Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naluw89Avatar border
TS
naluw89
5 Misteri Arkeologis yang Berhasil Dipecahkan
Sesekali, para arkeolog membuat penemuan-penemuan penting. Mereka menemukan peradaban yang hilang, menemukan artefak yang signifikan, atau menemukan sisa-sisa tokoh sejarah yang penting. Namun, sebagian besar penemuan luar biasa ini diselimuti misteri, karena berbagai alasan, seperti kurangnya catatan sejarah tertulis. Syukurlah, sains dan teknologi terus berkembang. Dengan bantuan dua alat yang berharga ini, para arkeolog dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan studi yang lebih baik.
Puquios
5 Misteri Arkeologis yang Berhasil Dipecahkan
Puquios adalah lubang spiral berbaris batu yang terletak di wilayah Nazca Peru Selatan, daerah yang sama di mana Garis Nazca yang terkenal ditemukan. Selama beberapa dekade, para ilmuwan bingung tentang asal dan tujuan dari struktur misterius ini. Penanggalan karbon tidak dapat diterapkan pada puquios, karena bahan yang digunakan untuk membuatnya identik dengan medan di sekitarnya. Juga, seperti banyak peradaban Amerika Selatan, Nazca tidak memiliki catatan sejarah tertulis. Pada tahun 2016, tim ilmuwan Italia dari Institute of Metodologi untuk Analisis Lingkungan akhirnya mengungkap misteri puquios. Setelah menganalisis berbagai citra satelit, peneliti Rosa Lasaponara dan rekan-rekannya menemukan bahwa struktur spiral yang berlapis batu ini adalah “bagian dari sistem hidrolik luas yang membawa air di kanal bawah tanah ke tempat yang dibutuhkan — baik untuk mengairi tanaman atau ke daerah berpenduduk sebagai air minum.
Paru-paru mumi Ratu Arnegunde
5 Misteri Arkeologis yang Berhasil Dipecahkan
Pada tahun 1959, arkeolog Michel Fleury menemukan sisa-sisa Ratu Arnegunde, dari kerajaan Merovingian dan ibu dari Raja Chilperic I, di Basilika St Denis di Paris. Bersama dengan kerangka ratu, Fleury juga menemukan perhiasan, potongan-potongan kulit, tekstil, juga sehelai rambut. Tetapi yang membuat temuan ini luar biasa adalah paru-paru ratu yang dimumikan, berbeda dengan tubuhnya yang berbentuk kerangka. Sejak ditemukannya paru-paru sang ratu, para ilmuwan telah lama berusaha menjawab apakah paru-paru ini dibalsem secara sengaja atau dimumikan secara alami. Tim peneliti internasional yang dipimpin oleh bio-antropolog Rafaella Bianucci dari University of Turin memeriksa paru-paru Ratu Arnegunde, dan menemukan bahwa paru-parunya memang sengaja dimumikan. Ketika para ilmuwan melakukan analisis biokimia, mereka menemukan tembaga oksida dan jejak asam benzoat di paru-parunya. Asam benzoat biasanya ditemukan pada tanaman, sedangkan tembaga, yang memiliki sifat pengawet, biasanya digunakan sebagai perhiasan.

Baca juga  Sekolah Angker Tertua di Indonesia


Para peneliti menyarankan bahwa Ratu Arnegunde mungkin telah menerima suntikan oral rempah-rempah cair atau tanaman aromatik.
Penyebab Kematian Irtyersenu

5 Misteri Arkeologis yang Berhasil Dipecahkan

Irtyersenu adalah orang Mesir yang hidup sekitar 600 SM di kota kuno Thebes. Dia berusia sekitar 50 tahun ketika meninggal. Irtyersenu terkenal setelah Augustus Bozzi Granville, seorang ginekolog, melakukan otopsi pada tubuh mumi di depan Royal Society of London pada tahun 1825. Granville menemukan tumor pada ovarium Irtyersenu, membuatnya menyimpulkan bahwa kanker ovarium menyebabkan kematiannya. Namun, para ahli kemudian menyimpulkan bahwa tumor itu jinak. Jika bukan kanker ovarium, lalu apa yang menyebabkan kematian Irtyersenu? Pertanyaan itu membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Mark Spigelman dan Helen Donoghue dari University College London melakukan pemeriksaan ulang menyeluruh terhadap tubuh mumi Irtyersenu. Mereka menemukan DNA dan molekul dinding sel dari Mycobacterium tuberculosis di tulang, kandung empedu, dan paru-paru Irtyersenu. Temuan ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa dia meninggal karena TBC paru-paru.


