• Beranda
  • ...
  • Games
  • [TOP 5] 5 Job Class Yang Sering Digunakan Di Ragnarok Online

ayokitakemanaaAvatar border
TS
ayokitakemanaa
[TOP 5] 5 Job Class Yang Sering Digunakan Di Ragnarok Online


Siapa yang ga kenal sama game populer ini. Dari zaman ane SD sampe ane SMP, game ini adalah yang paling sering dimainin di warnet. Walaupun akhirnya harus tergerus oleh game-game baru seperti RF online, perfect world dan lain-lainnya yang punya gameplay lebih baik dari Ragnarok. Namun buat yang sudah memiliki banyak teman dan sudah memiliki  guild tentu tidak akan begitu saja melupakan Ragnarok. Sebelum lanjut baca tritnya, di play dulu nih lagunya emoticon-Recommended Seller



soundcloud.com


Atau kalo mau lagu yang ini juga boleh 


soundcloud.com



duniaku.net


Berhubung dulu ane masih SD, uang jajan juga ga seberapa, jadi ane jarang banget ke warnet buat main game online. Tapi kalo sekedar liat temen main Ragnarok sering sih, kadang malah ditraktir main paket yang 3 jam/ 10 ribu dengan syarat bantuin ngasih alesan ke ibunya kalo habis belajar kelompok. Jadi dulu ane ngerti-ngerti dikitlah tentang game satu ini.


Sampe bulan Januari lalu ane tiba-tiba pengen main game ini lagi. Akhirnya nemulah ane game ini yang di publish ulang sama Gravindo. Yang awalnya niat iseng pengen main-main doang eh malah ketagihan sampe berbulan-bulan. Yang awalnya main jadi assasin acakadut, sampe punya blacksmith. Awalnya ane mikir, main dengan satu job aja cukup seperti game onlie lainnya. Tapi setelah berbulan-bulan ane sadar, satu class aja ga cukup di game ini. Dan hasil analisa ane, ternyata job-job ini yang sering digunakan di Ragnarok Online Gravindo:


1. Knight



duniagames.co.id


Menurut ane, knight adalah job sejuta umat. Job yang paling gampang di mainin di awal game dan banyak dibutuhin di party, terutama yang bertipe vit. Knight merupakan job level dua dari swordman. Punya damage gede dan darah yang banyak adalah ciri khas swordman. Bisa solo leveling dari awal main. Dan saat sudah level tinggi, job ini masih bisa solo leveling, ya walaupun harus ngorbanin pot. Selain itu knight bisa gunain peco-peco biar larinya lebih cepet.



duniagames.co.id


Namun kelemahan knight adalah serangannya yang suka miss, apalagi yang tipe vit. Jadi bakalan berguna banget kalo main party bareng priest dan wizzard. TInggal mancing momonnya sebanyak-banyaknya, terus nunggu wizzard bunuh momonnya. Ga usah takut mati, karena ada priest yang siap ngeheal darah kita. 


2. Wizard


duniagames.co.id


Wizard adalah job yang banyak digunain dan sangat dibutuhin di game ini. Walaupun ketika levelnya masih cupu bener-bener dianggap remeh, bahkan sering ga diajak party. Tapi kalo levelnya udah gede, job wizard paling banget dibutuhin. Kenapa? Karena semakin tinggi level kita, maka darah momon akan semakin tinggi. Kalo kita cuma ngandelin asssasin dan knight bakalan lama banget ngebunuhnya. Nah kalo ada wizard momon bisa dengan cepat dibunuh-bunuh. Apalagi skill area wizard yang bisa kill momon disekitarnya. 


ragnarok.wikia.com


Tapi selain susah leveling, wizard susah juga dapet duit. Ya gimana ga susah, saat wizard ngecast skill, dan momonnya mati, anggota party yang lain udah pada ngambilin item yang di drop momon. Akhirnya wizard cuma bisa kebagian sisa-sisanya aja yang harganya murah. 


