alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2012cef0bdb259346ada93/resep-cumi-tinta-yang-gampang-dibuat-di-rumah-cobain-deh
Hai GanSis! Aku mau share resep masakan lagi nih, baru coba-coba dan ngasal tapi lumayan cucok di akuhhhh, siapa tau GanSis tertarik nyobain juga yekaaan? Di weekend kali inih aku bikin ✨tumis cumi tinta✨ huwooow! Nih gini penampakannya: Lumayan lah ya buat pemula hmm memuji diri sendiri. Akutu suka banget sama cumi tinta, tapi jarang nemu di warteg atau warung padang terdekat. Sedih :( Kalo G
Lapor Hansip
06-07-2019 10:17

Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!

Hai GanSis!

Aku mau share resep masakan lagi nih, baru coba-coba dan ngasal tapi lumayan cucok di akuhhhh, siapa tau GanSis tertarik nyobain juga yekaaan?

Di weekend kali inih aku bikin ✨tumis cumi tinta✨ huwooow! Nih gini penampakannya:
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Lumayan lah ya buat pemula hmm memuji diri sendiri.

Akutu suka banget sama cumi tinta, tapi jarang nemu di warteg atau warung padang terdekat. Sedih emoticon-Frown Kalo GanSis ada rekomen tempat makan yang jual cumi tinta kabarin ya! Pernah sih nemu beberapa yang jual masakan cumi tinta onlen, tapi masih maju mundur syantiq pas mau beli soalnya rada pricey gitudeeee. Akhirnya, dengan berbekal kesotoyan dan cari-cari resep di kukpet/yutup, aku memutuskan buat bikin sendiri hmm.

Nah ternyata ya Gan, buat bikin cumi tinta harus pastikan kantong tintanya cumi belom pecah. Akupun baru tau waktu ngebersihin cumi, ini contoh kantong tinta cumi yang udah pecah:
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Isi perutnya udah hitam. Sedih emoticon-Frown

Penting buat dicek karena nanti rugi dong udah beli cumi banyak-banyak, eh tintanya cuma bisa sedikit dipake. Cara ngeceknya gampang, Agan liat aja dalem perutnya cumi, kalo bersih berarti aman. Agan tinggal cabut aja kantong tintanya, kalo gak tau kantong tinta kayak gimana bentukannya, kira-kira kayak gini Gan:
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!

Nah kalo udah dicabut, kita tinggal bersihin badan cumi kayak biasa. Beberapa ada yang cuma misahin kepala (+tinta) sama badan, kalo aku karena gak pake kepala jadi cuma ambil kantong tintanya aja.
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Kira-kira begitulah perbandingan jumlah badan dan kantong tinta, yah ada beberapa yang pecah duluan sih hehe.

Kalo udah bersih, siapin bahan-bahan yang lain deh. Bahan yang aku pake adalah:
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
- Bawang merah
- Bawang putih
- Cabe
- Jahe
- Daun jeruk, sereh (biar ga bau amis)
- Kunyit (biar... sesungguhnya aku gak tau ini buat apaan, kebetulan ada aja sih biar seru)

Btw aku masak pake sodet beli waktu ke candi Borobudur loh!
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Eaaa gak penting.

Lanjuuuut mulai masak, cekibrot:

Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe sampe harum, hmm aku masak di panci wkwk

Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Masukin cumi, aduk-aduk

Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Kalo cuminya udah agak meringkel (?), masukin sereh, jahe sama kunyit yang udah digeprek

Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Masukin kantong cumi

Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Aduk-aduk, kasih gula sama garem. Teruuuus dioseng-oseng sampe feelnya udah oke

Angkat, voila jadi deh! Lihat gambar pertama untuk hasil ya.

Gimana GanSis, gampang kaaaaaan? Kalo tertarik buat nyoba semoga cucok ya. Kalo mau share resep cumi tinta lain yang lebih caem juga super boleh, lumayan buat nambah-nambahin ilmu hehehehe.

Oke deh sampai disini dulu share dari aku, sampai ketemu lagi kapan-kapan kalo aku punya bahan share yang lain ya.

