alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d25704e7e3a72063575c060/ini-informasi-soal-regulasi-pemblokiran-ponsel-ponsel-bm-yang-perlu-kamu-ketahui-gan
Lapor Hansip
10-07-2019 11:57
Ini Informasi Soal Regulasi Pemblokiran Ponsel-Ponsel BM yang Perlu Kamu Ketahui Gan
Past Hot Thread
Ini Informasi Soal Regulasi Pemblokiran Ponsel-Ponsel BM yang Perlu Kamu Ketahui Gan

Gan Sis punya ponsel BM?

Hayo loh. Kabarnya Kementerian Perindustrin dan Kemenkominfo dan Kemendag bakal memblokir ponsel-ponsel black market dari luar negeri ataupun yang tersedia di pasar dalam negeri di Indonesia. Begini beberapa info yang bisa kamu perhatikan.

Kapan?

Dilansir dalam Kompas.com, regulasi terkait pemblokiran ini bakal ditandatangani 17 Agustus mendatang. Diberlakukannya kebijakan ini akan dilaakukan secara bertahap.


Buat apa?

Tujuan kebijaan ini adalah untuk melindungi konsumen dan industri ponsel dalam negeri.

Prosesnya gimana?

Pemblokiran terhadap ponsel-ponsel ilegal akan menggunakan deretan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) sebagai acuan. Nomor IMEI akan disinkronisasi dengan SIM card. Sehingga bila  kalau nomor IMEI ponsel kamu tidak terdaftar pada database Kemenperin maka pemblokiran kemudian akan dilakukan oleh operator seluler sehingga ponsel pun nantinya tidak bisa digunakan lagi.






Trus gimana dengan ponsel-ponsel yang sudah dibeli sebelum regulasi diresmikan?

Kemenperin dalam akun instagramnya memberikan beberapa penjelasan, salah satunya pertanyaan terkait hal ini Gan. Kemenperin bakal memastikan bahwa ponsel BM yang telah dimiliki sebelum tanggal 17 Agustus 2019 nanti tidak akan langsung terblokir.

Tapi....... akan ada proses pemutihan dalam jangka waktu tertentu. Regulasi terkait pemutihan ini sendiri sedang dipersiapkan Gan. Dilansir dalam Kompas.com, pemutihan ini akan jadi periode di mana Gan Sis yang punya ponsel BM bisa meregistrasikan nomor IMEI ke database Kemenperin sehingga ponsel Agan tidak terblokir setelah regulasi mulai diterapkan.

Sementara untuk ponsel-ponsel impor yang dibeli dari luar negeri  setelah tanggal 17 Agusuts 2019  juga nantinya tidak akan lagi bisa digunakan di Indonesia.

Ini Informasi Soal Regulasi Pemblokiran Ponsel-Ponsel BM yang Perlu Kamu Ketahui Gan

sumber: instagram/kemenperin_ri

Gimana caranya cek IMEI ponsel Agan saat ini?

Dilansir dalam kompas.com ada beberapa step yang harus kamu lakukan buat cek apakah ponsel yang kamu pakai saat ini ilegal atau resmi Gan.

1. Tekan tombol *#06# pada ponsel. Dari sini akan muncul rincian nomor IMEI dan serial ponsel kamu

2. Masuk ke halaman Kemenperin di kemenperin.go.id/imeiuntuk cek nomor IMEI tersebut terdaftar atau tidak .

Tapi kata pihak Kemenperin jangan panik dan terburu-buru buat cek nomor IMEI ponsel kamu Gan. Ini karena saat ini halaman cek IMEI masih dipersiapkan oleh pihak terkait jadi mari kita tunggu update-update selanjutnya Gan.

