hamtonzAvatar border
TS
hamtonz
Alat Pemeriksa Ponsel Vanessa Angel Dipamerkan di HUT Bhayangkara
https://regional.kompas.com/read/201...ut-bhayangkara



SURABAYA, KOMPAS.com — Polda Jawa Timur memamerkan sejumlah peralatan kerja saat peringatan HUT Bhayangkara Ke-73 di Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Rabu (10/7/2019) malam. Salah satunya, perangkat pemeriksa isi ponsel dan perangkat pemeriksa serpihan bom.

Perangkat pemeriksa isi ponsel bernama Celebrite Ufed Touch. Perangkat digital itu adalah salah satu koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Surabaya.

"Alat ini yang digunakan memeriksa ponsel Vanessa Angel dalam kasus pelanggaran UU ITE," kata Kepala Urusan Narkoba Forensik Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya AKP Yuli Khrisna, di stan Puslabfor Mabes Polri Cabang Surabaya.

Artis Vanessa Angel sebelumnya pernah menjalani proses hukum di Mapolda Jawa Timur. Dari rangkaian kasus prostitusi online yang diungkap polisi, artis peran itu dijerat pasal pelanggaran UU Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE) karena disebut mengirimkan konten asusila.

Akhir Juni lalu, Vanessa divonis 5 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Surabaya.

Perangkat digital buatan Inggris itu, menurut Yuli, bisa mengakses semua aktivitas ponsel dari SMS, chatting, suara, video, dan aktivitas aplikasi lain. Perangkat dilengkapi beragam bentuk konektor penghubung.

"Saat ponsel tersambung dengan konektor, semua isi ponsel bisa diakses melalui layar monitor laptop. Bahkan, aktivitas yang sudah dihapus di ponsel," ujar Yuli.


Alat tersebut kerap digunakan jika suatu penyidikan kasus memerlukan informasi atau bukti dari ponsel terduga pelaku atau korban.

"Semua informasi dari ponsel bisa diakses melalui alat ini karena prinsipnya di semua ponsel saat nomor ponsel diregistrasi, semua aktivitas pasti bisa diakses," kata Yuli.

Selain Celebrite Ufed Touch, juga dipamerkan beragam perangkat bersifat portable, seperti perangkat pendeteksi gas untuk mendeteksi aroma gas, perangkat pemeriksa uang palsu, pemeriksa jenis narkoba, hingga perangkat pemeriksa serpihan bom bernama Sabre 4000 dan FT IR.

"Alat ini digunakan untuk mendeteksi serpihan bom yang diledakkan di sejumlah lokasi di Surabaya beberapa waktu lalu," kata Yuli.


Semua peralatan di Labfor Polri adalah peralatan yang mendukung kinerja penyidikan polisi dengan pendekatan penyidikan berbasis ilmiah.

"Yang kami bawa di stan hanya peralatan yang bersifat portable. Di kantor masih banyak peralatan yang berukuran besar," ujar Yuli.

Canggih nih alat asing emoticon-Big Grin
noisscat
ndetianta
haidartamvan009
haidartamvan009 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
3.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.