• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Anda Tipe Penakut? Yuk Simak Beberapa Tips Menghadapi Rasa Takut Berikut Ini!

evywahyuni
TS
evywahyuni 
Anda Tipe Penakut? Yuk Simak Beberapa Tips Menghadapi Rasa Takut Berikut Ini!
Ingat! Ketakutan, bukanlah akhir segalanya




Hai ... hai, berjumpa lagi nih dengan ane di trit yang berbeda kali ini. Seperti biasa ane mencoba menyajikan topik bahasan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga informatif dan edukatif tentunya.

Kali ini ane mencoba membahas beberapa tips menghilangkan rasa takut yang kadang berlebihan ada pada diri kita. Jujur ane juga penakut sebenarnya, tetapi semua ketakutan itu rupanya hanyalah ditimbulkan dari dalam diri kita sendiri. Dari alam bawah sadar kita yang telah ditanamkan mungkin ... yah mungkin sejak kita kanak-kanak, atau ketakutan yang tertanam karena trauma di masa lalu.

Rupanya rasa takut bukan berarti kita lemah, lho gan en sis. Ketakutan itu ternyata adalah bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup. Rasa takut yang membantu kits menyadari adanya bahaya sehingga muncul keinginan untuk menjauh dan untuk melindungi diri dari bahaya tersebut. 

Nah, berikut ini beberapa tips cara ampuh menghilangkan rasa takut pada diri sendiri yang bisa agan dan sista coba mulai dari sekarang.


1. Ketahui Penyebab Rasa Takut

Berikut beberapa penyebab rasa takut yang kebanyakan dialami oleh seseorang:

1. Ketinggian.
2. Kesendirian.
3. Gelap.
4. Tempat angker.
5. Makhluk halus.
6. Kegagalan.
7. Penyakit.
8. Intimidasi seseorang.
9. Perasaan cemas, tegang dan grogi.
10. Perasaan phobia.


2. Mengingat Tuhan Yang Maha Esa

Ingat bahwa Tuhan yang menciptakan segala sesuatu yang ada didunia ini. Jadi, ketika kamu takut akan sesuatu, mengingat Tuhan dan berdoa kepada-Nya menjadi hal yang wajib agan dan sista lakukan.

Jangan lupa senantiasa tanamkan dalam pikiran kita bahwa segala sesuatunya tidak akan berjalan tanpa seizin-Nya, segala ketakutan dan keberanian semua bersumber dari-Nya. Maka, jangan pernah luput dari mengingat-Nya.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Yah, namanya juga ingin berubah pasti butuh proses, kan. Anda bisa memulainya dengan menghilangkan pikiran negatif yang membuat Anda takut dan cobalah untuk belajar mengatasi perasaan takut agar Anda berani menghadapi apapun.

4. Keluarlah dari Zona Nyaman

Memang keluar dari zona nyaman bisa membuat Anda merasa terus khawatir. Apalagi jika Anda ragu dengan keputusan tersebut. Jika Anda berani melakukannya, maka Anda bisa menghilangkan rasa takut yang Anda rasakan.
Ingat bahwa berani mengambil resiko untuk sesuatu yang lebih baik bukanlah suatu kecerobohan. Ini lebih tepat disebut langkah terbaik untuk meraih kesuksesan.

5. Selalu Berpikiran Positif

Perasaan takut muncul akibat pikiran negatif lebih kuat menyerang Anda. Apalagi jika Anda sedang melakukan suatu kesalahan. pikiran negatif akan semakin membuat Anda merasa gugup, cemas dan khawatir berlebihan.
Bagaimana cara mengatasinya? Cobalah untuk melawan rasa takut tersebut dengan mengubah hal negatif menjadi pikiran positif.


Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.


Quote:

Sebenarnya dengan adanya rasa takut, Anda akan lebih berhati-hati dalam menghadapi sesuatu. Akan tetapi, Anda juga tidak perlu menghindarinya terus-menerus. Satu-satunya jalan adalah melawan rasa takut itu sendiri. Anda harus bisa memotivasi diri sendiri agar mampu menghilangkannya.

Keyakinan pada diri sendiri sangat berpengaruh dalam mengatasi rasa takutmu. Kuatkan dalam hati, setelah berupaya dalam mencoba satu persatu jalan suksemu terbuka.

Sebelum melakukan sesuatu, biasanya kita menerka hal-hal yang akan terjadi. Namun kebanyakan orang berpikir tentang hal yang tidak baik. Sebaiknya sebelum memcoba penuhi pikiranmu dengan hal-hal positif. Karena tanpa disadari pemikiran negatif akan membuang energi positif.


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Sumber sini,sini dan di sini.
actandproveadnanamiistijabah
istijabah dan 26 lainnya memberi reputasi
27
12.7K
257
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.