alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/58986fd2ddd770cc458b4576/kaskus-android-lounge---part-2
Lapor Hansip
06-02-2017 19:45
Kaskus Android Lounge - Tempat Santai User Forum Android
Kaskus Android Lounge - Part 2



Quote:

Pengenalan Lebih Dekat Dengan Android


Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya.

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Quote:

Android versi 1.1


Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.


Quote:

Android versi 1.5 (Cupcake)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Quote:

Android versi 1.6 (Donut)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.


Quote:
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.


Quote:

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Quote:

Android versi 2.3 (Gingerbread)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Quote:

Android versi 3.0 (Honeycomb)


Kaskus Android Lounge - Part 2


Android 3.0 adalah versi yg secara khusus dioptimalkan untuk gadget dengan layar lebar, khususnya, dan yaitu tablet. Dalam versi ini diperkenalkan desain UI yang baru, virtual dan holografis tapi juga elegan dengan model interaksi memfokuskan pada konten.

Dalam versi ini Google membuat multitasking, notifications, Home screen customization, widgets, dan yang lainya juga menjadi lebih interaktif, vibrant, dan memberikan pengalaman 3D tapi tetap familiar dan juga lebih baik dari sebelumnya

Perubahan-perubahan yang dilakukan di versi ini antara lain pada System Bar (di bagian global status dan notifikasi), Action Bar (di bagian application control), customizable Home screens, recent Apps (untuk multitasking yang lebih mudah), keyboard (di desain ulang agar mengetik bisa lebih cepat dan akurat), text selection (copy dan paste yang lebih baik lagi), opsi connectivity yang baru, browser, camera dan gallery, contact, dan email.

Semuanya itu ditujukan agar lebih maksimal di dalam tablet. dan memang versi ini sampai saat versi 4.0 resmi diumumkan hanya beredar dan dipakai di tablet
Diubah oleh rifkonhakiki
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 109 dari 112
16-07-2019 14:00
Halo, ada yg punya info list harga trade in Galaxy A80 nggak ya? 😱
Pake aplikasi laku6 trade in hape ane ga ada tafsir harganya 😂
0
17-07-2019 09:43
Quote:Original Posted By Qivfuk
Ya kali aja bs gan. emoticon-Embarrassment Lagian cm sistem install aplikasinya doang. Misal mau install aplikasi dia selalu minta password. emoticon-Big Grin


Coba ente beli iphone kw aj gan yg modelnya iphone tapi osnya android emoticon-Hammer2
0
17-07-2019 09:45
Quote:Original Posted By Qivfuk
Ya kali aja bs gan. emoticon-Embarrassment Lagian cm sistem install aplikasinya doang. Misal mau install aplikasi dia selalu minta password. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By SkyQaz
Coba ente beli iphone kw aj gan yg modelnya iphone tapi osnya android emoticon-Hammer2


Ya Allah.. emoticon-Ngakak

Nikmat Xiaomi mana lagi yg kamu ingkari?
0
17-07-2019 09:48
Quote:Original Posted By autish_kid
Permisi Gan mau numpang tanya, ini Kan ane kemaren update ke pie dari oreo gan, nah ko abis itu sinyal ane langsung ga ada ya gan? Ada yg pernah ngalamin gitu juga kah setelah update sinyal langsung ga ada dan solusinya gmn? Mohon pencerahan agan2 dimari, makasih


Cba masuk recovery gan , terus wipe CACHE SAJA, jgn wipe yg lainnya
Kemudian reboot
0
17-07-2019 10:53
Quote:Original Posted By SkyQaz
Coba ente beli iphone kw aj gan yg modelnya iphone tapi osnya android emoticon-Hammer2


Ane udah punya yg ori gan, ane mah ga maen yg KW2. Klo miskin ya miskin aja, ga usah berlaga kaya. Dr pd berlaga kaya nanti di bully netijen kan. emoticon-Embarrassment
Lagian yg ane butuhin cm model sistemnya doang, bkn tampilan ky ipin. Berarti situ ga paham yg ane bahas. emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By ezeryn
Ya Allah.. emoticon-Ngakak

Nikmat Xiaomi mana lagi yg kamu ingkari?


Ya Play Storenya doang. Dulu Samsung ngeluarin OS yg storenya ky App Store, tp sayang ga laku di pasaran. Pdhl sistemnya dah bagus. emoticon-Mewek
Diubah oleh Qivfuk
profile-picture
erwaleste memberi reputasi
1
17-07-2019 12:01
gan mi band 4 yg di toko online cuma masalah bahasa doang ya?

apa mending nunggu rilis resmi di indo?
emoticon-Bingung
0
Lihat 1 balasan
17-07-2019 12:11
Quote:Original Posted By Qivfuk
Ane udah punya yg ori gan, ane mah ga maen yg KW2. Klo miskin ya miskin aja, ga usah berlaga kaya. Dr pd berlaga kaya nanti di bully netijen kan. emoticon-Embarrassment
Lagian yg ane butuhin cm model sistemnya doang, bkn tampilan ky ipin. Berarti situ ga paham yg ane bahas. emoticon-Embarrassment



Ya Play Storenya doang. Dulu Samsung ngeluarin OS yg storenya ky App Store, tp sayang ga laku di pasaran. Pdhl sistemnya dah bagus. emoticon-Mewek

Iya dah selamat ngayal gan emoticon-Malu (S)
profile-picture
aldykadifa memberi reputasi
1
17-07-2019 15:10
ram 6GB, mainnya angry birdemoticon-Nohope

kenapa tablet windows gak punya spek gini sih.. jauh lebih berguna malah..
0
Lapor Hansip
17-07-2019 15:33
Balasan post devorsak
@devorsak Baikkk gan, terima kasih banyak ya informasinya.
Akhirnya ane flashing ulang lagi sekalian update ke MIUI yang terbaru.
Thank you Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-2 Jempol
0
Lapor Hansip
17-07-2019 23:04
Balasan post BabyUltraRaptor
Quote:Original Posted By BabyUltraRaptor
Halo agan agan,

Adakah rekomendasi tempat perbaiki HP yang familiar / jago nangani Xperia Flagship di jakarta?
HH ane Xperia XZ1 Compact, odi depannya hampir copot karena pemakaian kasar + hpnya udah dikit dikit overheat...