Tengkyu for mampir GanSis!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
06-07-2019 14:58
emoticon-Toast mantab emoticon-Toast
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
06-07-2019 23:04
mantab nih ...
profile-picture
TissueM4gic memberi reputasi
1 0
1
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
07-07-2019 15:36
ngomong2, mana hasilnya nih?🤔
profile-picture
TissueM4gic memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
07-07-2019 15:47
kesukaan aku ini,sekalian minta nasi nya gan emoticon-Genit
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
07-07-2019 16:38
tintanya ikut dimasak sis? klo sy dibuang, lait penampakan hitam seleranya hilang🙈🙈
0 0
0
Lihat 1 balasan
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
09-07-2019 00:33
apapun masakan kalo udah dipakein bawang merah bawang putih pastinya mantul deeh
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Lapor Hansip
09-07-2019 00:34
Balasan post Cahayahalimah
tapi kebanyakan orang malah suka karena tintanya itu gan. sayapun ga suka kalo pake tinta hitamnyaemoticon-Shutup emoticon-Shutup
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
Lapor Hansip
09-07-2019 00:35
Balasan post idaalfaqieh
udah keburu laper langsung dilahap habis ganemoticon-Wakaka
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
09-07-2019 05:40
woow mantaps
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
09-07-2019 09:37
Quote:Original Posted By icecone17
udah keburu laper langsung dilahap habis ganemoticon-Wakaka


Nah kan, pantes aja kagak ada penampakannya😊
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
09-07-2019 13:36
Quote:Original Posted By pacifistas1995
emoticon-Toast mantab emoticon-Toast


Quote:Original Posted By annaharry
mantab nih ...


Quote:Original Posted By TissueM4gic
kesukaan aku ini,sekalian minta nasi nya gan emoticon-Genit


Quote:Original Posted By icecone17
apapun masakan kalo udah dipakein bawang merah bawang putih pastinya mantul deeh


Quote:Original Posted By trifatoyah
woow mantaps


WOOOOOW tengkyu for mampir gansis! Heheh jadi mayuuuu nubi ditontonin masak
emoticon-Peluk

profile-picture
annaharry memberi reputasi
1 0
1
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
09-07-2019 13:38
Quote:Original Posted By idaalfaqieh
ngomong2, mana hasilnya nih?🤔


Quote:Original Posted By icecone17
udah keburu laper langsung dilahap habis ganemoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By idaalfaqieh


Nah kan, pantes aja kagak ada penampakannya😊


Wakaka ituuu gambar yang pertama hasilnya sis, sengaja dipajang di atas duluan biar jadi thumbnail hehehe
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
09-07-2019 13:42
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
tintanya ikut dimasak sis? klo sy dibuang, lait penampakan hitam seleranya hilang🙈🙈


Iyaaa tintanya dimasak juga sis, kurang semangat ya kalo makannya hitam-hitam? Kalo kamu biasanya cuminya dimasak apa?

Quote:Original Posted By icecone17
tapi kebanyakan orang malah suka karena tintanya itu gan. sayapun ga suka kalo pake tinta hitamnyaemoticon-Shutup emoticon-Shutup


Iya bener banget! Kalo menurut aku sih tintanya rasanya gurih walaupun secara tampilan dekil gitu. Cobain deh gan siapa tau sekarang jadi syukaaaa hehehe

0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
10-07-2019 10:30
Quote:Original Posted By phiaf
WOOOOOW tengkyu for mampir gansis! Heheh jadi mayuuuu nubi ditontonin masak
emoticon-Peluk


Ditunggu trit keren selanjutnya emoticon-Shakehand2
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
10-07-2019 15:28
paling suka kalau makan cumi yang dimasak dengan tintanya.. awalnya ragu sih, tetapi disamping manfaatnya yang bikin tambah gurih ternyata ada manfaat lain. tinta cumi berbeda dari tinta pada umumnya. Tinta ini kaya akan senyawa melanin dan zat besi. Sebagai informasi, melanin di dalam tinta cumi kaya akan asam amino tirosin yang bisa membantu proses pengaktifan berbagai jenis enzim dan hormon seperti dopamine dan adrenalin. Selain itu, kandungan zat besinya berperan besar dalam membangun sel darah merah dan membantu fungsi otot dan otak.
0 0
0
Resep cumi tinta yang gampang dibuat di rumah, cobain deh!
10-07-2019 20:04
Quote:Original Posted By ujellyjello
paling suka kalau makan cumi yang dimasak dengan tintanya.. awalnya ragu sih, tetapi disamping manfaatnya yang bikin tambah gurih ternyata ada manfaat lain. tinta cumi berbeda dari tinta pada umumnya. Tinta ini kaya akan senyawa melanin dan zat besi. Sebagai informasi, melanin di dalam tinta cumi kaya akan asam amino tirosin yang bisa membantu proses pengaktifan berbagai jenis enzim dan hormon seperti dopamine dan adrenalin. Selain itu, kandungan zat besinya berperan besar dalam membangun sel darah merah dan membantu fungsi otot dan otak.


emoticon-Matabelo
Iya kah? Aku emang suka banget sama cumi tinta, jadi makin suka deh pas tau banyak manfaatnya.
Tengkyu infonya gan!
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia