NX3Avatar border
TS
NX3
ASK - Apakah sesudah interview user pasti diterima kerja?
Selamat siang agan - agan. Sebelumnya ane minta maaf jika thread ini salah kamar dan acak - acakan, ane buatnya dari hp hehehe.

Ane buat thread ini sebagai media untuk menuangkan rasa gelisah ane nih gan dan barangkali bisa dapet masukan atau saran dari agan - agan sekalian.

Ceritanya...

Juni 4 2019 - Ane dapet email undangan psikotest online dari PT. BF* Indonesia Tbk. Sebagai lulusan baru yang bisa dibilang masih kurang pengalaman dan lagi giat - giatnya mantau segala macam media buat nyari lowongan kerja. Pastinya ane seneng banget gan. Apa lagi ini perusahaan besar dan pastinya bakal jadi kebanggaan banget kalo bisa di terima kerja disini.
Sebelumnya ane udah coba apply sana sinih, dari ikut job fair, apply lowongan dari grub lowongan kerja di facebook, apply di berbagai platform lowongan kerja, sampe langsung ngelamar ke perusahaan - perusahaan. Tapi mungkin ane belum menemukan jalan yang Allah tentuin buat ane.

Oke, balik lagi ke psikotest online. Jadilah ane ngerjain tuh soal psikotest. Karena sistemnya online jadi ane ga perlu dateng ke kantornya tuh. Tinggal duduk di kamar, konsentrasi ngerjain lewat hp android. Ane lupa gan soalnya apa aja, cuman yg bikin pusing pastinya soal hitung - hitungannya. Apalagi dikasih bates waktu. Pastinya bikin tambah mumet gan.

Juni 28 2019 - Notifikasi email dari PT. BF* Indonesia Tbk. kembali masuk ke hp ane. Ternyata ane lolos gan! Dan berhak untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya tanggal 4 July 2019. Sebenernya ane berfikiran gak lolos. Karna udah lewat lebih dari dua minggu sejak ane ngerjain psikotest onlinenya gak ada kabar lanjutan.

July 4 2019 - Datanglah ane ke head office perusahaan tsb buat ngikutin proses seleksi selanjutnya. Ternyata yang ikut banyak gan, mungkin ada sekitar 50an orang. Proses seleksi ini meliputi psikotest lanjutan dan interview HC. Sebelum ane ngikutin seleksi ini semaleman ane cari tau kira kira apasih soal psikotest lanjutan yang bakal di keluarin di perusahaan ini? Jawaban yang ane temukan yaitu antara soal Pauli atau Wartegg (Agan silahkan searching sendiri apa itu pauli dan wartegg). Semaleman pula ane belajar gimana cara ngerjainnya. Maklum udah kebiasaan sistem kebut semalam dari waktu kuliah hehehe dan bener aja psikotest yg dikeluarin itu pauli, untung aja udah persiapan ya kan.

Setelah satu jam istirahat, keluarlah pengumuman siapa siapa yang berhak untuk lanjut ke interview HC. Dan lagi - lagi ane lolos. Alhamdulillah banget ane senengnya bukan main. Ternyata ada pembuktian bahwa ane gak bego - bego amat haahahaha.

Tapi, karna waktu interview HCnya siang. Ane minta untuk rubah jadwal. Karna ane berfikiran pasti bakal buluk banget nih ane, habis stress ngerjain psikotest eh lanjut interview siang bolong, manah ga bawa duit buat beli makan, lemes banget dong nantinya. Mendingan ane ubah jadwalnya pagi - pagi deh biar rada segeran dikit.

July 8 2019 - Ini adalah jadwal yg ditentuin dari PT. BF* Indonesia Tbk. Sebenernya interviewnya nyantai banget gan. HCnya juga ramah dan asik cara ngobrolnya. Ane hanya di tanyain seputar pengalaman, latar belakang, dan kemampuan. Ane juga nanyain beberapa hal tentang perusahaan, seperti budaya kerjanya, jenjang karirnya, berapa banyak kebutuhan tenaga kerjanya dan posisi posisi apa yang di butuhkan. Gak lama interviewnya, hanya 10 menit hahaha. Ane juga bingung kenapa kok bisa cepet banget, ane berfikiran apa interviewernya ga suka ama ane, apa jawaban ane ada yang salah, atau interviewernya males ane tanya tanyain balik. Padahal kandidat yg lain ane perhatiin lama - lama deh waktunya.

July 12 2019 - Ini adalah hari di mana ane mengikuti intervie user setelah sehari sebelumnya ane dapet telfon undangan. Yak! Masih di perusahaan yang sama. Jadi interview user ini gak jauh beda sama interview HC, cuman interviewernya adalah atasan kita langsung. Orang yg bakal setiap hari ngasih tugas ke kita, pemimpin dari team, dan orang yg bakal ngomelin lu lansung kalo lu macem macem di kerjaan. Hahaha.
Jadi, sebelumnya HC gak ngasih tau tuh kita bakal di tempatin di mana, ane juga gak ada gambaran bakal ditempatin di bagian apa? Karna waktu interview HC mereka hanya bilang akan nyocokin bagian yg tepat untuk ane berdasarkan hasil psikotest online, psikotest lanjutan, dan CV ane. Ane sih beranggapan bakal ditempatin di bagian semacam administrasi gitu, karna pengalaman terakhir ane sebagai admin di perusahaan telekomunikasi, meskipun cuma 3 bulan hahahaha.
Gak di sangka, ane di tempatin di bagian klaim asuransi. Jadi bagian ini semacam jembatan antara konsumen kita dan pihak penyedia asuransi. Kalau konsumen mau ngeklaim asuransinya kita yang bakal ngurusin itu.
Karna kebetulan ane lulusan fakuktas ekonomi, ane gak plonga plongo waktu di tanya asuransi. Ane langsung jawab kira kira seperti ini "Kalau untuk masalah tekhnisnya saya belum tau bu (kebetulan calon usernya mamud yang masih unyu unyu), tapi kalau secara gambaran umumnya. Asuransi semacam pengalihan resiko kita. Jadi misalnya kita terketa kecelakaan atau bencana alam ada pihak yang menanggungnya". Ane yakin itu calon user lumayan setuju dengan jawaban ane, karna dia jawab betul dan ngangguk ngangguk.

Akhir dari interview pun diakhiri dengan kita saling berjabat tangan, berpelukan dan saling sesegukan. Oke yg dua tadi boong cuma jabat tangan hahaha. Sebelumnya sih ane di tanyain kapan bisa mulai bekerja. Dengan tanpa ragu ragu ane jawab SECEPATNYA! Di akhir jabat tangan kita ane tambahi kalimat supaya meyakinkan calon user bahwa ane bener - bener menginginkan perkerjaan tersebut, iya itu "Saya tunggu ya bu kabar selanjutnya."

--------------

Jadi permasalahan dari cerita receh ane yg panjang ini adalah saat ini ane sedang gelisah gan. Karna sampe saat ini belum ada kabar lanjutan gan untuk proses MCU. Waktu interview user sebenernya hanya ada 3 orang termasuk ans.
Ane bener bener berharap untuk bisa diterima kerja di perusahaan ini. Segala macem doa udah ane panjatkan ke Gusti Allah.
Ane sampe takut berfikiran negatif apa mungkin gak lolos? Setelah proses panjang itu apa ada kemungkinan gak lolos?
Ane takutnya bakal down kalau emang bener bener gak di terima, setelah banyak menaruh harapan di kerjaan itu.

Apa agan - agan punya masukan atau wejangan yang bisa buat ane sedikit tenang?


Terimakasih.
0
7.9K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.