alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d27080dc0cad7260471aa78/ratna-sarumpaet-divonis-2-tahun-penjara
Lapor Hansip
11-07-2019 16:57
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara
Past Hot Thread
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada aktivis Ratna Sarumpaet dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Ratna dianggap bersalah telah menyebarkan hoaks yang mengakibatkan keonaran seperti diatur dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Ratna Sarumpaet dengan pidana penjara selama 2 tahun," ujar hakim Jony dari PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7).

Hakim menyatakan masa hukuman pidana Ratna tersebut akan dikurangi masa tahanan selama dia menjalani proses hukum.


Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya menuntut Ratna pidana bui enam tahun. Jaksa menilai Ratna tidak memenuhi unsur Pasal 44 KUHP terkait penyakit kejiwaannya. Bahkan, permintaan maaf Ratna dinilai tidak dapat menghapus tindakan pidana.

Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin sempat menyebut tuntutan enam tahun kepada kliennya lebih berat daripada tuntutan kepada pelaku kasus korupsi. Insank mengatakan tuntutan kepada Ratna terbilang berat, terlebih usia Ratna yang sudah menginjak 70 tahun.

Lihat juga: Mengeluh Tekanan Darah Tinggi, Ratna Diminta Hakim Jaga Emosi
Sebelum menjalani sidang, Ratna Sarumpaet berharap dirinya bebas. Ratna mengatakan tidak ada bukti yang memberatkannya bahwa kebohongan yang dilakukan telah membuat keonaran.

"(Harapannya) bebas, aku kan sudah bilang enggak ada fakta yang menunjukkan aku bersalah secara hukum. Harapannya ya bebas dong, enggak ada faktanya," ujar Ratna.

Berita bohong pemukulan Ratna bermula pada Oktober 2018. Ketika itu, sejumlah politikus mengabarkan Ratna Sarumpaet dipukul sekelompok orang di Bandung, Jawa Barat. Foto-foto Ratna lebam beredar di media sosial.

Ratna Sarumpaet. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Sejumlah politikus mengaku mendapat kabar penganiayaan dari Ratna. Namun, Ratna akhirnya mengaku luka lebam itu bukan disebabkan karena pemukulan melainkan operasi kecantikan.

Ratna yang tergabung dalam anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mundur setelah polisi mengungkap kebohongannya. Sebagian pihak menduga ada motif politik dalam kebohongan yang dibuat Ratna.

Namun dalam pembelaannya depan majelis hakim, Ratna mengklaim keterangan-keterangan saksi dan ahli mampu membuktikan tidak ada motif politik dalam kasus kebohongannya.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...-tahun-penjara

Lebih rendah dari tuntutan jpu
Diubah oleh lanank.jagad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
11-07-2019 23:02
gapapaaa gan, negara kita negara hukum...kalo ada yg salah mnrt hukum lgsg saja laporkan dan slesaikan scr hukum...salut pada hakim indonesia mreka hanya takut kepada Yang Maha Kuasa...tdk dapat terpengaruh oleh bisikan bisikan jahat di sekitar mereka...insight buat ane sbg anak muda, klo mau viral ya viral krn sesuatu ato banyak hal yg baik spt prestasi maupun hal lainnya sosial mungkin...jangan dengan cara yg seolah" tidak brpikir sblm bertindak...krn ujungnya akan berakibat fatal
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
11-07-2019 23:07

Quote:Original Posted By kakekane.cell
saya pemilih 02.... 😅😅😅😅




Anda tau saja KEBIASAAN saya mas... emoticon-Leh Uga
tau dong kek

profile-picture
Si.Perusuh memberi reputasi
-1
11-07-2019 23:22
Tobat ya Bu.
Ingat umur, ingat keluarga, ga usah banyak polah.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Si.Perusuh memberi reputasi
2
11-07-2019 23:29
Omg !Sistah yang satu ini divonks dua tahun..
Makanya hati-hati kalu bersikap
Dan nertirur kata makamya kadang yg km edit kan ini wkwkw
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Si.Perusuh memberi reputasi
2
11-07-2019 23:30
Alhamdulillah semoga dapat hidayah di penjara nanti
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Si.Perusuh memberi reputasi
2
11-07-2019 23:34
5tahun juga ga papa ya kayaknya....soalnya suka boong si...boong nasional lagi..wwkwkw
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Si.Perusuh memberi reputasi
2
11-07-2019 23:49
waduh sepertinya gabisa asal buat berita atau informasi, dari sini haru banyak belajar asal tidak sembarang sebar informasi gan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Si.Perusuh memberi reputasi
2
12-07-2019 00:04
dikasih hukuman alternatif aja, kalau menurut gue sih. misalnya 2 tahun umroh di mekah. gpp dibayarin berangkatnya. kalau idup ya biar disono dia cari akal sendiri .
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Si.Perusuh memberi reputasi
2
12-07-2019 00:12
selamat menempuh hidup baru nek
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Si.Perusuh memberi reputasi
2
12-07-2019 00:23
Cuma 2 tahun ya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
-1
12-07-2019 00:58
Quote:Original Posted By ba4567qa
selanjutnya penyebar live di tv ini diciduk rame2

Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara


Batik pak wowo nya bagus, agan tau jualnya dimana?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
12-07-2019 03:45
Quote:Original Posted By carbon.
Gw akan sangat bangga menjadi warga negara Indonesia kalau gembongnya diciduk.


nah ini nih yang harus ditegakkan. ciduk sampe akarnya.
profile-picture
profile-picture
carbon. dan kakekane.cell memberi reputasi
2
12-07-2019 04:03
cuma 2 taon
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
12-07-2019 06:23
Kawan2 kubu kampret gaada yg bantuin apa nih? Kan kasihan beliau jadi kambing hitam. Pada cuci tangan semua nih. Ckckck
0
12-07-2019 06:40
Masi bingung
Ane masi tdk habis pikir dan btuh masukan dari agan2...

Untk bu ratna nya, yg mati2 an nyebarin hoax, apkh ad dari tim badan pemenangan nasional yg memberi support atau bantuan, baik itu secara moril dan materi ??

Soal ny kasian jg... dy menjagokan jagoan ny.. tp di tinggal seorg diri ketika mendapatkan masalah sperti ini

emoticon-shakehand
0
12-07-2019 07:00
2 thn kedikitan bray .. emoticon-Turut Berduka
0
12-07-2019 07:44
Quote:Original Posted By Osenk2Bantal
Vonisnya kurang dari setengah tuntutan, 6 tahun, biasanya jaksa banding.
Kita lihat kali ini bagaimana emoticon-Ngacir


99% banding keknya
0
12-07-2019 07:52
Kurang, terlalu ringan.
Efek hoax nya sangat merusak tatanan sosial saat ini.
Dan yg lain ikut2 menyebarkan, belum ditindak
0
12-07-2019 08:37
Ratna Sarumpaet Sekarang

&list=UUS7qjBMLVY_U567121NWP9A&index=7
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.