Ini HP niche banget, thread di kaskusnya ada ora ada... derita pengguna sony


Bump gan, sudah urgent perlu bongkar, kamera ane dalamnya sudah banyak debu, hasil kamera jadi jelek...
0
Lapor Hansip
18-07-2019 11:34
Balasan post acito
@acito sama sama gan hehe berbagi itu Indah plng tdk dapat agan dpt satu ilmu baru hehe
profile-picture
acito memberi reputasi
1
18-07-2019 14:36
Quote:Original Posted By Bajunks
Gimana pendapat para user hp non resmi dgn rencana kebijakan pemblokiran imei hp non resmi dari pemerintah


Ane pengguna non resmi yg barusan balik lagi ke hp resmi. Bukan krn masalah peraturan kementerian, tp memang krn hh ane dah harus ganti.
Di yutub ada video content creator review hp yg mewawancarai pihak kementerian masalah peraturan tsb. Dan ternyata tanggal 17 agustus besok sekedar penandatanganan peraturan saja. Jadi belom dijalankan. Bahkan mereka pun belom tau kapan peraturan tsb dilaksanakan. Kata mereka ada kemungkinan pelaksanaannya masi lama skali, bisa smpe setahun. Dan mereka pun mengatakan utk penggunaan hape non remsi tidak semata-mata lgsg terblokir setelah peraturannya jalan. Ada kemungkinan diadakan pendaftaran imei bagi yg beli di/dari luar negeri dengan jumlah maksimal hp 2 unit. Dan mungkin jg tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran katanya.....

Kita tunggu saja peraturan fix nya gimana. Tapi mereka bilang pastinya tidak akan menyusahkan pengguna dan pelapak hp non remsi
profile-picture
erwaleste memberi reputasi
1
Lapor Hansip
19-07-2019 13:11
Balasan post Bajunks
harusnya dr dulu dilakukan..
enak aja masuk indo ga bayar pajak ga bikin pabrik dsini..
qt dulu pernah beli siomay r3prime bm..
dan chargernya kw emoticon-No Hope
mau komplain kemana? ribet amat mesti kirim ke jkt...
0
19-07-2019 13:17
Quote:Original Posted By icecool87
harusnya dr dulu dilakukan..
enak aja masuk indo ga bayar pajak ga bikin pabrik dsini..
qt dulu pernah beli siomay r3prime bm..
dan chargernya kw emoticon-No Hope
mau komplain kemana? ribet amat mesti kirim ke jkt...


penyelundupan (impor ilegal) itu teguran pasar atas irasionalitas politik...

atau sisi lain hukum ekonomi, tegurannya thd irasionalitas pasar?
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
19-07-2019 13:20
Balasan post ezeryn
irasionalitas pasar?
agan mau org2 indo cuma jdi konsumen?
sedangkan india aja bisa paksa apple dll buat pabrik disana...
indo juga harus tegas..
sama kaya india dan cina...
0
19-07-2019 18:17
Halo, maaf kalo saya salah kamar, saya cuma pengen tau apakah bisa UI os android terbaru menggunakan ui lg optimus jaman android froyo? Saya pengen buat UI tadi jadi UI bawaan os custom rom jadi bukan berupa aplikasi tambahan tapi sudah tersemat langsung kedalam rom kaya zenUI, oneUI, senseUI, etc. Suatu langkah mundur memang tapi saya ngerasa tampilannya lebih unik dan menarik aja gitu UI android jadul gitu dipakein ke android terbaru, mungkin karena sudah bosan dengan UI yang modern.

Ada saran saya harus belajar darimana dan kemana harus mempelajarinya? Saya masih buta bahasa pemrograman soalnya.

Sekali lagi maaf kalo saya salah kamar, saya cuma pengen mempelajari hal baru tapi belum tau harus belajar dimana dan kemana, karena kalo kursus saat ini masih terkendala masalah biaya.
Diubah oleh hanif95
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-07-2019 09:29
Balasan post acito
@acito sama sama gan
profile-picture
acito memberi reputasi
1
Lapor Hansip
20-07-2019 09:32
Balasan post hanif95
android Froyo kan yang lama plng custom rom dr google play atau lbh extreme custom rom dr rom tidak resmi garansi akan hilang gan mikir lagi gan kalo mw kerjakannya
0
20-07-2019 15:27
Quote:Original Posted By devorsak
android Froyo kan yang lama plng custom rom dr google play atau lbh extreme custom rom dr rom tidak resmi garansi akan hilang gan mikir lagi gan kalo mw kerjakannya


Maksud saya User Interfacenya saja yang menyerupai froyo gan, romnya tetap menggunakan android nougat/oreo/yang terbaru.
Garansi tidak masalah hilang karena device saya sudah tidak tercover garansi lagi karena garansi sudah habis gan.
0
22-07-2019 10:00
gan, ane mau tanya.
kakak ane rencana mau beli smartphone dgn budget 4 jutaan.
model smartphone nya kayak android one, tapi klo gak ada android one, android stock juga gapapa.
cari rilis terbaru, ato minimal tahun ini.
mohon jawabannya, gan.
makasih emoticon-I Love Indonesia (S)
0
Halaman 109 dari 112
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.