Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

taofikkillsAvatar border
TS
taofikkills
Kemendag Pastikan Harga Ayam Kembali Normal
Spoiler for asyik:


Pemerintah memastikan harga ayam di tingkat peternak mulai berangsur normal. Berdasarkan penelusuran Kementerian Perdagangan (Kemendag) harga rata-rata ayam peternak sudah mendekati harga biaya produksi.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Tjahya Widayanti mengatakan, harga ayam di tingkat peternak meski belum kembali di level terbaik, namun sudah terlihat berangsur normal. Targetnya, kata dia, pemerintah mengupayakan harga bisa melebihi biaya produksi berkisar Rp 18 ribu-Rp 20 ribu per kilogram (kg).

Kemendag memastikan masih akan terus menelusuri adanya dugaan kartel ayam. Kerjasama lintas pihak antara satuan tugas (satgas) pangan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan lingkup kementerian terkait mutlak diperlukan demi menindaklanjuti berbagai temuan-temuan yang ada di lapangan.

Tjahya mengaku, pemerintah belum dapat membuka informasi lebih jauh mengenai penelusuran dugaan kartel yang ada. Sejauh ini pihaknya masih akan terus bergerak ke fokus stabilisasi harga ayam baik di tingkat peternak maupun di pasar.

Sekali pun harga ayam tengah berada di kisaran normal, pihaknya terus mengantisipasi kenaikan harga ayam di tingkat pasar. Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 96 Tahun 2018 disebutkan, harga acuan pembelian ayam di tingkat peternak sebesar Rp 18 ribu-Rp 20 ribu per kilogram (kg). Sedangkan harga acuan pembelian di tingkat konsumen berada di level maksimal sebesar Rp 34 ribu per kg.

Sumber

Spoiler for spiderman:
0
1.3K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.