alexa-tracking
Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d30cbe368cc9529554867e0/beberapa-permainan-jadul-ini-bikin-sehat-dan-cerdas
Lapor Hansip
19-07-2019 02:43
Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas
Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas



Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat dan Cerdas. Bagaimana Menurut Gansis?




Salam jadul GanSis!

Setelah lama mencari wangsit yang entah ke mana ia pergi, akhirnya saya kembali meramaikan dunia kaskus. 😊

Buat kalian yang mau melanjutkan baca tulisan ini, jangan lupa cendol, bintang juga subcribe ya. Kalau perlu bagikan ke semua teman Agan-Sista.

Kali ini saya mau membahas soal permainan jadul alias jaman dulu. Yang lahir dan besar di era '80 dan '90 an pasti masih ingat dengan beberapa permainan yang bikin gerah banget. Kok bisa?

Yuk kita bahas satu persatu ya ...

1. Gobak Sodor

Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

Gambar : bukubiruku.com


Permainan di atas kalau di daerah saya namanya gobak sodor. Permainan ini lumayan membuat kita gerah alias berkeringat gansis. Bagaimana tidak, jika mainnya saja sambil setengah berlari dari satu blok ke blok selanjutnya. Tapi tetap main cerdas biar bisa mengelak dari lawan yang sedang menjaga pertahanan di tiap bloknya.

Walau biasanya kita main di sore hari, tapi tetap terasa panas. Karena sehabis bermain pasti kondisi badan sudah kumel karena keringat bercucuran. Seperti olah raga kan. Walau begitu, permainan ini tetap menjadi primadona di jamannya.


2. Engklek


Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

Gambar : twitter.com


Nah, di daerah saya permainan ini namanya engklek. Cara mainnya gampang banget gansis. Permainan ini melatih kita untuk tetap seimbang meloncat dengan satu kaki dari satu kotak ke kotak selanjutnya. Tak lupa membungkuk untuk mengambil batu yang kita lempar di setiap kotaknya.

Wah, lumayan bikin gerah kan. Semacam olah raga ya. Karena selain melatih keseimbangan juga melatih kekuatan kaki kita. Jantung pun terpacu lho ... 😊


3. Main Tali

Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

Gambar : matadunia.net


Permainan selanjutnya adalah main tali. Tali yang dipakai ini adalah karet gelang yang dironce atau dirangkai hingga panjang. Jadi lentur banget gansis. Cara mainnya memang tinggal lompat saja.

Akan tetapi, setiap lompatan punya tinggi yang berbeda-beda. Awalnya dari selutut. Tapi ada juga yang dimulai dari semata kaki. Lalu semakin naik hingga akhirnya posisi merdeka. Yaitu si pemegang tali memegang tali dengan posisi tangan ke atas. Lumayang tinggi untuk ukuran bocah waktu itu.


4. Main Masak-Masakan

Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

Gambar : sebutik.com


Sebenarnya main masak-masakan ini tidak ada adu fisiknya. Bahkan dibilang cukup santai. Tapi, karena biasanya kita main di kebun atau halaman belakang rumah yang lumayan panas, jadilah permainan ini semacam spa alami waktu itu.

Dan tahukah kalian apa yang dijadikan bahan memasaknya?

Ini nih bahan-bahan yang dimasak kala itu.

Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

Gambar : akhwatmuslimah.net

Semua bahan itu kita dapet dari kebun lho gansis. Kala itu masih banyak banget tanaman yang bisa dipetik sesukanya untuk mainan. Salah satunya adalah pelepah pisang juga jantung pisangnya. Padahal kalau dimasak beneran, jantung pisang itu rasanya enak. Tapi karena waktu itu jumlahnya bejibun, alhasil untuk yang ukurannya kecil cuma dibuang saja. Jadi bisa kita pakai mainan deh.

Selain kegiatan masak-memasak, biasanya akan terjadi transaksi jual beli. Ya semacam bermain dagang. Ada yang jadi penjual makanan dan ada yang jadi pembelinya. Di sini anak belajar sedikit matematika juga lho.