Baca juga  5 Tempat Paling Menakutkan di Dunia



Identitas Masada
5 Misteri Arkeologis yang Berhasil Dipecahkan

Masada adalah benteng gurun yang terletak di Gurun Yuda di Israel. Keajaiban arsitektur ini terkenal dengan bunuh diri massal Zelot yang terjadi di dalam temboknya hampir 2.000 tahun yang lalu. Orang Zelot adalah sekelompok pemberontak Yahudi radikal yang berusaha untuk menggulingkan Romawi yang menduduki Israel. Sekitar tahun 1960-an, tim arkeolog yang dipimpin oleh Yigael Yadin melakukan penggalian di Masada. Saat menggali sebuah pemandian di lokasi, mereka menemukan sisa-sisa tiga orang manusia — dua kerangka pria dan rambut seorang wanita. Para ahli percaya bahwa jasad itu milik keluarga Zelot. Pada tahun 1969, pemerintah Israel mengakui sisa-sisa Masada sebagai pahlawan Yahudi dan memberi mereka penguburan kenegaraan. Penemuan itu begitu sensasional sehingga menjadi bagian dari mitologi nasional Israel. Namun, analisis yang dilakukan oleh ahli forensik Azriel Gorski dan antropolog Joe Zias menunjukkan bahwa kerangka itu bukan Yahudi. Dengan menggunakan metodologi forensik canggih dan perikop dari Alkitab, Gorski dan Zias memecahkan misteri sisa-sisa Masada. Sebuah bagian yang tidak jelas dalam kitab Ulangan mengatakan bahwa wanita non-Yahudi yang ditangkap selama pertempuran harus memotong semua rambut mereka. Ini sengaja dilakukan untuk membuat mereka kurang menarik bagi para penculik Yahudi mereka. Ketika Gorski dan Zias melakukan analisis forensik, mereka menemukan bahwa rambut wanita itu dipotong dengan alat tajam ketika dia masih hidup, menunjukkan bahwa dia adalah seorang tahanan non-Yahudi.




Baca juga  5 Tempat Terpencil Paling Misterius di Dunia
The Phaistos Disc Of Crete
5 Misteri Arkeologis yang Berhasil Dipecahkan

Pada tahun 1908, cakram tanah liat misterius berdiameter sekitar 15 sentimeter ditemukan di Istana Phaistos di pulau Kreta. Cakram ini menampilkan bahasa yang tidak diuraikan di kedua sisi. Para ilmuwan memperkirakan bahwa cakram misterius itu mungkin telah diciptakan selama Zaman Perunggu Minoan pertengahan atau akhir, sekitar tahun 1700 SM. Dikenal sebagai Cakram Phaistos, objek tanah liat yang penuh teka-teki ini telah memesona dan membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Para ahli awalnya menyarankan bahwa cakram itu adalah semacam mesin tik awal. Teori ini menjadi penjelasan umum sampai ditantang oleh Gareth Owens dari Institut Pendidikan Teknologi Kreta sekitar tahun 2014. Dia percaya bahwa Disc Phaistos adalah doa untuk dewa Minoa tertentu. Owens membutuhkan waktu enam tahun untuk menemukan beberapa kata penting dan pesan umum dari disk tersebut. Dia menemukan bahwa kata yang paling sering disebut dan berharga dalam Cakram Phaistos adalah “ibu”, yang membuatnya percaya bahwa benda misterius itu didedikasikan untuk dewi kesuburan ibu peradaban Minoa.


Sumber


https://kopi17an.com/?p=5050
azid12353
bandarjigonk
nona212
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
549
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.