sagutumbukAvatar border
TS
sagutumbuk
Transformer HVDC pertama 1100kV

Spoiler for penampakan:


Apa tanggapan anda dengan foto transformer dari Siemens diatas? 
mantab sekali bukan, manusia hanya seperti kutu gendut penghisap darah jika dibandingkan dengan transformer tegangan tinggi arus DC tersebut (HVDC). Mungkin hanya Ultraman atau Kaiju kategori 6 dan Godzilla yang dapat memikul itu transformer.



Yuk kita nyebur ke fungsi transformer.
Transformer adalah sebuah alat kelistrikan yang bersifat pasif yang menyalurkan energi listrik pada dua  atau lebih dari dua rangkaian listrik melalui induksi elektromagnetik. Berfungsi untuk menambah atau mengurangi suatu tegangan listrik AC atau DC tergantung tipe transformer tersebut, walaupun banyak jenisnya namun tujuan utama dari transformer ini adalah untuk mengubah daya listrik dari satu jenis ke jenis lainnya. Macam jenis transformer dapat berupa Power Transformer, Auto Transformer, Distribution Transformer, Transformer instrumen, Transformer isolasi, Potential Transformer dan Current Transformer.


Kita kembali lagi ke Transformer HVDC pertama sebesar 1100kV(1.1 juta volt) yang diproduksi oleh Siemens ini. 

Pada 24 Januari 2018  trafo arus searah (DC)bertegangan tinggi  yang paling kuat ini memulai perjalanannya dari pabrik trafo di Nuremberg, Jerman dalam perjalanannya menuju China. Pertama tama trafo ini diangkut di pelabuhan Nuremberg oleh alat pemindah beban berat khusus untuk dimuat ke dalam kapal. Lalu kapal ini membawa trafo raksasa tersebut ke Rotterdam, dan dari situlah akan dikirim ke China untuk sebuah proyek (Changji-Guquan). 

Pada Juli 2016, Siemens mendapatkan pesanan sebanyak empat buah transformer jenis ini. Setahun kemudian trafo 1100kV pertama di dunia ini selesai dibuat, dan berhasil melewati pengujian pada fasilitas pengujian transformer. Transformer ini mempunyai dimensi Panjang 37,5 meter, tinggi 14,4 meter dan lebar 12,2 meter menjadi sebuah tantangan bagi tim logisitik. Trafo ini mempunyai beban berat sebesar 900 ton dan mempunyai efisiensi diatas 99%. Untuk pertama kalinya juga mempunyai kapasitas transmisi 12 gigawatt. 

Transformer HVDC adalah bagian dari stasiun konverter yang mengubah arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) di awal saluran transmisi dan mengubahnya kembali di ujung saluran.Konversi dari arus bolak balik (AC) ke arus searah (DC) dapat membantu mentransmisikan energi jarak jauh dengan kerugian rendah atau efisiensi yang tinggi.

Transformer ini juga membantu proyek Changji-Guquan untuk mentransmisikan arus searah (DC) dengan 1.100kV untuk pertama kali di dunia. Transformer baru ini juga mempunya kapasitas sebesar 587 megavoltampere. 

Dengan demikian Siemens mencapai dimensi baru dalam transmisi arus searah (DC) tegangan tinggi atau HVDC. Jalur HVDC antara Changji dan Guquan akan dioperasikan oleh State Grid Corporation (SGCC), operator jaringan China. Pada tahun ini sudah mulai beroperasi.




Kapan ya kita bisa menciptakan hal hal seperti HVDC raksasa ini atau seperti misil S400 atau sekalian rudal balistik antar benua

pasti semua mata akan tertuju ke negara ini ya gan sis
Ini juga bukan iklan hihihi.


sekian dulu dari ane, saran dan kritik ane terima dengan senang hati.

terima kasih sudah mampir di trit ini.


Spoiler for penampakan:



Spoiler for penampakan video:




Spoiler for sumber:

kebon666
skyden798
d0dittt
d0dittt dan 19 lainnya memberi reputasi
20
8.3K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.