Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cattleyaonlyAvatar border
TS
cattleyaonly
Gadis Misterius di Sudut Kelas
Cerpen By Cattleya

Arjuna melintas di kelas XI
MIPA-3. Karena tingginya yang mencapai seratus tujuh puluh sentimeter, dia bisa melihat hampir seisi kelas melalui jendela kaca yang tidak terlalu tinggi.

Matanya tertumbuk pada sosok gadis yang duduk di sudut kelas. Gadis berambut panjang  dikepang dua. Berkacamata bingkai hitam tebal. Gadis itu berdandan seperti siswi di era tujuh puluhan.

Dia menoleh, menatap Arjuna dengan sorot mata benci.  Cowok itu terkesiap. Hatinya tiba-tiba dipenuhi rasa tidak enak.

Arjuna mempercepat langkah menuju kelas XI MIPA-5, kelasnya, kemudian duduk di kursi dengan wajah penuh tanya. Dadanya berdebar-debar.

“Hei, Don Juan, kenapa kau?” tanya Ririe.

“Rie, kamu kenal nggak sama anak MIPA tiga yang rambutnya panjang dan pakai kacamata?” Arjuna balik bertanya.

“Nggak hafal aku sama anak kelas itu, Guys. Memangnya ada apa?”

“Kayak ada aneh-anehnya gitu,” kata Arjuna. Ririe malah tertawa. “Apaan sih, lu!” Arjuna melotot.

“Habis kayak iklan air mineral.” Ririe tertawa lagi. “Nanti aku coba tanya Tania yang sekelas,” kata Ririe kemudian. “Lu penasaran banget sama dia.”

“Tadi nggak sengaja lihat. Tatapannya dingin, seperti sangat membenci gue,” kata Arjuna. “O, ya. Dia duduk di pojok.”

“Jangan-jangan itu mantanmu,” kata Ririe seraya tertawa berderai, bertepatan dengan bel tanda istirahat berakhir.

Guru sejarah masuk kelas. Pelajaran lintas minat. Saat mengantuk bagi Arjuna dimulai. Untungnya Pak Narto, sang guru, tak terlalu memusingkan tingkah siswanya di kelas, atau mungkin juga tidak peduli. Barangkali juga dia sudah hafal tingkah anak-anak di kelas itu yang seolah-olah mendengarkan dengan hikmad dan memperhatikan guru, padahal sebenarnya mengantuk. Bahkan ada yang seolah-olah menulis tapi sebenarnya menggambar wajahnya sebagai tokoh-tokoh kartun. Lebih parah lagi menulis kata-kata cinta untuk seseorang yang ditaksir di lembar belakang buku tulis.

Arjuna tak memperhatikan pelajaran yang diberikan Pak Narto. Terlebih Pak Narto menjelaskannya seperti orang mengantuk. Dia teringat gadis berkepang dua itu. Apakah dia pernah mengenalnya? Ataukah pernah berurusan dengannya? Arjuna mencoba mengingat-ingat. Namun tak mendapatkan hasil.

*** 

Dentang jam dinding berbunyi sembilan kali. Papa dan mama Arjuna telah masuk kamar sepuluh menit yang lalu. Arjuna masih sibuk mengerjakan PR kimia di ruang tengah. Sambil sesekali melihat layar televisi yang menayangkan film laga. Saat Arjuna sedang asyik melihat adegan perkelahian, tiba-tiba muncul wajah gadis berkepang dua itu di layar televisi dengan pandangan yang dingin. Arjuna terkejut. Belum sempat menguasai keterkejutannya tiba-tiba wajah gadis berseragam SMA itu berubah menyeramkan. Matanya melotot, melelehkan darah. Rambutnya awut-awutan.  Kemudian tiba-tiba tampak tergantung pada seutas tali.

Arjuna berteriak keras. Membuat kedua orang tuanya terbangun dan bergegas ke tempatnya.

“Ada apa, Jun?” tanya mama Arjuna gusar.

“Ada hantu di televisi, Ma!” Arjuna masih ‘shock’.

“Elah, Jun. Kalau penakut, jangan nonton film horor!” seru mama Arjuna.

