Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

officialgarasiAvatar border
TS
officialgarasi
Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga
Seiring dengan perkembangan teknologi dan regulasi kendaraan bermotor khususnya roda empat, banyak produsen mobil yang menggunakan mesin berkapasitas kecil namun menambahkan turbo pada mobilnya.
Isu terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar yang kini menjadi perhatian banyak produsen mobil, membuat penggunaan mesin kapasitas kecil menjadi pilihan. Namun kebutuhan pasar terhadap mobil bertenaga tak bisa diabaikan produsen mobil.

Penggunaan turbocharger pada mobil dengan kapasitas mesin kecil menjadi salah satu solusi yang saat ini ditawarkan banyak produsen mobil. Di pasar otomotif nasional sendiri sudah ada beberapa produsen yang menawarkan produk terbarunya dengan spesifikasi kapasitas mesin kecil dengan turbocharger.
Mesin berkapasitas kecil dengan komponen turbo pertama kali diterapkan pada mesin berbahan bakar Diesel. Setelah terasa banyak perubahan baik pada tenaga, kadar emisi hingga konsumsi bahan bakar, maka hal itu dibenamkan pula untuk mesin bensin.

Nah di Indonesia, sebenarnya banyak mobil-mobil yang telah dilengkapi turbo baik itu mobil baru atau bekas. Nah, mari simak beberapa mobil bekas dengan turbo yang ada di Garasi.id :

Toyota Fortuner
Siapa yang tidak tahu mobil SUV andalan Toyota, Toyota Fortuner. Walaupun hanya menggunakan mesin berkapasitas 2.494 cc 4-silinder common-rail, tapi kemampuan Toyota Fortuner bisa naik sekitar 42 dk dan 85 Nm. Konsumsi bbm dari Toyota Fortuner sendiri adalah 15,4:1 tetapi angka tersebut dapat berubah sesuai dengan kondisi jalan dan cara pengemudi membawanya.
Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga
Dengan bentuk Toyota Fortuner yang besar, memang tampilan nya jadi gagah. Apalagi kalau yang Sahabat beli adalah untuk tipe TRD Sportivo atau VRZ, pasti lebih mantap. Sisi sporty-nya terlihat lebih mengagumkan dengan aksesoris-aksesoris khas TRD, membuat Toyota Fortuner semakin gagah.

Mitsubishi Pajero Sport
Mobil yang berkompetisi di segmen SUV bersama Toyota Fortuner ini dibekali mesin berkapasitas 2.477 cc 4-silinder dengan kombinasi teknologi common-rail, turbo variabel, serta intercooler. Mobil ini punya tenaga 176 dk dengan torsi 350 Nm. Saat dites, Mitsubishi Pajero Sport ini punya akselerasi 10,7 detik untuk 0-100 km/jam. Untuk konsumsi bahan bakar sendiri, Pajero Sport memiliki rasio bensin 15,2 : 1, tetapi angka tersebut dapat berubah sesuai dengan kondisi jalan dan cara pengemudi membawanya.
Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga
Memakai transmisi matik konvensional 5-speed, mobil ini punya kelebihan pada ketahanan mesin yang mantap.

BMW 320i
BMW Seri-3 generasi kelima ini mengusung rancangan atau styling yang lebih modern daripada generasi yang sebelumnya. Bentuk dari kerangka body diantaranya jauh berbeda. Tampilan depannya tampak lebih sporty, ditambah lagi dukungan adanya garis grille yang menyatu dengan bumper mulai atas hingga ke bagian bawah.
Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga
Pada model prefacelift belum mengadopsi lampu proyektor, E90 khususnya BMW tipe 320i. Memiliki mesin Twin Turbo berkapasitas 2.0 liter, mampu menghasilkan tenaga maksimal 301 dk pada 5.800 Rpm dan torsi maksimal 406 Nm pada 1.200 Rpm. Mungkin sedikir lebih boros ketimbang dengan mobil turbo lainnya karena BMW 320i memiliki rasio bahan bakar 11:1.

Mercedes-Benz C200
Menggunakan mesin dengan kapasitas mesin 1.796 cc 4-silinder dengan tenaga 204 dk, Mercedes-Benz C200 adalah mobil yang berturbo. Akselerasi mobil ini dari 0-100 km/jam bisa dicapai dalam 8 detik.
Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga
Belum cukup disitu, Mercedes-Benz memberikan turbocharge yang terintegrasi dengan sistem mesin, sehingga meskipun hanya memiliki kapasitas mesin 1796 cc, mobil ini bisa menghasilkan 181 dk dan torsi maksimal 270 Nm dengan transmisi otomatis 7-speed. Ini lebih besar dibanding mesin i-VTEC K24 2400cc legendaris Honda yang dipasang di Honda Accord. Mercedes-Benz C200 mampu menempuh jarak 12,2 kilometer hanya dengan 1 liter bensin saja.
Pada sisi eksterior mobil ini yang menarik adalah bentuk lampu depan yang melebar ke arah kap mesin. Sementara pada bagian interior, bentuk dasbor dan layar tengah mobil ini seperti pada seri E-Class

Chevrolet Captiva
Mobil SUV keluaran Negeri Paman Sam ini memiliki teknologi turbo di varian Chevrolet Captiva.
Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga
Mobil yang menggunakan mesin berkapasitas 1,998 cc 4-silinder ini mampu mencapai tenaga 163 dk dengan torsi maksimum 400 Nm. Transmisi otomatis 6-speed yang juga dilengkapi teknologi AWD, membuat mobil ini berupaya untuk menjaga traksi pada level optimal. Walaupun dimensinya cukup besar, Chevrolet Captiva memiliki rasio bensin 16,3, tetapi kondisi jalan dan cara mengemudi bisa merubah angka tersebut.

VW Golf GTI
Salah satu inovasi terdepan datang dari Volkswagen yang berhasil menghadirkan sosok mesin bensin sempurna dalam wujud 1.4 TSI. Mengapa pantas disebut sempurna? Karena meski hanya memiliki kapasitas 1.400 cc dan sanggup menelurkan daya setara dengan mesin 2.300 cc tanpa mengorbankan konsumsi bbm-nya. Sungguh luar biasa.
Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga
Kunci dari kesaktian mesin 1.4 TSI adalah berkat kehadiran apa yang dinamakan sebagai twincharger. Ya, mesin 1.4 TSI dilengkapi dengan turbocharger dan supercharger sekaligus yang memiliki kompresi rasio bbm 22:1 ! Sebuah solusi radikal demi menghadirkan performa dan efisiensi.

Semua mobil-mobil turbo di atas bisa kamu dapatkan di Garasi.id loh Sahabat, kapan lagi punya mobil turbo tapi tetap irit bahan bakar. Eits tapi selalu ingat untuk berkendara dengan aman ya !

Sumber : Garasi.id


Diubah oleh officialgarasi 10-07-2019 09:46
davecchio
koi7
slametgentho
slametgentho dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.5K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.