Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!


Setiap anak memiliki karakter dan kepribadian masing-masing, GanSis. Lingkungan keluarga dipercaya sebagai hal utama yang bisa membentuk karakter dan kepribadian anakmu loh. Tumbuh dalam lingkungan yang baik akan membuat sang anak tumbuh dan berkembang dengan sangat baik pula, GanSis. Biasanya mereka memiliki rasa percaya diri, semangat dan juga kebahagiaan yang berlimpah. Tapi sayangnya, tidak sedikit pula anak-anak yang justru merasa kurang percaya diri, minder, mudah takut, mudah khawatir dan sejenisnya.

Agan dan Sista pasti tau kan kalau hal utama yang membentuk karakter anakmu adalah lingkungan keluarga, terutama kalian para orangtua. Para ahli menemukan bahwa, orangtua berperan besar terhadap perkembangan mental sang anak loh. Selain itu, sikap orangtua juga berperan sangat penting dalam membentuk rasa kepercayaan diri sang anak atau sebaliknya yakni rasa minder.
Berikut ini terdapat beberapa sikap orangtua yang justru bisa menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi mudah minder, kurang percaya diri bahkan terisolasi dari lingkungan sepermainannya.



Orangtua Keras Kepala



GanSis, kalian jangan sampai menjadi orangtua yang keras kepala ya. Karena sebenarnya orangtua yang memiliki sifat keras kepala dan egois sangat berpengaruh terhadap perkembangan anakmu loh. Dengan menjadi orangtua yang keras kepala dan egois bisa menyebabkan anakmu merasa minder di hadapan orang lain, GanSis. Apalagi ketika anakmu mendengar tentang sikap keras kepala dan egois orangtuanya dari oranglain yang membicarakan orangtuanya di belakangnya, pasti rasa minder sang anak menjadi semakin besar, deh.


Bertengkar di Depan Anak



Setiap hubungan pasti memiliki masalah, baik masalah kecil ataupun masalah yang besar. Tak terkecuali pertengkaran antara suam dan istri yang tak bisa terhindarkan. Tapi lebih baik, sebesar apapun masalah yang kalian hadapi, jangan pernah menyelesaikannya dengan cara bertengkar di depan anakmu ya, GanSis. Karena orangtua yang sering bertengkar di depan anak hanya akan meningkatkan risiko anak menjadi pribadi yang minder dan merasa sangat sedih. Selain itu, bertengkar di depan anak juga akan membuat sang anak merasa takut dan merindukan keluarga lain misalnya saja keluarga temannya yang orangtuanya sabar, penuh kasih sayang dan tidak pernah ada masalah di dalamnya.


Memarahi Anak di Hadapan Orang Lain



Tak bisa dipungkiri bahwa anakmu pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi sebesar apapun kesalahannya, jangan pernah memarahinya di hadapan orang lain ya, karena hal ini hanya akan membuat anakmu merasa minder karena merasa harga dirinya turun. Syukur-syukur kalau anakmu menjadi penurut, tapi sayangnya memarahi anakmu di depan umum hanya akan membuat dia menjadi pribadi yang semakin bandel dan pembangkang. Jadi jangan pernah lakukan ini deh GanSis, karena bisa-bisa anakmu malah dendam ke GanSis sebagai orangtuanya.


Menertawakan Anak



Ketika anak terjatuh atau melakukan kesalahan lainnya dan orangtua malah menertawakannya, ini juga akan membuat harga diri anakmu turun, GanSis. Hal ini akan membuat anakmu merasa trauma hingga merasa ketakutan atau minder. Karena menertawakan anakmu hanya akan menurunkan rasa percaya dirnya, GanSis.



Itulah beberapa sikap orangtua yang bisa menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi minder, kurang percaya diri dan kurang nyaman dengan dirinya. Selain sikap di atas, sikap orangtua lain yang bikin anak minder adalah orangtua mengolok-olok anak, orangtua ingin menang sendiri di depan orang lain, orangtua membantah nenek atau kakeknya, orangtua tidak bisa mengontrol emosi dan masih lagi.

Jadi, usahakan untuk mengasuh dan merawat anakmu dengan penuh kesabaran dan kasih sayang ya GanSis. Kalaupun anakmu melakukan kesalahan, GanSis sebagai orangtua juga harus tegas dan menasehatinya.



SUMBER
Diubah oleh hayosayasiapa 10-07-2019 10:11
nona212
trifatoyah
erina79purba
erina79purba dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.6K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.