Yang punya tanggapan dan  info penting lainnya juga boleh share di mari. Nanti ane tambahin di sini.

emoticon-Salam Kenal

sumber: (1),(2),(3)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
liar123 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 7
12-07-2019 11:47
emoticon-Wow Launching produk anyar telat mulu, beli hape diluar negeri kagak bisa dipake emoticon-Cape d... cem mana pulak emoticon-Cape deeehh
0
12-07-2019 12:33
Ikut nyimak user hp bm 🤦🏻‍♂️
0
12-07-2019 12:37


Quote:Original Posted By woc28
sejak kapan gan di indonesia dikasih informasi selengkap2nya?
soalnya setau gw gan..... mau informasi lengkap itu "HARUS" kita masyarakat yang minta(datang ke kantor terkait, biasanya udah kena salah jalan tuh karena gak tau aturan maen), mungkin gw bisa bilang hampir tidak pernah ada informasi lengkap yang benar2 lengkap dan jelas diberikan ke masyarakat dari awal, cmiiw.

padahal harapan gw jg minimalnya gitu, supaya kita yang akan menjalankan itu tau gimana menjalankannya. males aja kalo denger alesanya "karena jumlah masyarakat lebih banyak dari pegawai pemerintah terkait", wong ini sudah 2019, mungkin hampir 70% masyarakat pegang smartphone dan paham internet, apa ia masih merupakan suatu "kesulitan yang amat sangat" mengetik aturan main secara jelas dan detil yang tinggal dibaca sama masyarakat itu?
emoticon-Cape d...


hahaha benar sekali gan, kalau dinalar kemren waktu pemilu pemerintah saja mampu membuat down seluruh sosmed warga kita, masak cuma memberi info menyeluruh jaya gini aja kewalahan wkwkw emoticon-Cape d...
0
12-07-2019 14:51
gtu ye gan...
nice jg dah
0
Lapor Hansip
12-07-2019 15:15
Balasan post andhikap1102
paling kalo pake sim luar(roaming mode on)..mungkin boleh kali...ga diblok

aturan berlaku untuk sim dalam negri..

yg harus dipikirin jg untuk TKI/ pelajar yg di luar negri yg notabene mungkin pakai hp luar negri... kalo ga salah di pakistan jg ada pengecualian 1 org bisa daftar 1 hp luar ngeri bila mereka tingal di luar
0
12-07-2019 15:51
inikan dulu usulan dari polytron (perusahaan elektronik milik jarum kudus). gue pernah baca proposalnya tahun 2014 an.
0
12-07-2019 16:49
untuk saat ini memang sepertinya pemerintah belum menyelesaikan peraturan sistem kontrol IMEI, sehingga banyak skenario yang masih belum diketahui. Misalnya, tentang pemberlakuan aturan IMEI bagi wisatawan asing yang datang ke Indonesia dan dan seperti kasus ponsel BM ini
0
13-07-2019 00:30
wah aku baru tahu gan
0
13-07-2019 08:10
justru sebelum tanggal 17 agustus adalah saat yg tepat untuk membeli hp BM terbaru ya
0
13-07-2019 08:46
Quote:Original Posted By bendolpeang
Pke vpn ya om..
emoticon-Ngakak
Bokep tanpa vpn juga bisa om


Bokep yang belom kena razia ya
0
14-07-2019 08:09
Tentang blokir imei hp BM, ada bbrp background:

1. HP BM speknya lebih tinggi dng yg di release resmi oleh pemegang merek. Kalau HP BM tapi spek sama, ga akan laku. Sementara, user di indonesia, ingin pakai spek highend. Sangat mudah mencari tahu spek HP. Seringkali pemegang merek beralasan hp highend 'ga cocok' untuk market di sini. Mereka beranggapan user di sini hanya untuk style saja. Akibatnya muncul HP BM highend. HP BM yg kelas menengah/bawah ga akan laku. Untuk support, build quality hp sekarang sudah sangat jauh berbeda. Jauh lebih bagus. Sangat jarang rusak. Sdh bbrp tahun terakhir ada yg berani ganti baru drpd repair, jika bukan karena kesalahan pengguna. Support software atau penggunaan, user skrg lbh banyak cek di forum resmi atau internet, jauh lbh cepat dan akurat. Service center hanya untuk perbaikan hardware.