3. Priest



duniagames.co.id


Priest adalah job yang bisa dibilang memiliki nasib yang hampir sama dengan wizard. Di level awal, priest akan kesusahan nyari party karena belom ada yang butuh skill healnya. Karena pemain masih bisa ngandelin pot buat heal darahnya. Di pertengahan level, saat damage momon mulai terasa sakit, skill priest baru lah dibutuhkan. Kerjanya cukup santai, yaitu ngeheal anggota party yang darahnya sekarat. Ketika sudah di level tinggi, priest adalah anggota party yang paling di cari, sama seperti wizard. Karena tanpa priest tentu party tidak akan bisa bertahan lama. Ditambah lagi banyaknya momon agresif di sepanjang jalan. Bisa-bisa belum sampai tempat leveling udah mati dijalan. 



zerochan.net


Keuntungan menjadi priest adalah memiliki darah yang banyak dan sangat dibutuhkan di dalam party. Namun kekurangannya sulit solo leveling dan susah dapet duit. Karena terlalu sibuk ngeheal dan ngehidupun orang lain. Jadi item yang di drop momon keburu diambil orang lain.


4. Blacksmith



duniagames.co.id


Ini  adalah job yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam party. Karena skillnya tidak terlalu berguna, kecuali kemampuannya dalam memperbaiki senjata yang rusak. Job ini bisa dibilang sulit leveling, karena selain sering tidak diterima dalam party, skillnya juga banyak yang merugikan. Seperti skill mammonite yang ngelempar uang ke momon, udah damagenya ga seberapa, zeny kita iikut berkurang. 



zerochan.net


Tapi bagi yang sadar, blacksmith ini bisa menjadi tank yang kuat seperti knight dan menjadi tipe DPS seperti assasin. Namun ane rasa itu melenceng dari kodratnya yang seharusnya menjadi tukang besi dan tukang jual barang. Tanpa job ini kita bakalan kesusahan jualan barang. Tanpa job ini pula kita harus rela ngeluarin duit buat nempa di orang dengan harga tinggi. Kenapa? Karena build forging bener-bener susah kalo ga di gb sama orang lain.


5. Assasin



duniagames.co.id


Menurut ane kalo di suruh pilih antara hunter dan assasin ane lebih milih jadi assasin. Selain leveling gampang, bisa solo leveling, berubah job gampang, assasin punya skill cloacking yang ngebuat kita jalan di bawah tanah. Ditambah skill grimtooth yang bisa nyerang musuh saat pake skill cloack. Skill ini sering banget ane pake kalo darah lagi sekarat atau ada orang yang ngambil momon inceran ane. Jadi tinggal ane giring momon sebanyak-banyaknya, terus deketin orang/ party itu, terus ane pake cloack. Bodo amat dah mereka mati sekeluarga dihajar momon emoticon-Big Grin. Selain itu, kelebihan job ini adalah damage sonic blow yang besar sehinga bisa bunuh 1 momon dengan cepat. 



tvtroopers.org


Tapi kelemahannya adalah asasin hanya punya sedikit mp, jadi sebisa mungkin bawa mp pot buat heal mp. Selain itu asssasin sering ga diajak party karena ga ada skill yang berguna menunjang suatu party


Menurut ane itulah job yang sering digunakan oleh orang-orang di Ragnarok Online Gravindo. Kenapa cuma job level 2? karena ane maen cuma sampe update job level 2, sebelum akhirnya ane ga bisa pake wifi colongan lagi emoticon-Big Grin. Ane tau masih banyak job lain seperti crusader, assasin cross, rogue dll tapi wifi colongan ane udah ga bisa dipake, jadi mau ga mau ane harus berhenti main ragnarok online. Bahkan berhenti menggunakan internet. Walaupun ane sekarang udah ada wifi sih di rumah emoticon-Big Grin

inggapranata
KT610-lover
tata604
tata604 dan 7 lainnya memberi reputasi
4
26K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.