romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
Ini Teh Susu! (Dengan Segala Manfaatnya)



Teh, baik panas atau dingin, memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Minuman ini mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis seperti kanker. Jauh sebelum teh dikemas dalam botol-botol atau dicampur dengan cheese foam seperti yang populer di pusat-pusat perbelanjaan, teh secara tradisional sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu dan menjadi minuman kesehatan yang akrab dengan budaya masyarakat Asia seperti Jepang, Korea, dan China.

Tentu saja sampai hari ini ada banyak penelitian tentang manfaat teh buat kesehatan tubuh. Pada perkembangannya teh kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain yang tak hanya memberi rasa, tetapi juga memberi manfaat yang ganda. Kita bisa menemukan teh yang dicampur dengan susu hingga buah-buahan. Variasi modern dari teh pun seperti tidak terbatas. Tapi kalau dicampur dengan bahan-bahan lain seperti ini, apakah manfaat alami dari teh akan pudar?

Ternyata nggak lho, GanSis.

 


Semisal nih kita mencampur teh dengan susu, hasil dari campuran tersebut nggak akan merusak manfaat salah satu dari kedua bahan ini. Dikutip dari Livestrong seperti yang ditulis Kumparan, teh dan susu sama-sama punya manfaat alami buat tubuh kita. Ketika kita mengkonsumsi teh susu, maka manfaat alami kedua bahan tersebut tetap akan terserap oleh tubuh kita. Susu sendiri kan punya banyak kegunaan positif tuh. Jadi ketika dipadukan dengan teh dan kita minum, tubuh kita justru akan mendapatkan serapan manfaat ganda.

Pernyataan ini didukung oleh Dr Grace Judio-Kahl. Dia menegaskan bahwa teh, bagaimanapun cara penyajiannya, hangat atau dingin dengan es, selama masuk ke dalam tubuh, manfaatnya akan tetap dirasakan dan berguna.

Jadi nggak usah ragu lagi untuk mengkonsumsi teh susu, GanSis. Asal kamu tetap memperhatikan kandungan gula dalam minuman tersebut. Beberapa manfaat teh susu buat badan kamu dirangkum dalam daftar di bawah ini:



1. "Obat" stres

Levek stres kamu mungkin nggak akan menurun sampai 0% tetapi mengkonsumsi campuran teh dan susu dipercaya bisa membuat kamu lebih tenang hingga sampai di titik di mana stres kamu akan terasa sangat berkurang dibandingkan sebelum minum campuran ini. Teh sejatinya memang memberikan efek tenang karena membantu pelepasan endorfin dan membuat kadar hormon stres yang ada di dalam tubuh kita jadi kembali ke titik normal.

2. Mengobati penyakit kronis


webmd.com
 menulis bahwa tea (hitam/hijau) mengandung 10 kali lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buah dan sayuran per sajian. Beberapa antioksidan yang terkandung di dalam teh antara lain katekin, thearubigin, dan epikatekin yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Antioksidan lain dalam teh juga bisa membantu mencegah timbulnya penyakit kronis yang diakibatkan oleh stres.

Dalam buku 'Food Chemistry' yang diterbitkan tahun 2006 silam dituliskan bahwa mencampur teh dengan susu memang menyebabkan beberapa jenis antioksidan alami dalam teh mengalami penurunan jumlahnya. Tetapi tidak hilang karena tetap ada dan meski tidak maksimal jumlahnya, antioksidan tersebut akan tetap diserap tubuh.



3. Menurunkan berat badan

Rutin mengkonsumsi teh dalam jumlah yang moderat bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang pada akhirnya akan mengurangi jumlah kalori penyebab bertambahnya berat badan. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh PubMed di tahun 2014 menjelaskan, teh hijau sangat bermanfaat dalam pengaturan jumlah kalori dan lemak dalam tubuh sehingga jenis teh ini sering digunakan untuk "terapi" penurunan berat badan.

Nah jika ingin mencampur teh dengan susu maka pilihlah susu yang tidak mengandung lemak atau susu alternatif seperti susu kedelai dan susu almond. Jadi kamu bisa tetap merasakan kenikmatan teh susu tanpa khawatir.

4. Memperkuat tulang

Dalam iklan-iklan di televisi baik iklan susu anak-anak maupun susu orang dewasa hingga lansia dijelaskan bahwa susu sangat baik untuk tulang. Susu mengandung kalsium dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tulang kamu. Mencampur susu dalam teh berarti kamu akan mendapatkan asupan antioksidan, kalsium, dan mineral di saat yang sama. Menarik!



5. Membantu perawatan kulit

Teh juga sangat baik lho untuk kulit. Susu pun demikian. Susu dan teh kadang juga menjadi salah satu bahan untuk produk perawatan kulit baik badan maupun wajah. Teh yang tinggi antioksidan dan senyawa polifenol bisa mengurang efek buruk dari radikal bebas terutama kamu yang kerap terpapar polusi kota besar. Teh pun bisa memberikan efek menangkal penuaan dini, menyamarkan garis halus di wajah, kerutan, serta noda bekas luka.

Nah, selamat ngeteh susu! Kalau pakai boba jangan lupa dikunyah ya!


 

bnoorraini
danQe
doaku.untukmu
doaku.untukmu dan 5 lainnya memberi reputasi
6
7.6K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.