“Filmnya bukan film horor, Ma. Film laga. Tapi tiba-tiba muncul hantu itu. Wajahnya mirip teman sekolah, Jun.”

Papa Arjuna tertawa. “Kirain apa, Jun,” katanya. “Terus, mana sekarang? Tuh, yang ada Arnold!”

Arjuna memandang layar televisi. Adegan Arnold Schwarzenegger sedang bertarung dengan musuhnya. Apakah tadi hanya halusinasinya saja? Arjuna hanya bisa membatin.

Cowok itu bergegas merapikan buku dan masuk ke kamar. Kemudian menghempaskan tubuhnya di ranjang. Sebuah pesan dari grup WA gengnya masuk. Dari Bimo.

[Berhasil bertahan seminggu dengan Ambar, dua jeti Bro!] Bimo menyertakan emotikon tertawa berderet-deret.

Arjuna jadi teringat tantangan yang diberikan gengnya, memacari si culun Ambar dalam seminggu.

[Jagain dua jetinya. Gue pasti menang!] Arjuna mengirim pesan balasan.

[Lu nggak akan tahan.]

[Kita buktikan nanti!]

Tiba-tiba lampu berkedip-kedip, kemudian mati. Arjuna segera menyalakan HP-nya, mencari gambar senter. Begitu melihat langsung diklik. Senter HP menyala. Tiba-tiba sosok mengerikan di televisi itu muncul di hadapannya. Arjuna menjerit. Tapi suaranya mendadak hilang. Sosok itu meraih tangannya.  Pergulatan pun terjadi. Gadis berseragam SMA itu berusaha mencekik leher Arjuna, tapi tangannya berhasil ditepis cowok itu. Perkelahian mereka membuat barang-barang di kamar Arjuna berantakan. Arjuna berharap orang tuanya mendengar keributan itu. Namun lebih sepuluh menit kengerian itu terjadi, tak ada tanda-tanda orang tuanya terbangun.

Tiba-tiba, entah bagaimana caranya, Arjuna telah berada di sebuah kebun karet dan masih dalam cengkeraman makhluk mengerikan itu. Berkali-kali cowok itu berusaha berteriak. Namun tak ada suara yang keluar dari tenggorokannya.

Sekuat tenaga Arjuna melawan, namun sia-sia. Tenaganya semakin lama semakin lemah. Dia menyerah. Mungkin ini takdir hidupnya. 'Tuhan, ampuni aku,' desisnya dalam hati. Dia pun pingsan.

*** 

Subuh sudah berlalu satu jam yang lalu, namun mama Arjuna belum melihat anaknya keluar dari kamar. Wanita itu pun mengetuk kamar Arjuna, menyuruh cowok itu bangun. Namun tak ada jawaban. Mama Arjuna membuka kamar. Terlihat kamar yang berantakan seperti kapal pecah. Wanita paruh baya itu merasa heran, karena biasanya kamar Arjuna selalu rapi. Segera wanita itu memanggil-manggil nama anaknya sambil mencari di semua ruangan. Namun tak menemukan yang dicari. Dia pun menuju halaman depan dan samping, tetapi tak ada Arjuna di sana. Wanita itu menjadi panik. Berteriak memanggil suaminya dan mengatakan Arjuna hilang.

*** 

Sudah sehari Arjuna menghilang. Orang tuanya melaporkan kepada polisi. Belum lama polisi bekerja, didapatkan titik terang. Seorang pekerja perkebunan menemukan Arjuna dalam keadaan lemah dan kebingungan di kebun karet. Polisi membawa cowok itu ke kantornya.

Orang tua Arjuna segera menjemput anaknya, kemudian membawa pulang.

“Apa yang terjadi dengan dirimu, Jun?” tanya mama Arjuna dengan linangan air mata kecemasan sekaligus kebahagiaan karena anaknya telah ditemukan.

Arjuna pun menceritakan kisahnya dari awal, saat melihat gadis berkepang dua di sudut kelas itu.

Orang tua Arjuna pun memanggil seorang kyai untuk memberikan doa. 'Memagari' anaknya agar tak diganggu hantu itu lagi.

