Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

megijetAvatar border
TS
megijet
Gagal Dapet Kerjaan? Hmm Harus Gimana Ya..


WELKOM Agan -Sista...

Sebelumnya, ini bukan postingan curhat.

Jaman sekarang nyari kerja katanya susah-susah gampang. Persaingan tinggi dengan latar belakang pendidikan yang bermacam-macam jadi salah satu faktor.

Gak cuma itu, lulusan S1 aja kayanya bertebaran di mana-mana berlomba-lomba rebut satu posisi di perusahaan mentereng. Katanya, kalau punya skill tambahan minimal bahasa asing dan luwes bergaul bisa makin "mulus" masuk ke mana aja.

Pernah alami gagal dapet kerjaan padahal udah sampai interview tahap akhir? Jangan sedih gan, berdasarkan pengalaman pribadi ane, rasanya nyelekit. Mungkin tips yang bakal ane share gak bisa dicocokin dengan kondisi agan-agan sekalian. Tapi buat ane, ini cukup ampuh menetralisir rasa kekecewaan dan bangkit lagi.

Ane tambahin dikit dari opini dan artikel ya Gan. Cekidot!

1. Tegakkan Kepala dan Semangat
Saat ane sadar ane gak keterima, tepat hampir sebulan gak ada kabar dari perusahaan yang ane lamar. Lalu ane iseng tanya kenalan ane orang dalem buat kroscek ke HRD terkait. Eh ternyata, usut punya  usut, kalau gak dikabari tandanya gak lolos. 

Lemes iya, kecewa dan sedih udah pasti. Jadi ane fokus ubah sudut pandang supaya rileks dan tetep semangat. Ane cari lagi lowongan yang cocok. Anggap aja belom rejeki hahaha.

2. Cari Salahnya Di Mana
Ane sempet mikir, ini semua belum berakhir. Ane sempet merenung salahnya di mana. Tapi malah jadi stres.  Mungkin pas wawancara, ane kurang pede. Nah kalau udah tau apa sekiranya kekurangan kita, pastiin di masa-masa pencarian ini kita introspeksi dan latihan. 

Jujur ane setelahnya latian wawancara sama temen ane. Biar lebih pede. Dengan begitu, kita jadi lebih berani membawa diri depan tajamnya tatapan HRD. (wkwkwk maap lebay)

3. Belajar Skill Baru
Gagal dapet kerjaan bisa juga karena memang skill kita belum bagus di mata calon perusahaan. Ikutan training, kursus atau apapun yang bisa bikin tambah ilmu boleh dicoba. Kalau gak jago bahasa inggris ya les, kursus. Ga mau berbayar juga bisa. Latian lewat youtube juga banyak sekarang. 

Gak semua kerjaan memberikan training saat agan masuk pertama kali. Ada sih kerjaan sampingan semacam mitra GO-LIFE. Ane nemu artikelnya, bapak ini udah pengalaman juga tetep ikut training. Mitra yang gabung dapet training dan onboarding jadi lebih terlatih. 

Pokoknya jangan cepat puas dengan ilmu yang ada. Ane sendiri akhirnya ambil les bahasa inggris gan wkwkkw.

4. Ekspektasi
Nah kalau udah bisa motivasi diri untuk bangkit lagi, satu lagi yang kudu diperbaiki: Ekspektasi. Menurut ane kalau punya harapan ketinggian itu bisa bikin sakit pas "jatoh". Nah, belajar mengukur ekspektasi sesuai  kemampuan. 

Kalau lamar kerjaan, baiknya sesuaikan dengan level kemampuan. Kalau fresh graduate yaa jangan coba apply jadi level Senior hehehe. Termasuk soal gaji juga yaa gan. Kalau gaji yang diinginkan ketinggian, HRD juga bakal geleng-geleng kepala lihatnya.

Sejak ane gagal, ane dapat kerjaan baru 3 bulan setelahnya. Yaa lama sih, tepat kursus ane kelar. Tapi ane pikir belajar gak pernah usai. Namanya gagal juga akan selalu datang, yang penting jangan pernah berhenti coba dan bangkit lagi.

Ada yang pernah gagal interview atau gagal dapet kerja juga? Share di sini yuk gan pengalamannya.

TETAP SEMANGAT YAA! emoticon-Angkat Beer

SUMBER: 
- opini pribadi -
BLOG GO-LIFE
santaikalus
santaikalus memberi reputasi
1
531
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.