5. Main Rumah-Rumahan

Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

Gambar : berita.baca.co.id


Ada yang pernah main rumah-rumahan seperti ini? Ya, waktu itu masih jarang sekali ada yang punya lego atau permainan barbie set yang ada rumahnya.

Jadi kala itu lebih banyak anak yang ngumpul bareng untuk main permainan ini. Membuat rumah-rumahan dari tanah yang dikeruk sehingga seperti yang ada pada gambar di atas.

Nah, untuk orang-orangnya memakai gambar bongkar pasang seperti ini gansis.

Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

Gambar : idntimes.com

Permainan rumah-rumahan semacam ini juga melatih kita bermain peran. Jadi anak-anak terlatih bagaimana berkomunikasi dengan baik.


Gimana gansis? Seru sekali bukan permainan jaman dulu. Walau sekarang ada beberapa permainan yang masih dimainkan, tapi bukan menjadi primadona lagi.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya. Semoga bermafaat.

Mari kita ajak anak-anak kita untuk bermain sehat dan cerdas.



Oleh : Yulian Anggita
#belajarbersamabisa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
20-07-2019 00:15
Quote:Original Posted By ceuhetty
saya paling suka main rumah-rumahan sist


Rumah-rumahannya pake tanah juga nggak?? emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Jempol
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
20-07-2019 00:17
Quote:Original Posted By YulianAnggita
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak kok sama ya mb... mainan dulu bikin kreatif krn kebanyakan kita yang nyiptain sendiri dr imajinasi kita... emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Big Kiss

Makanya, permainan anak2 jaman dulu lebih kreatif dibanding permainan anak2 jaman sekarang yang hanya mereka mainkan lewat hape doangemoticon-Jempol
profile-picture
YulianAnggita memberi reputasi
1
20-07-2019 00:17
Quote:Original Posted By ushirota
Ane ga pernah kebagian engklek, cuma ngeliatinemoticon-Cape d...
Karena masih kecil, pas gedean mereka pada ga main engklek lagiemoticon-Cape deeehh


Sekarang mau nyobain main engklek g ?? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Dulu klo yang masih kecil tetap dibolehin ikut main sih. Tapi nggak keitung klo menang. Soalnya cm dianggap penggembira aja...emoticon-Ngakakemoticon-Jempol
profile-picture
ushirota memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
20-07-2019 00:18
Quote:Original Posted By trifatoyah
itu mainanku semua waktu kecil


Wah, kayaknya kita seumuran ya mb. Satu era ... emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Ngakak
0
20-07-2019 00:18
Quote:Original Posted By arikomoto
Kereen. Ane pernah mengalami masa-masa itu.


emoticon-Jempolemoticon-Jempol mantul yak... jadi kangen masa itu nggak?? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
20-07-2019 00:54
Quote:Original Posted By YulianAnggita
Rumah-rumahannya pake tanah juga nggak?? emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Jempol


Iya sist, kadang kursinya bikin dari kertas atau klo lagi males dari pecahan genting aja
profile-picture
YulianAnggita memberi reputasi
1
20-07-2019 04:22
masa kecil yang menyenangkan
profile-picture
YulianAnggita memberi reputasi
1
Lapor Hansip
20-07-2019 04:30
Balasan post YulianAnggita
Quote:Original Posted By YulianAnggita


Sekarang mau nyobain main engklek g ?? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Dulu klo yang masih kecil tetap dibolehin ikut main sih. Tapi nggak keitung klo menang. Soalnya cm dianggap penggembira aja...emoticon-Ngakakemoticon-Jempol


Sekarang mah kaga atuh, bisa kaya orang bego kalo ane nyobainemoticon-Frown
profile-picture
YulianAnggita memberi reputasi
1
20-07-2019 05:53
Quote:Original Posted By YulianAnggita
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak lha iya lupa... wis nambah umur sih...


