alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d25297faf7e935788400827/idealnya-berapa-sih-mahar-untuk-pernikahan
Lapor Hansip
10-07-2019 06:55
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?
Past Hot Thread
Menikah merupakan sesuatu momen yang berkesan dan diinginkan oleh banyak orang. Bagi mereka yang sudah cukup umur tentunya sebauh pernikahan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti hingga mereka memantaskan dirinya mulai dari sikap pribadinya, mental diri dalam meghadapi pernikahan hingga persiapan secara finansial agar siap saat memasuki masa-masa pernikahan dengan calon pasangan yang menjadi idaman.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : apollo-singapore.akamaized.net

Bicara tentang pernikahan selalu berkaitan dengan biaya yang besar, benarkah selalu demikian? Nyatanya tak selamanya seperti begitu. Banyak orang yang melaksanakan pernikahan dari pernikahan yang sederhana hingga pernikahan yang mewah dan menghabiskan banyak biaya. Namun pada umumnya pernikahan selalu meriah dan menghabiskan banyak biaya yang tak sedikit, hal ini tercermin dari kebiasaan di masyarakat yang seringkali mengadakan pesta pernikahan yang meriah. Begitu juga dengan mahar pernikahannya pun cukup besar dan biasanya menggunakan emas atau uang tunai.

Tentang mahar pernikahan sendiri memang beragam, tapi biasanya mahar pernikahan itu besar atau sesuai dengan standar yang biasa di masyarakat itu sendiri. Namun ada juga yang terkadang maharnya anti mainstream seperti dengan mahar yang sederhana seperti mahar sendal jepit yang viral di dunia maya beberapa waktu yang lalu. Bicara mahar pernikahan memang sah-sah saja selama ada kerelaan satu sama lainnya.

Lantas yang paling ideal mahar pernikahan itu seperti apa? Sedikit atau banyak? Jawabannya kembali ke standar masing-masing karena setiap orang punya standarnya masing-masing tentang mahar pernikahan. Meskipun begitu, kita harus bisa mempertimbangkan untuk menentukan mahar pernikahan dengan sebaik-baiknya. Sebagai laki-laki tentunya harus bisa memberi mahar pernikahan yang terbaik dengan catatan tidak memberatkan dirinya dan tidak lewat dari batas kemampuannya. Sedangkan bagi perempuan baiknya tidak terlalu berlebihan dalam meminta mahar terlebih jika orangtua ikut campur soal mahar pernikahan sebaiknya dihindari.

Sedikit atau tidaknya mahar kembali lagi kepada kerelaan masing-masing, jika di masyarakat standar maharnya begitu tak salahnya ikut kebiasaan di masyarakat. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan dengan jelas dari laki-laki kepada perempuan tentang mahar pernikahan yang diberikan agar tidak ada miss komunikasi atau salah paham karena kejadian kesalah pahaman seperti ini ada dan terjadi di masyarakat.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : kebumenekpres.com

Jangan terlalu pelit dalam memberikan mahar dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan mahar jika memang memiliki batas kemampuan finansial. Idealnya jumlah mahar pernikahan kembali ke setiap orang yang akan menikah, yang penting siapkan mahar terbaik untuk calon pasangan dan jangan sampai "hadiah" mahar pernikahan terlalu sederhana dan seakan tak ada nilai. Berilah yang terbaik untuk calon pasangan karena dia adalah sosok yang akan menemani sepanjang usia. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pembelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boby008 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
10-07-2019 06:55
Reserved
profile-picture
profile-picture
indra.blora dan upasara.wulung memberi reputasi
2
10-07-2019 07:31
sing penting sama2 gelem emoticon-Leh Uga
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1
10-07-2019 07:54
Semampunya saja om, gausah banyak banyak emoticon-Malu (S)

emoticon-Bata (S) bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bandarjigonk dan 10 lainnya memberi reputasi
-9
10-07-2019 08:07
cukup kasih sayang aja
profile-picture
profile-picture
davianjustice dan warrysangru2 memberi reputasi
2
10-07-2019 08:13
Tetangga saya gak usah pakai mahar cukup di kasih kontlo tiap hari😂

Modal baikllitolitoli 😂
0
Lihat 1 balasan
10-07-2019 08:17
Targetnya. 1 T turun ke 1M , turun 100jt turun ke 10jt, turun 1jt terus ke 100rb turun ke 10ribu. Terus ke seribuan dolar.
0
10-07-2019 08:43
koplak banget ini sendal jepit buat maharnya..
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
1
10-07-2019 09:19
mahar berapapun asal tidak memberatkan..
dan sudah disepakati kedua belah pihak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
10-07-2019 09:20
Tanyakan ke aganwati aja, laki mah siap ladenin emoticon-Ngakak
profile-picture
BABONZZ memberi reputasi
1
10-07-2019 09:21
Quote:Original Posted By tafakoer
Menikah merupakan sesuatu momen yang berkesan dan diinginkan oleh banyak orang. Bagi mereka yang sudah cukup umur tentunya sebauh pernikahan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti hingga mereka memantaskan dirinya mulai dari sikap pribadinya, mental diri dalam meghadapi pernikahan hingga persiapan secara finansial agar siap saat memasuki masa-masa pernikahan dengan calon pasangan yang menjadi idaman.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : apollo-singapore.akamaized.net

Bicara tentang pernikahan selalu berkaitan dengan biaya yang besar, benarkah selalu demikian? Nyatanya tak selamanya seperti begitu. Banyak orang yang melaksanakan pernikahan dari pernikahan yang sederhana hingga pernikahan yang mewah dan menghabiskan banyak biaya. Namun pada umumnya pernikahan selalu meriah dan menghabiskan banyak biaya yang tak sedikit, hal ini tercermin dari kebiasaan di masyarakat yang seringkali mengadakan pesta pernikahan yang meriah. Begitu juga dengan mahar pernikahannya pun cukup besar dan biasanya menggunakan emas atau uang tunai.