Pada kesempatan itu Pak Narto pun datang menjenguk. Pria itu tampak termenung ketika mendengar kisah yang di alami muridnya.

Pak Narto terkenang peristiwa dua puluh tahun silam, kala lelaki itu baru menjadi guru.

“Apakah wajah gadis Itu seperti ini?” kata Pak Narto sambil menunjukkan sebuah foto di ponsel. Foto lama yang dia pindai dan simpan di HP. Diambil kala sekokah mengadakan lomba di hari Kartini.

Arjuna tersentak melihat foto itu. “Ini cewek itu, Pak. Cewek yang saya lihat di kelas XI MIPA-3,” kata Arjuna. “Dia siapa, Pak?”

Maka berkisahlah Pak Narto tentang gadis itu.

“Dia bernama Martha. Mencintai siswa tampan  dan populer di sekolah yang bernama Anton. Kau tahu, Anton wajahnya mirip denganmu!” Arjuna tersentak. Kedua orang tuanya pun kaget. “Dia dipermalukan oleh Anton dan gengnya. Anton memacari dalam seminggu, menjawab tantangan gengnya. Kemudian di batas waktu tantangan Anton memutuskannya, disaksikan seluruh anggota geng. Martha dihina dan ditertawakan.” Mata Pak Narto meredup. “Gadis itu depresi, lalu gantung diri.”

Arjuna menelan ludahnya yang tiba-tiba terasa pahit. Dia sekarang mengerti, kenapa Martha mendatanginya. Dia tak ingin ada gadis lain yang bernasib buruk seperti dirinya.

*** 

Pagi itu Arjuna memasuki kelasnya dengan lesu. Ririe mendekati.

“Kata Tania, bangku di pojok itu kosong. Gak ada gadis di kelasnya yang pakai kacamata,” cerocos Ririe.

“Iya, gue udah tahu,” jawab Arjuna.

“Yeee ... tahu gitu nggak usah capek-capek gue tanya Tania,” gerutu Ririe. “Eh, lu kemarin kenapa gak sekolah?”

“Ada, deh.” Arjuna menjawab sekenanya.

“Denger-denger, lu hilang,” kata Rierie. “Lu hilang beneran apa cuma takut karena gak bikin PR Kimia?”

Sebelum Arjuna menjawab,dua anggota gengnya masuk kelas.

“Gimana, Bro, siap siang ini?” tanya Anggito.

“Nggak. Gue mundur!”

Anggito tertawa keras. “Gak nyangka, lu segampang itu menyerah. Gimana kalau sama Andien?”

“Pale lu peyang!” kata Bimo sambil menoyor kepala Anggito. “Kalau Andien sih semua cowok di sekolah ini juga mau!”

Bel tanda masuk berbunyi. Arjuna mengikuti pelajaran fisika dengan hati yang tenang. Rasanya keputusan yang dia ambil sudah benar. Tak ada main-main jika itu mempermainkan manusia yang lain.

Tak terasa sudah masuk jam istirahat. Arjuna berjalan ke arah kantin, melewati kelas XI MIPA-3. Melihat bangku di sudut, dari jendela kaca. Gadis berkacamata itu duduk di sana, melihat ke arahnya. Arjuna terkesiap. Jantungnya berdebar kencang. Gadis itu tersenyum pada Arjuna, kemudian bayangnya menghilang.

Sebuah tepukan di pundak mengagetkan Arjuna. “Eh, Tania. Salam kek, ini main tepuk aja.” Arjuna bersungut-sungut.”

“Bangku itu kosong, Jun. Gue udah bilang sama Ririe.”

“Iya, gue tahu,” jawab Arjuna. “Ke kantin, yuk!”

“Lu yang traktir, ya?”

“Beres!”

‘Terkadang, pelajaran harus diberikan dengan keras, agar aku mengerti,’ gumam Arjuna dalam hati. Dia melirik sekilas bangku di sudut kelas Tania. Kosong!

Tamat
Diubah oleh cattleyaonly 06-09-2019 09:48
DeYudi69
iissuwandi
anasabila
anasabila dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.