Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

babygani86Avatar border
TS
babygani86
Cegah Anak Dari Narkoba Dengan Cara Cara Berikut
Bukan rahasia umum bahwa Narkoba sudah merambah ke dunia sekolah.Tak tanggung-tanggung, anak-anak sekolah dasar pun menjadi incarannya. Narkoba bisa menyerang siapa pun, termasuk anak-anak usia sekolah yang masih sangat belia. Tindakan antisipasi orangtua bisa mencegah anak dari barang haram tersebut.

Bayangkan, betapa miris dan hancurnya perasaan orangtua bila mendapati buah hatinya menjadi korban barang terlarang tersebut. Bahkan tak hanya orangtua, masa depan anak pun menjadi taruhannya. Efek samping pemakaian narkoba memang sangat dahsyat. Narkoba (narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya) termasuk golongan bahan atau zat yang jika masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi fungsi-fungsi yang dapat merusak tubuh, terutama otak.

Cegah Anak Dari Narkoba Dengan Cara Cara Berikut

Dalam kasus cokelat Happy Five, misalnya, efek primer yang ditimbulkannya adalah sebagai obat penenang, anti cemas. Sementara efek skunder yang ditimbulkannya adalah efek sedatif, bikin mengantuk, bahkan bisa sampai pingsan. Efek selanjutnya berhubungan dengan kondisi anak. Kalau kondisi fisiknya menurun, bisa terjadi komplikasi. Sementara kalau kondisi tubuhnya sedang sehat, ia bisa ketagihan. Tapi tingkat ketagihan itu terjadi bila telah berkali-kali mengonsumsi.


Quote:


Anak mudah tergoda untuk mencoba barang haram tersebut karena faktor ketidaktahuan. Apalagi barang haram tersebut biasanya dikemas dalam snack narkoba: seperti cokelat, permen, dan makanan lain yang disukai anak-anak. Namun itu bukan satu-satunya pemicu. Banyak kasus narkoba yang bermula karena rasa ingin tahu anak yang kemudian diprovokasi oleh teman sebayanya sehingga mereka tergerak untuk mencoba. Terakhir, anak mudah tergoda, ya karena memang kecanduan sebelumnya.

Namun kelalaian orangtua juga ditengarai menjadi pencetus anak menggunakan narkoba. Ketika orangtua sudah memilih gaya hidup yang tak sehat seperti bermalas-malasan, jauh dari nilai agama, suka bermabuk-mabukan, makan tidak sehat, dan seterusnya, tentu anak menjadi terampas haknya untuk hidup sehat. Dampak selanjutnya, anak menjadi terancam terekspos pada hal-hal yang berisiko. Ini jelas merupakan kelalaian orangtua karena justru tidak melindungi hak anak.

Cegah Anak Dari Narkoba Dengan Cara Cara Berikut

Anak-anak memang sulit membedakan mana makanan yang mengandung narkoba dan mana yang bukan. Apalagi bila narkoba tersebut dikemas dalam bentuk jajanan yang dekat dengan dunia keseharian anak. Namun lagi-lagi ini terkait dengan gaya hidup yang dipilih orangtua. Sulit membedakan tentu tergantung usia dan berapa banyak stimulasi yang sudah diberikan orangtua selama ini kepada anak.

Pada anak usia prasekolah, ketika membaca memang masih menjadi kendala, tentu mereka tak bisa mernbaca ada permen dan cokelat yang bahkan mengandung alkohol, apalagi permen dan coklat yang sengaja disisipkan zat-zat psikotropika. Bahaya alkohol memang tak sedahsyat narkoba. Tetapi bila mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol 10 buah, ya hasilnya bakal over dosis juga.


Quote:


Istilah keracunan, biasa digunakan oleh pihak medis untuk segala zat yang merusak metabolisme tubuh, bisa dari makanan biasa sekitar kita seperti tempe berjamur sampai zat psikotropika, atau permen kadaluarsa. Jadi ini kembali pilihan gaya hidup tadi.

Cegah Anak Dari Narkoba Dengan Cara Cara Berikut

Lantas, apakah keluarga baik-baik atau dengan gaya hidup sehat bisa terhindar dari jeratan narkoba? Sulit menjawabnya. Karena ada yang mengaku berasal dari keluarga baik-baik dan sejahtera namun mengonsumsi narkoba sejak SMP kelas dua di bilangan Menteng. Nah, pilihan pergaulan yang keliru telah menyeretnya memakai narkoba.

Mencegah anak dari narkoba adalah pekerjaan rumah semua orangtua masa kini. Tak mudah memang, tapi tetap mesti dilakukan. Pencegahan penyalahgunaan narkoba seharusnya dimulai dalam keluarga. Keluarga yang sejahtera dengan penuh kasih sayang sebetulnya sudah rnelaksanakan pencegahan.

Lebih konkretnya, hal paling penting dilakukan ialah orangtua perlu memberi contoh dengan menjalankan gaya hidup sehat. Ini penting agar keterampilan menangkal narkoba juga tak hanya teori.Tak hanya itu. Orangtua juga perlu menjalin komunikasi yang hangat dengan anak sehingga akan membuat ia merasa nyaman untuk sharing saat ada masalah. Jadi mereka tak mencari lingkungan luar, karena dari keluarganya sendiri pun sudah dapat memberikan penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi.

Orangtua sebaiknya berhati-hati dalam memberikan uang jajan kepada buah hatinya. Beri pemahaman kepada anak tentang makna uang bekal dan uang jajan. Bimbing anak untuk memutuskan apa yang akan dilakukannya dengan uang tersebut. Tak kalah penting, orang tua juga perlu membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan tentang bahaya dan akibat narkoba. Dengan demikian orangtua bisa mendeteksi dini segala keanehan yang muncul dalam keseharian anak-anaknya. Baik di rumah maupun di sekolah. Selamat mencoba, say no to drugs!

Cegah Anak Dari Narkoba Dengan Cara Cara Berikut


Quote:



Spoiler for Referensi:




tata604
orangemonkey
trifatoyah
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.