Tentang mahar pernikahan sendiri memang beragam, tapi biasanya mahar pernikahan itu besar atau sesuai dengan standar yang biasa di masyarakat itu sendiri. Namun ada juga yang terkadang maharnya anti mainstream seperti dengan mahar yang sederhana seperti mahar sendal jepit yang viral di dunia maya beberapa waktu yang lalu. Bicara mahar pernikahan memang sah-sah saja selama ada kerelaan satu sama lainnya.

Lantas yang paling ideal mahar pernikahan itu seperti apa? Sedikit atau banyak? Jawabannya kembali ke standar masing-masing karena setiap orang punya standarnya masing-masing tentang mahar pernikahan. Meskipun begitu, kita harus bisa mempertimbangkan untuk menentukan mahar pernikahan dengan sebaik-baiknya. Sebagai laki-laki tentunya harus bisa memberi mahar pernikahan yang terbaik dengan catatan tidak memberatkan dirinya dan tidak lewat dari batas kemampuannya. Sedangkan bagi perempuan baiknya tidak terlalu berlebihan dalam meminta mahar terlebih jika orangtua ikut campur soal mahar pernikahan sebaiknya dihindari.

Sedikit atau tidaknya mahar kembali lagi kepada kerelaan masing-masing, jika di masyarakat standar maharnya begitu tak salahnya ikut kebiasaan di masyarakat. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan dengan jelas dari laki-laki kepada perempuan tentang mahar pernikahan yang diberikan agar tidak ada miss komunikasi atau salah paham karena kejadian kesalah pahaman seperti ini ada dan terjadi di masyarakat.
Idealnya Berapa Sih Mahar Untuk Pernikahan?

Credit : kebumenekpres.com

Jangan terlalu pelit dalam memberikan mahar dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan mahar jika memang memiliki batas kemampuan finansial. Idealnya jumlah mahar pernikahan kembali ke setiap orang yang akan menikah, yang penting siapkan mahar terbaik untuk calon pasangan dan jangan sampai "hadiah" mahar pernikahan terlalu sederhana dan seakan tak ada nilai. Berilah yang terbaik untuk calon pasangan karena dia adalah sosok yang akan menemani sepanjang usia. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pembelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber Lain
Sumber gambar via google images


Enggak ada takaran ideal atau tidak ideal kalau menurut hukum Islam. Bahkan hanya dengan mengajari calon istri mengaji satu ayat sudah sah hukumnya

cuma di Indonesia saja yang hobi bikin ribet sampai sampai batal nikah gara gara syarat mahar yang kelewat edan...

Tapi sebaiknya hal semacam ini dibicarakan oleh kedua belah pihak.. ya kali karena hukum aslinya enggak ada takaran, lantas semaunya kasih mahar berupa sebongkah batu.. kalau batu berlian sih boleh, kalau batu bata..?? buat nimpuk pale calon lakinya aja...
0
10-07-2019 09:28
Mau banyak mau dikit kalauga ada pihak yg dirugikan monggo monggo aja gan... Yang penting ga merasa terpaksa kemakan gengsi
profile-picture
icecone17 memberi reputasi
1
10-07-2019 09:55
Agama tidak mematok besar kecilnya mahar, nabi adam saja menikahi siti hawa maharnya baca sholawat itu tetap sah. Jangan sampai hanya karena mahar kita menunda pernikahan.

Dalam islam syarat menikah itu tidak berat & tidak harus pesta berlebihan. cuma budaya kita saja yg suka berlebihan mau menikah harus jual ini itu, harus minjam kesana kemari.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembogspeed dan 3 lainnya memberi reputasi
4
10-07-2019 10:28
Nikah itu ibadah dan yg namanya ibadah itu tidak pernah memberatkan dan yg memberat2kan jalannya ibadah itu termasuk dalam dosa,
Ketika mahar sudah di nilai menjadi gengsi maka disitulah nilai ibadah sudah tercoreng menjadi ria, 😂 walaupun mahar sering kali sebagai ajang jual beli kesepakatan untuk nikah berikan yg terbaik sesuai kemampuan yg diasanggupi bukan malah menjadi beban pasangan yg akan melakukan ibadah tersebut😂
0
10-07-2019 10:50
idealnya ya seikhlasnya.
ikhlas kan karena udah musyawarah dulu
0
10-07-2019 11:30
belajar dari cewek sulawesi yang bunuh diri gara2 mahar nya ga di terima orang tua karna terlalu rendah
0
10-07-2019 11:41
emoticon-Wow Sebetulnya modal urat udah cukup sih emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
profile-picture
bobo.cantik memberi reputasi
1
10-07-2019 16:41
Menurut ane, jangan terlalu dibebankan untuk memberikan mahar yang dirasa kurang bisa dipenuhi atau memaksakan. Toh syarat sah pernikahan salah satunya adalah Adanya keridhaan dari kedua mempelai, enaknya diskusi dulu, saling terbuka sama pasangan. emoticon-Toast

emoticon-Malu
0
11-07-2019 15:47
sesuai syariat kalo perempuan.
lebih mudah lebih baik.

tapi sebagai laki laki, jgn kecil kecil juga, sebagai bentuk penghargaan kita .


emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan tafakoer memberi reputasi
2
11-07-2019 15:47
gemboked.
yg jomblo kesebelah
emoticon-Cool
0
12-07-2019 00:03
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.