Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
100 Tim Siap Bersaing di Triathlon Relay 2017


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Sukses menggelar lomba Anniversary Triathlon sejak 2013, Sentul Ultra Triathlon sejak 2015 dan Kids Triathlon sejak 2016, kali ini Triathlon Buddies Indonesia – komunitas triathlon terbesar di Indonesia – untuk pertama kalinya akan menggelar Triathlon Relay 2017.

Lomba triathlon estafet beregu (team relay) ini akan berlangsung Sabtu (18/11/2017) di The Springs Club Summarecon Serpong.

Ada dua kategori peserta dalam lomba ini umum dan Sekolah. Di kategori umum, pendaftaran terbuka untuk semua baik pemula, penghobi maupun atlit triatlon.

Tiap regu terdiri dari 2-3 orang yang secara bergantian akan berbagi peran dalam displin olahraga yang ada di triathlon: renang, sepeda, dan lari.

Di kategori sekolah, syaratnya nyaris sama. Namun, kategori ini hanya boleh diikuti oleh peserta regu remaja yang berusia 11-17 tahun.

Baca: Ruas Tol Kunciran-Serpong Diproyesikan Selesai 2018

Selain itu, penyelenggara juga memberi kesempatan bagi peserta untuk membangun tim yang terdiri dari anggota keluarga.

Misal tim yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Hanya tim keluarga ini harus berlomba di kategori umum, meskipun salah anggotanya masih berusia di bawah 18 tahun.

Di Triathlon Buddies Relay 2017 ini, tiap regu yang berpartisipasi harus menuntaskan lintasan renang sejauh 500 meter, sepeda sejauh 22 kilometer, dan lari sejauh lima kilometer.

“Ini adalah lomba kompetitif di mana regu dengan catatan waktu tercepat di masing-masing kategori berhak berdiri di podium Triathlon  Buddies Relay 2017,” ujar Andrew Harry alias Jajab selaku Race Director Triathlon Buddies Relay 2017 di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Lomba akan dimulai pada pukul 06:00 untuk kategori sekolah, dan pukul 06:30 untuk kategori umum.

Start akan dilakukan di kolam renang The Springs Club dengan sistem gelombang berdasarkan pace perenang dalam masing-masing regu.

Perenang akan berenang mengular sebanyak 10 lap.

Baca: Dikhawatirkan Militan ISIS di Marawi Lari Ke Indonesia

Selanjutnya dalam tahap sepeda, pesepeda akan melaju di lintasan sebanyak enam loop. Terakhir di tahap lari, pelari hanya berlari satu loop saja.

 ajab menjelaskan, pemilihan The Springs Club sebagai area lomba dilakukan dengan beberapa pertimbangan.

Pertama, sports club ini memiliki fasilitas kolam renang berukuran standar olimpiade (panjang 50 meter).

Kedua, jalanan yang menjadi lintasan sepeda dan lari yang berada di kawasan permukiman yang berada di sekitar The Springs Club relatif mulus, aman dan nyaman. Ketiga, lokasi ini cukup mudah diakses dari Jakarta dan sekitarnya.

 “Selain itu, pihak manajemen Summarecon juga mendukung penyelenggaraan Triathlon Relay 2017,” ungkap Jajab. 

“Dari sejumlah lokasi yang kami survei untuk penyelenggaraan Triathlon Relay 2017, hanya The Springs Club yang berani memberikan lintasan bersepeda dan lari yang steril dari masyarakat umum saat penyelenggaraan lomba. Karena itu, pilihan lokasi akhirnya jatuh ke The Springs Club Summarecon.”

 Jajab menambahkan, lintasan yang steril – terutama di fase bersepeda – sangat dibutuhkan di lomba triathlon.

Saat melaju, kecepatan bersepeda bisa mencapai 30-40 km/jam atau bahkan lebih. Jika lintasan tidak steril, hal ini bisa membahayakan atlet yang bertanding atau orang yang melintas di jalur lomba.

Dalam pelaksanaannya, Triathlon Relay 2017 akan dibantu oleh Pocari Sweat yang akan menyiapkan hydration system di sepanjang rute lomba.

Water station yang disiapkan akan berada di empat lokasi. Masing-masing berada di area transisi dari renang ke sepeda, area transisi dari sepeda ke lari, lintasan lari di KM 2,7, dan refreshment area.

Selain itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, penyelenggara juga menyiapkan tenaga paramedis, dokter, dan ambulans.

“Setidaknya akan ada tiga dokter, lima tenaga paramedis, dan satu ambulans dari Siaga118 yang bertugas. Kami menyiapkan pula fisioterapis dari Physio selama pelaksanaan lomba. Unit medis ini juga bekerjasama dengan rumah sakit rujukan yang berada di sekitar lokasi Triathlon Relay 2017,” tambah Jajab.

Hingga saat ini sudah terdaftar sekitar 90 regu dari kategori umum dan 10 tim dari kategori sekolah.

Panitia telah menutup pendaftaran Triathlon Buddies Relay 2017 pada hari Selasa 7 November 2017.

Race Pack Collection lomba triathlon ini akan dilaksanakan pada 15-16 November 2017 di Fitness First Oakwood. Sementara Technical Briefing yang wajib diikutin peserta akan diadakan pada 16 November 2017 di lokasi RPC.


Sumber : http://www.tribunnews.com/sport/2017...lon-relay-2017

---

Baca Juga :

- Nongkrong di Warung Saat Jam Sekolah, Para Pelajar di Malang Ini Ditangkap Polisi

- Sekolah asal Amerika untuk Jadikan Anak Calon Insinyur Buka di Tangerang

- Sidang Kasus Pembakaran Sekolah di Palangkaraya Akan Digelar di Jakarta

0
712
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tribunnews.com
Tribunnews.comKASKUS Official
192.3KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.