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak iya...iya...udah tua emoticon-Ngakak
profile-picture
YulianAnggita memberi reputasi
1
20-07-2019 15:24
Quote:Original Posted By dhenokwida
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak iya...iya...udah tua emoticon-Ngakak


Biar kata tua umurnya, tapi semangat tetap muda dong... emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Jempol
0
20-07-2019 15:25
Quote:Original Posted By ushirota
Sekarang mah kaga atuh, bisa kaya orang bego kalo ane nyobainemoticon-Frown


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak nggak lah... kan mainnya sama anak sendiri. Sambil kita mengenalkan permainan yang seru ini...
profile-picture
ushirota memberi reputasi
1
20-07-2019 15:26
Quote:Original Posted By trifatoyah
masa kecil yang menyenangkan


Iya alhamdulillah ya... pernah ngerasain masa kecil yang happy itu sesuatu bangetemoticon-Pelukemoticon-Peluk
0
20-07-2019 15:27
Quote:Original Posted By ceuhetty
Iya sist, kadang kursinya bikin dari kertas atau klo lagi males dari pecahan genting aja


Iya betul. Batu dan kayu pun tak luput dari incaran buat dijadiin perkakas rumah... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
20-07-2019 15:28
Quote:Original Posted By evywahyuni
Makanya, permainan anak2 jaman dulu lebih kreatif dibanding permainan anak2 jaman sekarang yang hanya mereka mainkan lewat hape doangemoticon-Jempol


Iya mb... masih enak klo hidup di desa yang banyak anak kecilnya. Jadi nggak terlalu ketergantungan hp. Banyak temen main di luar rumah... emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1
20-07-2019 15:30
Quote:Original Posted By darth.tytyd
wow jadi inget mantan istri istri an, sampe stalking eh skrang udah jadi lnte


Waduh... ko sampai ke mantan yak...
Dulu temen sepermainan ya... he.he...😂😁
0
20-07-2019 15:31
Quote:Original Posted By jon.sansiro
ada mainan baju2an. wkwkwkwkkw
untuk mengasah imajinasi ane main orang2an waktu masih kecil
koboi lawan saint seiya emoticon-Ngakak


Wadawww... berhubung kita cewek jadi nggak pake saint seiya deh. Tapi itu termasuk salah satu tontonan di tv lho waktu itu... 😁😁
0
20-07-2019 15:32
Quote:Original Posted By arashibirru
Ada kelereng juga, mengasah akurasi. Ada gasing dan yoyo juga, mengasah kelihaian tangan dan timing gerakan. Mantep2 c mainan zaman dulu. Seneng2 bareng, berkembang bareng2, tanpa butuh kuota emoticon-Smilie


Betul banget. Setuju....

Dan permainannya bikin kita sehat juga krn badan jadi aktif. Otak pun ikut aktif... emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
0
20-07-2019 15:33
Quote:Original Posted By YulianAnggita
Iya mb... masih enak klo hidup di desa yang banyak anak kecilnya. Jadi nggak terlalu ketergantungan hp. Banyak temen main di luar rumah... emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sedangkan di desa aja udah mulai terkontaminasi tuhemoticon-DP
profile-picture
YulianAnggita memberi reputasi
1
20-07-2019 17:39
Quote:Original Posted By YulianAnggita
Iya betul. Batu dan kayu pun tak luput dari incaran buat dijadiin perkakas rumah... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Apa aja yang ada di depan mata, sikaaytemoticon-Ngakak
profile-picture
YulianAnggita memberi reputasi
1
21-07-2019 09:25
Quote:Original Posted By slametgentho
dulu mainan gedebog pisang buat jadiin mobil2an.. mengasah imajinasi untuk jadi designer eksterior mobil.. dari yang truck sampe mobil formula..


Agak horor juga sih karena pasti pake pisau atau yg semacamnya. Tapi bikin kita jadi tambah hati2 dan makin lihai memakai macam2 alat tajam...

emoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
slametgentho memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.