beritapalestinaAvatar border
TS
beritapalestina
Sultan Pastikan Tak Ada Tol Penghubung ke Bandara Baru Yogyakarta
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X tidak ingin ada jalan tol penghubung ke Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) yang ada di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Jalan tol dikhawatirkan tidak banyak memberikan manfaat kepada masyarakat. Hal ini berbanding terbalik dengan niatan membangun bandara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau medun airport ditampani tol, Yogya oleh opo? Kan ngga dapat apa-apa. Makan aja enggak,” terang Sultan usai menghadiri syawalan dengan Pemkab Kulonprogo di Taman Budaya Kulonprogo, Rabu (19/6/2019).

Aksesibiitas dan konektivitas, YIA, masih bisa dijangkau dengan moda transortasi yang lain. Saat ini bisa ditempuh dengan jalur yang sudah ada dan kereta api dan sutle. Saat ini juga tengah diupayakan diupayakan pembangunan jalur kereta api ke bandara.

Banara, kata Sultan, diharapkan menjadi daya ungkit untuk meningkatkan perekonomian warga. Jika ada jalur tol, dikhawatirkan pengguna jasa penerbangan hanya akan lewat di Kulonprogo. Di Kota Yogyakartapun hanya akan dilewati dan tidak ada yang mampir.

“Kalau bermanfaat, ya mari kita bicara. Tapi kalau hanya untuk digaris, masyarakat Kulonprogo tidak dapat apa-apa, ya untuk apa,” terang Sultan.

Pemerintah DIY, juga terus menggelontorkan dana untuk mendukung akses dan infrastruktur. Salah satunya jalur bedah Menoreh untuk menghubungkan bandara dengan Candi Borobudur.

“Harapan saya, kabeh rampung. Tapi yang tahu persisnya Pak Bupati. Saya kan hanya berpartisipasi saja,” pungkas Sultan.

Sementara itu BUpati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, Bandara YIA sudah beroperasi sejak Mei 2019. Saat ini baru ada beberapa penernbangan saja yang ada di YIA. Namun geliat ekonomi sudah mulai terasa.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada pertumbuhan ekonomi di Kulonprogo sebesar 10,6 persen. Ini menjadi angka tertinggi dalams ejarah di Kulonprogo. Sedangkan pengangguran hingga 2018 menurun ke level 1,4 persen.

“Dengan tersedia lapangan kerja, pengangguran turun, harapan saya kesejahteraan warga meningkat,” terangnya.

https://economy.okezone.com/amp/2019...aru-yogyakarta

jadi maksud sultan tuh kalau org mau kebandara tu mampir mampir dulu sepanjang jalan..alon alon asal kelakonemoticon-Big Grin





bisnis saya tanah...





bisnis gw lg jaya..


hrg tanah milik gw menggeliat ,byk yg mau bikin mal dsb




rugi dong kalau tanah gw,gw jual keepmerintah utk tolemoticon-Big Grin
Diubah oleh beritapalestina 17-07-2019 00:27
petani.syusyu
pemburu.kobokan
rizaradri
rizaradri dan 21 lainnya memberi reputasi
14
7.3K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.