Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Konsep Desain Mobil Saling Mencontek? Inilah Pembuktian Hasil Risetnya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Konsep Desain Mobil Saling Mencontek? Inilah Pembuktian Hasil Risetnya!


[ HT# 510, 511 ]

Sudah menjadi perbincangan publik sejak lama terutama di forum otomotif atau biasa kritis dengan konsep design roda empat yang beredar di pasaran hingga saat ini. Sekilas atau bahkan jika di amati memang ada yang terlihat mirip bahkan bisa di bilang malah kembaran dari merek yang berbeda, kenapa ini bisa terjadi? Nah team riset ini mencoba membuktikan lewat analisa digitalisasi dengan teknik multi layer.

Alasan paling umum yang kita ketahui kenapa ada desain eksterior mobil seringkali mirip atau bahkan sama persis, salah satu alasannya tak lain adalah karena mungkin untuk menghemat biaya konsep molding atau memang sudah ada kerjasama resmi sesama Atpm seperti beberapa tipe mobil Toyota dengan Daihatsu, Mitsubishi dengan Nissan, tapi ada juga yang secara 'gelap-gelapan' menjiplak dan membuat merek sendiri tanpa ada kerjasama resmi. Sah kah, menurut saya pribadi memang harus di telusuri dan sudah saatnya di buatkan peraturan undang-undang mengenai konsep ini.





Dalam suatu studi uji coba yang dilakukan oleh NeoMam Studios yang bergerak di bidang jasa studio konten kreatif mereka mengumpulkan dua puluh lima gambar mobil di seluruh dunia dalam kategori besar yang berbeda, kemudian mengelompokkan dan menggabungkannya berdasarkan kesamaan atau kemiripan desain eksteriornya baik dari depan, samping dan belakang.

NeoMam Studios mengumpulkan dua puluh lima gambar ini secara acak, tanpa melihat merek, tidak melihat harga, dan tidak berdasarkan selera budaya negara. Intinya NeoMam Studios mengumpulkan gambar-gambar tadi untuk di carikan kesamaan secara garis besarnya.

Berdasarkan studi uji coba tersebut NeoMam Studios mengelompokan dua kategori besar, yakni kategori A berdasarkan desain yang berhasil dikelompokkan secara umum, dan kategori B berdasarkan merek tertentu yang menunjukkan bagaimana mereka para Atpm mendesain ekterior yang ternyata tidak berbeda jauh dari merek-merk lain, seperti misal pada bagian desain lampu belakang Pickup dengan Sedan, atau grille pada Convertible dengan grille pada jenis Crossover.

Foto-Foto Di Bawah Ini Adalah Gabungan Dari Beberapa Jenis Mobil (Berdasarkan Kategori) yang Ternyata Hasilnya Memang Banyak Kemiripan

Multi Layer Image, Kategori Pick Up



Multi Layer Image, Kategori UTE



Multi Layer Image, Hatchback



Multi Layer Image, Kategori Sedan



Multi Layer Image, Kategori SUV



Multi Layer Image, Kategori Convertible



Multi Layer Image, Kategori Crossover



Menurut NeoMam Studios kendaraan jenis Pickup seperti keluaran Ford dan GM yang memang paling laku di Amerika menjadi barometer dan menjadi kiblat secara desain, ajdi menurut NeoMam Studios tidak mengherankan apabila ukuran yang ada secara tidak langsung menjadi standarisasi. Sedangkan garing-garis tegas gaya Jepang dan Eropa, seperti model Isuzu D-Max, Mercedes X-Class dibuat lebih tegas pada keluaran GMC Sierra dan Chevy Silverado.

Kalau dilihat dari belakang rata-rata pickup mereka berusaha menunjukan beberapa ubahan sesuai kretaifitas masing-masing seperti misalkan pada F-150. Terkadang ada yang terlihat lebih tinggi namun tetap memiliki pakem standarisasi tidak resmi yang diambil dari Ford dan GM tadi. Kalau orang awam menyebut istilahnya ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dalam hal ini.

Jadi berdasarkan kerja NeoMam Studios tadi, apapun jenis kendaraannya, tanpa melihat merek, tidak melihat harga, dan tidak berdasarkan selera budaya negara ternyata banyak memiliki kemiripan yang tidak jauh berbeda. Sedangkan ubahan kecil misalkan ubahan garis, lekukan, grill atau ubahan besar sekalipun atau beberapa trend teknologi yang ada menjadi nilai plus nilai jual bagi Atpm itu sendiri ke konsumen nantinya.

Lalu mengapa ketika setelah dilempar kepasaran ternyata konsumen memiliki favoritnya masing-masing padahal jika diperhatikan para Atpm masing-masing memiliki standarisasi yang sama, jawabannya beragam tapi yang paling mendasar adalah karena performa, durabilitas, merk yang sudah melekat, dan service center yang selalu siap membantu menjadi pertimbangan mengapa konsumen begitu setia dan loyal untuk memiliki kendaraan impiannya tersebut.

Namun pada desain jenis sedan NeoMam Studios menemukan sedikit ada ubahan yang cukup berani, tiap-tiap Atpm mencoba keluar dari desain standar namun ternyata tetap pada standarisasi yang ada, misalkan penambahan dua knalpot dibelakang kini menjadi satu trend baru.

Nah, jadi kesimpulannya sekarang kalau kita seringkali melihat ada beberapa kesamaan pada desain ekterior mobil ada kemungkinan karena alasan diatas tadi. Disisi lain kemungkinan memang untuk memangkas biaya riset menjadi pertimbangan lain bagi Atpm untuk mengeluarkan model terbaru (ya, meskipun ada yang sekedarface lift saja) dimana saat ini persaingan kendaraan roda empat dan duapun kian ketat dan memanas saja.


MAMPIR JUGA DI THREAD ANE yang LAIN, Gan



https://www.kaskus.co.id/show_post/5...bfaa0b658b4568








Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: neomam dot kom, budgetdirect | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 16-07-2019 01:22
gargantuar89
abk3304157
bastian.dade07
bastian.dade07 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
11.1K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.