Community yang meninggalkan musik metal. Adapun sebagian yang masih bertahan, tidak lagi membuat lirik-lirik yang dianggap memuja setan atau menduakan tuhan.

Dengan usianya yang beranjak ke 26 tahun, Zorboothus dan teman teman dari Throop of Rhybuck Community masih eksis sampai dengan sekarang. Berbagai aktifitas manggung tetap dilaksanakan seperti perform di kafe-kafe, Pekan Raya Sumatera Utara ataupun pertemuan-pertemuan rutin sesama band metal.

Selain Zorboothus, nama-nama band tersohor di Medan antara lain seperti Muntah Kawat, Fingerprint, Cranium Band, Laknat, Pargochy dan beberapa lainnya.


Aksi Panggung Gigit Hewan Hidup Rowo Rontek

Band death metal asal Belawan, Rowo Rontek punya aksi "gila".

Band yang didirikan pada tahun 2003, saat para personelnya rata-rata masih berusia remaja, bahkan kelas 1 SMA ini menunjukkan aksi panggung menggigit burung merpati dan kelinci hidup-hidup.

Disinggung soal aksi panggung "berdarah" itu, Juna (vokalis) pun tertawa dalam wawancara kepada Tribun Medan. Ia mengakui aksi panggung tersebut memang sangat tidak wajar atau tabu di kalangan penikmat musik ketimuran.

"Jadi kami pelajari dulu sebenarnya menggigit hewan seperti burung merpati ataupun kelinci hidup itu seperti apa. Memang ada jeda sepersekian detik saat digigit baru hewan mengeluarkan darah. Nah sebelum darah keluar, kami sudah lepaskan gigitan," ujar Juna.

Memang sajian Rowo Rontek ini pun dikatakan Juna bergantung pada audiens ataupun pendengarnya. Rowo Rontek hanya menyajikan berita tersebut pada kalangan tertentu saja.

"Kami lihat dulu penontonnya seperti apa. Kalau siap menerima aksi kami, baru kami pertontonkan. Saya akui ini k an haram ya, tapi kita kan menyajikan seni musik. Ada memang ditentang dari organisasi keagamaan, makanya sering kami pertimbangkan saat tampil," ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai honorer tersebut.

Juna mengatakan, personel Rowo Rontek sampai saat ini masih tetap sama. Baginya selama namanya Rowo Rontek, personelnya tetap sama.

Single-single lagu yang disajikan Rowo Rontek diakui Juna memang sedikit ambigu, seperti judul "Surga telah terbakar" dan "Tuhannya iblis Tuhannya kita" yang merupakan hits populer mereka.

"Sebenernya dari lagu-lagu kami itu, kami mengajak penonton atau pendengar berdiskusi. Bukan menikmati lagunya. Kami ingin mengajak mereka nih, berdiskusi di bawah panggung," tukasnya.

Sebagai contoh, makna lagu lagu Tuhannya Iblis Tuhannya Kita juga itu bermaksud memahami bahwa Allah adalah Tuhan kita semua. Imbuhnya, dari judul tersebut banyak persepsi yang ditimbulkan karena tidak berdiskusi.

"Makanya lagu-lagu kami itu sebenarnya berdiskusi di bawah panggung, itu intinya," ujar Juna

https://medan.tribunnews.com/2019/07...-ajak?page=all

Komentar

*Pakai tanduk kambing di kepala dan main gitar listrik nada melengking di depan ribuan orc mukapetak sumut yg jingkrak2 kesetanan*

Dengan suara parau dan irama gothic nyanyi :

"666 belatung liar meliuk liuk di lobang fefek mamak"
"Dengan semburan panas p3ju bernanaaaahhhhh"
"Aku datang ke dunia inii, uooooooo uwooooooo"

Reff: PALAK, PALAK, PALAK
PARKIR, PARKIR, PARKIRRRR

*sambil nyanyi, buka resleting celana jeans depan penonton* (gak pake kolor pulak!)

"Kehancuran era kaum manusiaaaaaaa"
"Terbitnya era kaum orc petaaaaaaakkkk, yeaaaahhh"

Reff: PALAK, PALAK, PALAK
PARKIR, PARKIR, PARKIRRRR

*dengan baik nyembul dari lobang resleting, ayun2 gitar listrik, pukul hancur keyboard*

"YEAAAAAAHHHH, DESTRUCTION, CHAOS, SLAUGHTEEEERRRRRRRR"

"BANTAAAAAIII, CINCAAAAAAAANNNGGG, JARAAAAAAHHH, PERKOOOOOSAAAAAHHHHH, BUNUHHHHHHHH"

"FOR THE HOOOORRDDEEEEE, FOR FUCKTEEEEEEERRRRR"

*ribuan orcs mukapetak jingkrak2 kesetanan sambil teriaaaaakkkkk "FEFEK MAKPETAAAAAAAAKKKK JAYAAAAAAAAAAHHHH"*





























Sudah det metal blom, om ? emoticon-Malu
beyoungcarerock
lyndonbaines
scorpiolama
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.8K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.