arteknoAvatar border
TS
artekno
[Hati-Hati] 17 kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak smartphone.
Saya akan membahas sebuah teknologi yang sudah tidak asing lagi dan mungkin dia sudah menjadi sahabat setia kamu ? , yaps dia adalahhh...Smartphone sebuah ponsel pintar yang selalu setia memenuhi kebutuhan mu asiekkk...




Karena dia sudah menjadi sebuah teknologi yang kamu pegang sehari-hari, kadang-kadang kita terlalu ceroboh mementingkan diri kita saja, tanpa memperdulikan kesehatan si mpon yang pada akhirnya si mpon rusak dan kita juga yang akan merasakan kehilangan nya emoticon-Frown. Karena sehari tanpa si mpon itu menyakitkan muehehehe..., yaudah enggak usah panjang lebar langsung aja kepada inti artikel ini. Saya akan memberitahu kamu beberapa hal yang dapat mengakibatkan si mpon itu cepat rusak akibat kebiasaan kita sehari-hari. Simak OKEY...

1. Menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan.

pernah enggak sih kamu membuka banyak aplikasi seperti game,media sosial, dan lain-lain kemudian kamu menggunakan nya secara bersamaan tanpa menutup salah satu nya ini akan memakan banyak penyimpanan RAM kamu, baterai menjadi cepat habis, dan bila prosessor kamu itu kurang bagus itu akan membuat nya lelah karena membaca banyak data dan jika ini terus berulang setiap saat maka besar kemungkinan hp kamu akan cepat rusak.

2. jarang membersihkan smartphone.

Bukan manusia aja lohh yang ingin bersih hp pun ingin bersih coba bayangkan disaat pertama kali kamu membeli hp dan tidak pernah sama kali membersihkan nya sampai sekaran maka debu-debu akan menumpuk didalam nya yang akan membuat si mpon terkena flu yang akan mengganggu kinerja nya.tapi saran saya jika kamu ingin membersihkan bagian dalam si mpon usahakan serahkan kepada yang sudah ahli agar tidak terjadi kerusakan didalam nya.

3. Tidak mematikan koneksi Wifi dan bluetooth dalam jangka waktu panjang.

Disaat kamu menyalakan koneksi wifi atau bluetooth, smartphone kamu akan terus bekerja kerass untuk mendapatkan sebuah sinyal dan jika ini terus berlanjut baterai kamu akan cepat terkuras habis karena disedot oleh wifi atau bluetoot yang terus menyala.

4.Membiarkan smartphone kamu lama terkena sinar matahari.

Panas sinar matahari akan memberi efek negatif meski efek nya tak berdampak langsung tapi jika ini terlalu sering akan menyebabkan baterai smartphone jadi berkurang produktifitas nya bahkan bisa merusak sistem chip si mpon.

5. menggunakan smartphone kamu ditempat yang penuh dengan debu.

Seperti yang sudah dijelaskan di no.2 debu yang menumpuk didalam hp kamu akan mengganggu kinerja nya.

6. Tidak menutup aplikasi yang berjalan di layar belakang smartphone.[
Ini akan membuat memori RAM dan baterai mu terus bekerja yang jika dibiarkan secara terus menerus akan membuat hp mu mudah rusak.

7. Membiarkan smartphone kamu menyala sampai baterai habis.

Bukan cuma manusia yang butuh asupan energi, smartphone kamu juga butuh asupan energi masa kamu tega membiarkan energi nya habis sampai si mpon pingsan. Jika hal ini terus terulang-ulang maka besar kemungkinan barerai smartphone kamu akan kehilangan kemampuan nya dalam menerima asupan nya yaitu arus listrik.