2. Terkait dng no 1, Importir/distributor hp 'resmi' secara bisnis terancam. User di indonesia lbh pintar2 dng memilih HP BM dgn spek lebih tinggu. Contoh, sangat sedikit HP yg harga dibawah 5-6jt yg punya feature NFC. Pdhl feature NFC dibutuhkan untuk baca emoney. Mau beli samsung yg ada nfc, harganya di atas 6-7jt. Orang2 lbh pilih seri highend Xiaomi walau BM dgn spek lebih tinggi tapi harga sama atau bahkan lebih rendah. Dukungan OS update ga ada beda antara BM atau yg bukan, karena langsung over-the-air dari pusat. Malah HP highend punya jaminan update lebih awal, lebih sering dan lebih lama (bisa lebih dari 2 tahun).

3. Kenapa HP highend hanya didominasi oleh merek tertentu? Apakah merek tsb ingin 'punya market' lbh besar karena sdh bikin pabrik di sini. Umumnya pemegang merek di Indonesia hanya outsource rakit, salah satunya ke PT SAT di Batam. So far, hanya Asus dan Pocofone (subbrand Xiaomi) yg release hp highend (menggunakan chip Snapdragon 845 atau setara) dibawah 5-6jt. Itupun susah sekali untuk dapatkan, sampai2 muncul istilah HP Gaib.

4. Importir HP BM ga mungkin tidak terdeteksi Bea Cukai. Dan jg ga mungkin barang lolos dari pelabuhan tanpa bayar pajak. Kalau ini terus2an, importir resmi kena imbasnya, karena user makin beralih ke HP BM, yg spek dan harga lbh bagus.

So, solusi mudah, pemegang merek masukkan hp highend mereka ke market indonesia. Kalau mereka bisa masukkan ke India, malaysia, atau bahkan singapore yg penduduknya cuma 1/4 jakarta, kenapa ga bisa masukkan ke Indonesia? Marketnya jauh lbg besar berkali lipat

Lebih baik pemerintah membuat sistem untuk pelaporan/pengecekkan imei hp yang hilang atau dicuri, seperti di Singapore. Jauh lbh simple, mudah dan lebih bermanfaat bagi rakyat.

So, pemerintah pro mana?
Kenapa ga push pemegang merek untuk kewajiban launch highend produk mereka di Indonesia? Jadi user bisa memilih produk dari semua range. So far, Indonesia terlihat hanya seperti market kelas 2 atau 3, dng hanya ada hp spek mid-end dan low-end.

Jika pemegang merek impor HP highend terbaru mereka, ini akan menguntungkan banyak pihak, mulai dari pengguna, importir, pemerintah, dan pemegang merek sendiri.
0
Lihat 1 balasan
14-07-2019 10:23
derita manusia berkacamata
Mampir bila berkenan
profile-picture
mayazha memberi reputasi
1
14-07-2019 10:43
hp ane udah putih gan, ngga perlu pemutihan lagi
0
14-07-2019 23:14
Manteps info gan.. mudah”an aja juga terhindar dr pencurian hp.
0
15-07-2019 06:23
Quote:Original Posted By midorikusuma
Ini Informasi Soal Regulasi Pemblokiran Ponsel-Ponsel BM yang Perlu Kamu Ketahui Gan

Gan Sis punya ponsel BM?

Hayo loh. Kabarnya Kementerian Perindustrin dan Kemenkominfo dan Kemendag bakal memblokir ponsel-ponsel black market dari luar negeri ataupun yang tersedia di pasar dalam negeri di Indonesia. Begini beberapa info yang bisa kamu perhatikan.

Kapan?

Dilansir dalam Kompas.com, regulasi terkait pemblokiran ini bakal ditandatangani 17 Agustus mendatang. Diberlakukannya kebijakan ini akan dilaakukan secara bertahap.


