Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IndriaandrianAvatar border
TS
Indriaandrian
Mengenal Jagung Aneka Warna
Jagung Unik dengan Warna Pelangi


Pict by Business Insider


Jumpa lagi gansis, kali ini saya tertarik dengan jagung unik yang akhir-akhir ini sedang booming.
Biasanya jagung identik dengan warna kuning atau merah, jagung ini mempunyai banyak macam warna, sekilas seperti jagung mainan, namun ternyata ini jagung asli, tanpa tambahan bahan pewarna juga bisa dimakan.

Glass Gem Corn Rainbow atau jagung warna, disebut juga jagung Rainbow, jagung Colorful ornamental, jagung multiwarna. Jagung dengan warna merah, putih, hitam, ungu, biru, putih, bahkan ada dalam satu tongkol bisa terdapat beberapa warna yang berbeda.


Pict. By Business Insider


Jagung warna ini bukanlah jagung dengan warna yang alami, namun merupakan hasil perubahan gen jagung yang dikembangkan Carl Barnes seorang petani lokal dari Oklahoma, Amerika Serikat. Carl adalah seorang keturunan indian Cherokee, baginya jagung adalah budidaya warisan dari suku Indian yang harus dilestarikan.

Ide Carl bermula saat panen dia menemukan jagung dengan kondisi tidak biasa, jagung tersebut menpunyai warna terang dan bersinar terkena paparan sinar matahari. Carl tergerak untuk dapat membudidayakan jagung untuk menghasilkan varietas baru.

Carl mengumpulkan berbagai habitat jagung dengan warna yang berbeda kemudian mencoba menanamnya dengan melakukan persilangan.
Membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sampai akhirnya berhasil didapatkan jagung dengan puluhan warna warni berbeda pada bulir jagungnya.

Pada usia senjanya Carl memberikan koleksi jagungnya pada sahabatnya Greg Schoen yang kemudian mengembangkannya, selanjutnya oleh Greg benih jagungnya dititipkan pada Seed Trust. Bill McDorman selaku pemilik Seed truth, kemudian menanam jagung tersebut dan menjualnya melalui Native Seed/SEARCH, Organisasi nirlaba yang didirikan untuk melindungi warisan agrikultur asli Amerika.

Di Indonesia, jagung berwarna warni pun ternyata telah berhasil dibudidayakan. Luki Lukmanulhakim seorang petani dari Cianjur, berhasil membudidayakan jagung yang unik ini.





Jagung berwarna milik Luki dibudidayakan di sebuah lahan seluas 3 hektar di perkebunan di kampung Lebak Saat, desa Cirumput, kecamatan Cugenang, Cianjur Jawa Barat. Banyak orang yang sudah berkunjung dan menyaksikan sendiri keberadaan jagung tersebut.

Awal mulanya Luki mendapatkan 4 macam benih jagung yang berwarna merah, ungu, hitam dan putih, yang dibeli melalui internet dari Chili dan Equador. Kemudian Luki menanam benih tersebut dengan cara silang campur, sehingga berhasil mendapatkan 12 varian jagung baru.



Menurut Luki, jagung ini merupakan produk yang potensial, bila dibandingkan harga jagung biasa berkisar 2rb/kg, untuk jagung warna harganya berkisar 9rb/kg.

Secara produksi, waktu panen jagung warnapun hanya sekitar 2 bulan, sementara untuk jagung biasa berkisar 3 sampai 4bulan baru bisa panen.

Secara rasa jagung warna/ jagung pelangi ini tidak serenyah jagung manis, namun lebih pulen dari jagung biasa. Meski rasanya anyep dilidah, namun jagung ini menpunyai kkasiat yang baik untuk kesehatan.

Jagung warna mempunyai kadar gula yang rendah sehingga baik untuk penderita diabetes dan hipertensi, kandungan proteinnyapun lebih tinggi dari jagung biasa.

Dengan harga yang tinggi dan waktu panen yang relatif lebih singkat, juga kandungan didalamnya, produk jagung warna/jagung pelangi ini bisa jadi akan menjadi produk yang menjanjikan untuk kedepannya.

Bila gansis tertarik bisa datang langsung keperkebunan pak Luki Lukmansyah si Cianjur, atau membelinya melalui internet.

Demikian tentang jagung warna pelangi. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Cendol, rate, komen akan sangat berharga buat ane

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumber&pict:
link 1
link 2
link 3
link 4
Diubah oleh Indriaandrian 17-07-2019 09:11
rykenpb
Rapunzel.icious
Laditachuda
Laditachuda dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.