Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Games
  • INILAH GAMES JAMAN OLD YANG JADI FAVORITKU. APA AGANSISTA MENGALAMINYA?

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
INILAH GAMES JAMAN OLD YANG JADI FAVORITKU. APA AGANSISTA MENGALAMINYA?
Inilah Games Jaman Old Favoritku, Adakah yang Sama, Agan-Sista?

Membicarakan games permainan waktu kecil sungguh mengasyikkan. Masa kecil adalah masa bermain dan bermain. Penuh keceriaan, kebersamaan, dan canda tawa. Tidak sepeti sekarang istilahnya kid jaman now. Pada asyik sendiri bermain game-game di hape android masing-masing.

Berikut adalah permainan favoritku di jaman aku kecil.

1. Layangan.

Bermain layangan sering aku lakukan di saat habis musim panen padi. H0abis panen sawah-sawah jadi kering, tidak berair. Sehingga aku bisa lari ke sana ke mari untuk memainkan layangan.

Asyiknya main layangan itu, terutama saat diadu. Kalau menang senangnya bukan kepalang. Dan apabila kalah, karena benangnya putih, kita berlari mengejar layangan yang dibawa angin.

Dulu layangan hasil karya sendiri. Bahannya dari plastik kresek atau dari kertas koran. Bentuknya juga monoton hanya belah ketupat.

Kalau sekarang kalau mau main layangan tinggal beli di pasar atau di swalayan. Bentuknya pun juga bermacam-macam. Bahkan ada yang berbentuk 3 dimensi.

2. Gatheng

Adalah pernainan waktu aku kecil. Yaitu dengan menggunakan beberapa kerikil kecil, dan sebuah batu yang agak besar yang disebut 'gacuk/mbok'.

Cara mainya kurang lebih seperti ini;
Dua anak duduk melingkar bisa 2 atau 3 orang. Kerikil yang kecil di sebar, terus batu gacuk dilempar ke atas, selama gacuk terbang ke atas tangan kita mengambil kerikil dengan cara satu-satu. Lempar-ambil kerikil-tangkap batu gacuk dalam satu genggaman bersama kerikil, sampai habis. Bila tak tertangkap batunya, ganti pemain di sampingnya.

3. Nekeran

Nekeran. Sebutan di daerahku. Mungkin lebih familier bila disebut dengan main gundu atau kelereng. Bagi kaum adam permainan tidak asing lagi tentunya. Setiap pemain pasok/iuran beberapa butir kelereng untuk di masukan ke dalam sebuah lingkaran. Adu ketangkasan dalam mengeluarkan kelereng tersebut dengan cara menyentilkan gacuk kita ke dalam lingkaran. Bila ke luar lingkaran gundu tersebut berarti milik kita. Bila tidak kena dalam menembak maka ganti pemain yang lain. Begitu seterusnya.

4. Lompat tali atau Yeye

Di daerahku lompat tali bernama Yeye. Dulu tali terbuat dari ban dalam sepeda/motor yang digunting kecil memanjang seperti tali. Dulu belum banyak ditemukan karet gelang pada seperti saat ini.

Cara mainnya; permainan ini bisa dilakukan oleh beberapa bocah. Ada dua bocah sebagai pemenang kedua ujung tali Yeye yang ditentukan dengan suit. Setiap bocah harus melompati tali. Tali dibentangkan, mulai dari sedengkul sampai setinggi wudel tali tidak boleh kena kaki atau tersenggol. Jika menyenggol tali kena hukuman gantian memegangi tali karet.

Namun saat mulai setinggi dada tali boleh disenggol untuk melompati. Rentang tali semakin tinggi, hingga sampai di atas kepala seperti mengacung. Setelah sampai paling tinggi rentang tali kembalu menurun Begitulah, cara bermain tali di waktuku kecil.

Terima kasih telah menyimak tread dariku. Sampai bertemu di tread selanjutnya. Wassalam
Gambar: Screenshot google
Diubah oleh dalledalminto 23-07-2019 09:22
Cahayahalimah
tata604
tata604 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread16KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.