Buat apa?

Tujuan kebijaan ini adalah untuk melindungi konsumen dan industri ponsel dalam negeri.

Prosesnya gimana?

Pemblokiran terhadap ponsel-ponsel ilegal akan menggunakan deretan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) sebagai acuan. Nomor IMEI akan disinkronisasi dengan SIM card. Sehingga bila  kalau nomor IMEI ponsel kamu tidak terdaftar pada database Kemenperin maka pemblokiran kemudian akan dilakukan oleh operator seluler sehingga ponsel pun nantinya tidak bisa digunakan lagi.






Trus gimana dengan ponsel-ponsel yang sudah dibeli sebelum regulasi diresmikan?

Kemenperin dalam akun instagramnya memberikan beberapa penjelasan, salah satunya pertanyaan terkait hal ini Gan. Kemenperin bakal memastikan bahwa ponsel BM yang telah dimiliki sebelum tanggal 17 Agustus 2019 nanti tidak akan langsung terblokir.

Tapi....... akan ada proses pemutihan dalam jangka waktu tertentu. Regulasi terkait pemutihan ini sendiri sedang dipersiapkan Gan. Dilansir dalam Kompas.com, pemutihan ini akan jadi periode di mana Gan Sis yang punya ponsel BM bisa meregistrasikan nomor IMEI ke database Kemenperin sehingga ponsel Agan tidak terblokir setelah regulasi mulai diterapkan.

Sementara untuk ponsel-ponsel impor yang dibeli dari luar negeri  setelah tanggal 17 Agusuts 2019  juga nantinya tidak akan lagi bisa digunakan di Indonesia.

Ini Informasi Soal Regulasi Pemblokiran Ponsel-Ponsel BM yang Perlu Kamu Ketahui Gan

sumber: instagram/kemenperin_ri

Gimana caranya cek IMEI ponsel Agan saat ini?

Dilansir dalam kompas.com ada beberapa step yang harus kamu lakukan buat cek apakah ponsel yang kamu pakai saat ini ilegal atau resmi Gan.

1. Tekan tombol *#06# pada ponsel. Dari sini akan muncul rincian nomor IMEI dan serial ponsel kamu

2. Masuk ke halaman Kemenperin di kemenperin.go.id/imeiuntuk cek nomor IMEI tersebut terdaftar atau tidak .

Tapi kata pihak Kemenperin jangan panik dan terburu-buru buat cek nomor IMEI ponsel kamu Gan. Ini karena saat ini halaman cek IMEI masih dipersiapkan oleh pihak terkait jadi mari kita tunggu update-update selanjutnya Gan.

Yang punya tanggapan dan  info penting lainnya juga boleh share di mari. Nanti ane tambahin di sini.

emoticon-Salam Kenal

sumber: (1),(2),(3)



thanks infonya gan emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
0
15-07-2019 11:27
niceeeee inpoooo
0
Lapor Hansip
15-07-2019 23:27
Balasan post Wulung
Nah itu kayak Xiaomi malah mw masukin nya yg Black Shark bukan nya Redmi K20Pro

Cape deh...


Ngincer marketnya yg gamer, walaupun itu hp masuk flagship nya Xiaomi

Tapi ap fungsinya... Harusnya Mi9, Redmi K20Pro malah ini Black Shark... LOL
0
16-07-2019 12:13
Sekarang makin ketat ya peraturan nya. Saking banyaknya hp BM yang masuk ke Indo jadi pemerintah ngeluarin peraturan kali ya gan ? apa ada sebab lain ?
0
16-07-2019 19:46
Sebenernya bukan pengusaha saja yang diuntungkan dengan adanya kebijakan ini, namun pembeli juga diuntungkan, karena nantinya produk-produk yang beredar adalah produk original, bukan seperti saat ini dimana terkadang produk aspal tapi dihagai dengan harga yang tinggi seperti harga produk originalnya.
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.