8. Mengasih asupan smartphone dengan power bank yang ngawur/abal-abal.

Yahh....dizaman sekarang ini banyak banget produk-produk yang kelihatan nya WOW tapi didalam nya rongsokan biasa nya sihh di beri harga yang murah namun terlihat mewah, ini sama saja seperti memberi asupan yang tidak ada gizi nya kepada smartphone kamu dan membuat nya cepat lapar dalam artian baterai cepat habis, maka jika kamu ingin beli power bank carilah yang berkualitas. agar si mpon bisa menerima asupan energi yang berkualitas juga wokehhh...

9. Nge-charge Semalam non stop.

Ini mungkin sebuah kebiasaan yang sudah pernah dialami oleh semua pengguna smartphone, tapi kebiasaan ini buruk bagi si mpon karena jika hal ini terus terulang maka besar kemungkinan si mpon akan kena over charging dan ini akan membuat baterai cepat rusak. solusi saya berilah charge yang dibekali timer.

10. Menyimpan smartphone di saku celana yang ketat.

kebiasaan ini akan menyiksa di mpon dan jika terus berlanjut kemungkinan si mpon akan rusak. Dan mungkin saja si mpon bisa bengkok karena tidak kuat menahan tekanan celana yang sangat ketat, akibat nya baterai bisa meledak yang menyebabkan kamu terkena cedera, hmm...serem bukan ?.

11. Menyimpan smartphone di perangkat elektronik.

yah mungkin ini terdengar sepele tapi ini akan berdampak buruk terhadap si mpon. Dan yang paling sering terjadi yaitu kerusakan pada layar si mpon seperti timbul garis-garis.

12. Menyimpan smartphone di tempat yang mudah bergetar.

Seperti di mobil,motor,blender,bor,dll. hal kemungkinan yang akan terjadi adalah akan ada kerusakan yang terjadi didalam tubuh si mpon akibat sebuah getaran, karena pada dasar setiap perangkat elektronik tidak kuat terhadap sebuah getaran.

13. Menggunakan charge berbeda produk.

Faktanya setiap pabrik smartphone telah membuat charger dengan sebuah kemampuan daya dan juga voltase yang di sesuaikan dengan smartphone kamu. dan jika kamu menggunakan charge yang berbeda akan berpengaruh buruk terhadap si mpon. 

14.nge-charge sambil nelpon

Hal ini adalah kebiasaan buruk yang menurut saya double terkena efek negatif nya, pertama kamu akan terkena paparan radiasi yang lebih tinggi, kedua si doi akan terkena panas yang tinggi yang mungkin akan merusak komponen nya. dan parahh nya lagi si doi bisa meledak.maka jauhi lah kebiasaan ini.

15. Mendownload aplikasi asal-asalan.

Nah.. kalau ini kebiasaan buruk dari dalam smartphone kamu, sekaran sudah banayak sekali aplikasi-aplikasi yang bermunculan dan bukan hal aneh lagi orang-orang yang iseng memasukan virus/malware kedalam aplikasi tersebut. maka dari itu download lah aplikasi si situs-situs terpercaya seperti google playstore.

16. Tidak melepas pelindung smartphone saat menge-charge.

Banyak sekali manfaat pelindung smartphone mulai dari mempercantik si mpon sampai melindungi si mpon dari gangguan luar. tapi hal ini jadi buruk bila digunakan saat menge-charge karena saat itu baterai smartphone sedang panas dan jika itu ditutup tidak ada udara yang maka yang kemungkinan terjadi komponen si mpon akan ada yang rusak.

17. nge-charge smartphone kamu dikomputer/laptop.

Loh...kenapa enggak boleh, karena listrik yang dihasilkan komputer/laptop kamu itu lebih besar dari pada di stop kontak dan ini akan mengakibatkan aliran listrik ke si mpon terlalu berlebihan dan kemungkinan yang akan terjadi si mpon akan mudah rusak.

Sumber : https://ariateknologi.blogspot.com/2...ari-yang.html

Diubah oleh kaskus.infoforum 08-07-2019 04:09
kwhaleyf
twhie
dikaahdas.
dikaahdas. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.